Home / Wisata

Rabu, 3 Januari 2024 - 17:34 WIB

Menparekraf Sambut Wisman Pertama 2024 dari Singapura di Bintan

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyambut wisatawan mancanegara (wisman) pertama 2024 di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Bintan Kepulauan Riau (Kepri). (Foto: Dok Kemenparekraf)

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyambut wisatawan mancanegara (wisman) pertama 2024 di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Bintan Kepulauan Riau (Kepri). (Foto: Dok Kemenparekraf)

NYATANYA.COM, Bintan – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyambut wisatawan mancanegara (wisman) pertama di 2024 di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Bintan Kepulauan Riau (Kepri).

“Selamat datang wisatawan pertama yang datang ke Kepulauan Riau di Bintan. Tahun depan kami siap dengan lonjakan yang signifikan, untuk itu kita pastikan bahwa pariwisata aman nyaman dan menyenangkan.”

“Kabar barunya untuk pengajuan short visa bagi wisatawan dari Singapura dan Malaysia ke Kepri sudah ada di Kementerian Keuangan,” ujar Menparekraf Sandiaga, dalam keterangan tertulis dikutip dari Infopublik, Rabu (3/1/2024).

Baca juga   Aktivitas Merapi Meningkat, Ketep Pass Volcano Theater Diminati Wisatawan

Kepri menjadi salah satu penyumbang wisatawan mancanegara ketiga terbesar setelah Bali dan Jakarta.

Pada 2023, Kepri diperkirakan mampu menyumbang 20 persen dari total wisman yang ke tanah air yang diperkirakan mencapai 10 juta wisman.

“Ada potensi menembus 20 persen. Pada 2024 targetnya mencapai 23-25 persen dari total wisman yang datang ke tanah air. Dengan beberapa revitalisasi pelabuhan-pelabuhan serta promosi wisata ke negara tetangga,” ujarnya.

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengapresiasi kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno yang terus memotivasi dan memberikan perhatian lebih terkait pengembangan sektor pariwisata kepada Kepri.

Baca juga   Sandiaga Uno Canangkan Tebing Breksi sebagai 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2021

Berdasarkan data, hingga Oktober 2023 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepri mencapai 1,2 juta kunjungan.

“Diperkirakan dari data BPS hingga akhir Desember tahun 2023 bisa mencapai 1,5 juta kunjungan. Mudah-mudahan tahun ini tidak ada turbulensi ekonomi agar pariwisata kita bisa meroket.”

“Catatan kami di tahun 2019 jumlah kunjungan wisman ke Kepri tembus mencapai hampir 3 juta kunjungan. Tahun ini saya berharap ada tambahan kapal dari Johor Malaysia ke Kepri,” ujarnya. (N1)

Share :

Baca Juga

Obyek wisata air Umbul Besuki terletak di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Lokasinya berada di perbukitan dengan tiga kolam utama. (Foto: Diskominfo Klaten)

Wisata

Umbul Besuki Polanharjo, Nikmati Sensasi Mandi Alam dengan Nuansa Pedesaan
Foto: InfoPublik/ Wandi

Wisata

Demi MotoGP Mandalika 2022, Resto di Kuta Lombok Bersolek
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti membagikan gelang vaksin bagi pelaku usaha wisata di Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Pemkot Yogya Bagikan Gelang Vaksin bagi Pelaku Usaha Wisata
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menandatangani porasasti Desa Wisata Karanganyar di Balkondes Karanganyar, Selasa (12/10/2021). (Foto:humas/beritamagelang)

Wisata

Desa Wisata Karanganyar Borobudur Masuk 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia
Rawon satu ini namanya unik, yakni Rawon Isor Uwit. (Foto: MC Kota Malang)

Wisata

Nikmatnya Rawon Isor Uwit di Kota Malang yang Bikin Lidah Terangsang
PT Pegadaian meluncurkan produk pembiayaan wisata religi Arrum Safar, yang bertujuan membantu masyarakat khususnya umat muslim, untuk menggapai mimpi beribadah ke tanah suci. (Foto: Pegadaian)

Wisata

Luncurkan Produk Arrum Safar, Pegadaian Bantu Wujudkan Mimpi Beribadah ke Tanah Suci
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyusurinya dengan perahu karet, Selasa (29/3/2022) petang. Foto: Humas Jateng

Wisata

Susur Sungai Bengawan Solo Bareng Gibran, Ganjar: Top, Potensi Wisatanya Banyak
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyerahkan bibit kopi pada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Ketua kampung untuk ditanam di sekitar Dermaga Cinta dan Bendung Lepen atau di pinggiran sungai Gajah Wong. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Penanaman Kopi Perkuat Citra Kampung Wisata Giwangan