Home / News

Minggu, 10 Oktober 2021 - 00:40 WIB

Menlu Retno: Arab Saudi Buka Kembali Umrah untuk Jamaah Asal Indonesia

Menteri Luar Negeri RI Retno  Marsudi. (Foto: Kemlu RI)

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (Foto: Kemlu RI)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah Arab Saudi, melalui nota diplomatik Kedutaan Besar di Jakarta menyatakan pelaksanaan umrah bagi jamaah dari Indonesia kembali dibuka. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melalui keterangan tertulis, Sabtu (9/10/2021).

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah Indonesia,” kata Menlu Retno.

Menurutnya, saat ini sebuah komite khusus di Arab Saudi tengah berupaya untuk meminimalisasi segala hambatan yang dapat menghalangi jamaah umrah Indonesia untuk melakukan ibadah tersebut.

Selain itu, Saudi juga mempertimbangkan penetapan masa karantina selama lima hari bagi para jamaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan.

Baca juga   Klaster Hajatan, Satu Desa di Wonosobo Jalani Isoman

Kedua negara juga tengah bekerja untuk dapat berbagi informasi terkait latar belakang kesehatan jamaah, guna mempermudah proses masuk ke Arab Saudi.

“Di dalam nota diplomatik tersebut, juga disebutkan bahwa kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jamaah,” kata Menlu Retno.

Retno menambahkan Kementerian Luar Negeri RI sendiri terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan, beserta otoritas terkait Arab Saudi, mengenai pelaksanaan kebijakan baru pemerintah Saudi tersebut.

Baca juga   PPKM Level 4 Diperpanjang! Ini Alasanya

“Tentunya kabar baik ini akan kita tindaklanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Menlu Retno baru-baru ini bertemu dengan Menlu Arab Saudi Faisal bin Farhan di sela-sela Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di kota New York, Amerika Serikat, pada akhir September 2021.

Pada kesempatan tersebut, Menlu Retno melobi Arab Saudi agar mengkaji kebijakannya terkait vaksin Covid-19 dan pelaksanaan ibadah umrah bagi calon jamaah asal Tanah Air. (*/Aja)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Vaksinasi pelaku wisata di Laguna Pantai Glagah, Kulonprogo. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

90% Pelaku Wisata di DIY Sudah Divaksin
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Terus Bertambah
ilustrasi:nyatanya.com

News

Magelang Lanjutkan PPKM Level 3
(ilustrasi: nyatanya.com)

News

Kasus Covid-19 di Magelang Tambah 134, Sembuh 61 Orang
Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menghadiri upacara HUT KE-76 TNI di Lapangan Dirgantara Kompleks AAU Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Presiden: TNI Harus Tetap Menjadi Pondasi Utama Pertahanan
Awan panas guguran Merapi pukul 07.02 diamati dari pos Babadan. (Foto:nyatanya.com/BPPTKG)

News

Pagi Tadi Gunung Merapi 2 Kali Muntahkan Awan Panas
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Selasa 22 Juni, Tiga Wilayah Ini Berpotensi Hujan Lebat Disertai dan Angin Kencang
Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi (tengah) beserta Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan (kiri) dan Plt Dinkes Boyolali Insan Adi Asmono saat meninjau kegiatan vaksin di Kantor Kecamatan Ngemplak, Jumat (17/9/2021). (Foto: Diskominfo Boyolali)

News

Solo Raya Belum Merata, Menhub Gelontorkan 25.000 Dosis untuk Genjot Vaksinasi