Home / News

Sabtu, 17 September 2022 - 22:17 WIB

Menteri ESDM Tegaskan Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik

Menteri ESDM Arifin Tasrif. Foto: esdm.go.id

Menteri ESDM Arifin Tasrif. Foto: esdm.go.id

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah menyatakan tidak ada kenaikan tarif listrik di kuartal keempat 2022. Penyebabnya, saat ini pemerintah fokus melakukan upaya perbaikan ketepatan sasaran subsidi listik 450 Volt Ampere (VA).

Hal tersebut disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (16/9/2022).

“Kalau penataan tepat sasaran, kami sedang proses mengarah itu supaya yang betul-betul menerima dan membutuhkan dapat manfaatnya,” kata Arifin Tasrif.

Menurut Arifin, pandemi Covid-19 dan perubahan kondisi sosial telah mengubah data subsidi listrik 450 VA.

“Kita sudah petakan, tapi kita sudah update lagi. Karena dengan kejadian pandemi Covid-19, kondisi sekarang ini, kan pasti berubah. Harus ada yang kita update,” jelasnya.

Baca juga   Ribuan Santri Ponpes Syubbanul Wathon Divaksinasi Covid-19

Menurut Arifin, pihaknya telah memetakan data pembaruan subsidi listrik dengan tetap mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Upaya itu dilakukan sesuai dengan rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sementara itu, terkait wacana pengalihan pelanggan rumah tangga 450 VA menjadi 900 VA, Arifin menilai wacana tersebut dinilai kurang tepat diimplementasikan saat ini.

“Kalau daya listrik naik pasti akan ada dampaknya. Otomatis pembayarannya yang mengikuti 900 VA. Nah itu kan nggak jelas, apalagi dikemukakan pada saat-saat seperti ini. Jadi sensitif,” katanya.

Baca juga   Menaker Tegaskan THR 2022 Harus Dibayar Kontan, Tidak Boleh Dicicil

Hal senada juga disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana.

Menurut Dadan, subsidi listrik tetap diberikan terhadap orang-orang yang tidak mampu, dengan mengacu DTKS Kementerian Sosial.

Dadan menegaskan, pemerintah akan berupaya menyalurkan subsidi listrik agar tepat sasaran.

Sebelumnya, Ketua Badan Anggaran DPR RI, Said Abdullah, mengusulkan penghapusan daya listrik 450 VA untuk rumah tangga miskin, dan dialihkan ke daya 900 VA untuk mengatasi kelebihan daya listrik yang kini dialami oleh PLN.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

BPS RI berkunjung secara langsung ke Kota Yogyakarta untuk melakukan Field Evaluation/ Ground Check Tim Visitasi, Rabu (14/12/2022) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Kelurahan Gunungketur Terpilih Desa Cantik, Siap Maju 12 Besar Tingkat Nasional 2022
Sebagian pedagang Pasar Sentul mulai memindahkan barang-barang dagangan ke shelter sementara di Jalan Babaran. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pedagang Pasar Sentul Mulai Pindahan ke Shelter Sementara di Jalan Babaran
Petugas mengisi tabung dengan Compressed Natural Gas (CNG) yang akan didistribusikan ke pelanggan di kawasan Mengwi, Badung, Bali, Jumat (4/11/2022). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf

News

Dorong Energi Bersih, PGN Gencarkan Penyaluran Gas Bumi
Bambang Susantono dan Donny Rahajoe. (Foto: Istimewa)

News

Sore Ini Presiden Lantik Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN, Berikut Profilnya
Jaksa Agung Burhanuddin dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (24/2/2022). (Foto: Tangkapan Layar Video Kejagung)

News

Kejagung Tetapkan Dua Tersangka Kasus Korupsi di PT Garuda Indonesia
Tim gabungan melakukan pembersihan material banjir di permukiman warga, di Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, pada Jumat (31/5/2024). Foto: BPBD OKU

News

Pencarian Satu Korban Hilang Akibat Banjir di Kabupaten OKU Dihentikan, Ini Alasannya
Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI menyatakan kedatangan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai (Bali) dan Soekarno-Hatta (Soetta) meningkat signifikan pasca pembebasan karantina. (Foto: ANTARA)

News

Pasca Pembebasan Karantina, Kedatangan PPLN Melalui Bali dan Bandara Soetta Meningkat
Sebanyak 8 ton batang rokok ilegal dimusnahkan di depan Kantor Bea Cukai Kudus, Rabu (17/11/2021). Sesuai dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Kudus, mereka akan terus memberantas rokok ilegal. (Foto: Diskominfo Kudus)

News

Bea Cukai Kudus Musnahkan 8 Ton Rokok Ilegal Senilai Rp4,8 miliar