Home / Peristiwa

Kamis, 23 Desember 2021 - 17:21 WIB

Menteri LHK Beri Nama Anak Gajah yang Lahir di Ukui Pelalawan, Domang

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menandatangani pemberian nama anak gajah Domang yang lahir yang lahir pada Kamis (2/12/2021) di Camp Elephants Dlying Squad SPTN Wilayah I Lubung Kembang Bunga, Balai Taman Nasional Tesso Nilo. (Foto:MC Riau)

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menandatangani pemberian nama anak gajah Domang yang lahir yang lahir pada Kamis (2/12/2021) di Camp Elephants Dlying Squad SPTN Wilayah I Lubung Kembang Bunga, Balai Taman Nasional Tesso Nilo. (Foto:MC Riau)

NYATANYA.COM, Pelalawan – Anak bayi gajah Sumatra yang lahir pada Kamis (2/12/2021) di Camp Elephants Dlying Squad SPTN Wilayah I Lubung Kembang Bunga, Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Desa Lubuk Kembang Bungo, Kecamatan Ukui, kini telah resmi di beri nama Domang.

Nama anak gajah itu, diresmikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya, usai melakukan rapat tertutup di Balai Taman Nasional Tesso Nilo, Kabupaten Pelalawan, Rabu (22/12/2021).

Domang yang dilahirkan dari induk gajah bernama Ria yang berusia 45 tahun. Asal muasal nama Domang diambil berdasarkan usulan dari seniman-seniman yang ada di Pelalawan.

Baca juga   Wujudkan Kota Tanpa Kumuh, Bappeda Temanggung Gelar Coffee Morning Low Carbon Life Style

“Sesuai usulan seniman maka anak gajah jantan tersebut kita beri nama Domang,” kata Siti Nurbaya Bakar didampingi Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan Bupati Pelalawan Zukri Misran.

Sebagai informasi, nama Domang berasal dari sastra lisan orang petalangan ditulis oleh Almarhum Tenas Effendi dalam buku Bujang Tan Domang.

Nyanyian Panjang Bujang Tan Domang tersebut adalah epik atau tombo suku, berkisah tentang asal-usul dan pengembaraan wira (pahlawan) suku Petalangan bernama Bujang Tan Domang yang bersarang dalam ingatan masyarakat Petalangan di Kabupaten Pelalawan.

Baca juga   Hingga Kini Dishut Kalteng Belum Terima SK Pencabutan Konsesi Kawasan Hutan

Adapun tujuan seniman-seniman dan masyarakat Pelalawan memberikan nama Domang kepada anak gajah tersebut yaitu dengan harapan ke depannya sebagai pemimpin untuk menjaga hutan.

“Sesuai yang diharapkan masyarakat Riau, semoga Domang dapat menjadi pemimpin, menjaga kearifan lokal termasuk sebagai penjaga hutan dan masyarakat adat, yang mana gajah dianggap memang sebagai datuk penjaga hutan oleh masyarakat Pelalawan,” katanya.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

TKP perkelahian hingga berujung pembacokan di Bubutan Surabaya pada Senin (18/4/2022). Foto: Istimewa/selalu.id

Peristiwa

Gara-gara Setel Musik Terlalu Keras, Warga Bubutan Surabaya Dibacok Tetangga
Foto: Diskominfo Klaten

Peristiwa

Dzikir dan Sholawat Malam Yaa Qowiyyu Dibanjiri Ribuan Masyarakat
(Foto: istimewa/InfoPublik)

Peristiwa

Diresnarkoba Polda Sumsel Ungkap 36 Kasus Peredaran Narkoba
Pemerintah Kota Surakarta menerima bantuan tabung oksigen dengan total 200 tabung dari PT. Shopee Indonesia. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Terima Bantuan 200 Tabung Oksigen dari PT Shopee Indonesia
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Bupati Klaten saat meninjau kegiatan vaksinasi massal di Mapolres Klaten. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Kasus Corona Masih Tinggi di Klaten, Polda Jateng Terapkan Manajemen Kontigensi
Salah satu pusaka yang dibersihkan adalah Pusaka Hangya Murni yang berwujudkan tombak. (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Setahun Sekali, Jamasan Pusaka Pemkab Bantul dan Pusaka Kapanewon
Para jemaah calon haji lansia Kabupaten Karanganyar. (Foto: istimewa)

Peristiwa

Calhaj Karanganyar Diminta Fokus Ibadah, Kurangi Belanja dan Jalan-Jalan 
Acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Kejaksaan Temanggung. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Pemkab Temanggung Hibahkan Bangunan Senilai Rp1,1 Milyar untuk Kejaksaan