Home / Peristiwa

Selasa, 8 Maret 2022 - 10:22 WIB

Menuju 2023 Zero ODOL, Dishub Jateng Gencar Sosialisasikan Aturan

Kegiatan Normalisasi Over Dimensi Kendaraan Angkutan Barang, di PT Bakti Transindo, Kabupaten Tegal, Senin (7/3/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Kegiatan Normalisasi Over Dimensi Kendaraan Angkutan Barang, di PT Bakti Transindo, Kabupaten Tegal, Senin (7/3/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Tegal – Dinas Perhubungan Jawa Tengah terus berupaya menyosialisasikan aturan menuju Indonesia bebas kendaraan berdimensi dan bermuatan lebih atau over dimension dan over load (ODOL), di jalan raya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, Erry Derima Ryanto mengatakan, pihaknya berupaya terus melakukan sosialisasi aturan zero ODOL, agar ke depannya hal itu bisa diaati.

“Kita akan mengupayakan upaya sosialisasi over dimension dan over load (ODOL). Untuk pelanggaran lain tetap akan ada penindakan,” kata Erry, seusai kegiatan Normalisasi Over Dimensi Kendaraan Angkutan Barang, di PT Bakti Transindo, Kabupaten Tegal, Senin (7/3/2022).

Dia menuturkan, sosialisasi akan terus dilakukan dan tetap meminimalkan penindakan. Sesuai timeline penertiban ODOL pada 2022 ini, masih ada toleransi 10 persen untuk angkutan barang, dan 15 persen untuk sembako.

Baca juga   Gudang Pupuk di Mranggen Demak Terbakar, Kerugian Mencapai Rp200 Miliar

“Secara terus-menerus akan dilakukan normalisasi seperti yang tadi. Meskipun ini membutuhkan waktu karena kapasitasnya terbatas. Sehingga untuk melakukan normalisasi ke ukuran yang diizinkan oleh pemerintah, masih membutuhkan waktu,” ucap Erry.

Kegiatan Normalisasi Over Dimensi Kendaraan Angkutan Barang, di PT Bakti Transindo, Kabupaten Tegal, Senin (7/3/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Dia berharap, terkait ODOL, para pengusaha angkutan, termasuk pemilik barang bisa patuh aturan, hingga tercapai bebas ODOL pada 2023.

“Kami harapkan para pengusaha yang tergabung di Asosiasi Aptrindo (Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia), Organda (Organisasi Angkutan Darat) dan sebagainya, agar para pemilik kendaraan mematuhi ukuran ODOL. Kepada pemilik barang agar jangan memaksakan barang yang akan diangkut,” ujarnya.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya bersama Polda Jateng, jajaran pemerintah daerah setempat dan perusahaan transportasi PT Bakti Transindo Kabupaten Tegal, melakukan normalisasi overdimensi kendaraan angkutan barang mandiri.

Baca juga   Pemkab Sukoharjo Bangun Mal Pelayanan Publik

Hal itu atas permintaan perusahaan yang akan memotong dimensi bak truk sebanyak 90 unit kendaraan. Dari 190 unit kendaraan di PT Bakti Transindo, terdapat sekitar 100 unit bak telah dipotong menjadi ukuran normal (normalisasi).

“Saya sangat berharap beberapa perusahaan yang lain, yang ada transportasi logistik, karena memang di tahun 2023 kita coba bersihkan, kita harapkan masing-masing operator kalau bisa secara mandirilah (normalisasi),” ucapnya di lokasi.

Ketua Kompartemen Angkutan Curah dan Air DPP Aptrindo Haryadi Djaya mengatakan kegiatan normalisasi kendaraan itu hal yang baik bagi pengusaha angkutan.

“Kita juga sudah menantikan bisa terlaksananya angkutan secara normal. Tidak melakukan over load, over dimensi,” katanya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Zalfaa Azalia Pursita dan tropi kemenangannya. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Zalfaa Azalia Pursita Terpilih Jadi Duta Bahasa Jateng
Rapat Koordinasi Daerah Dekranasda Jateng di Grhadhika Bhakti Praja, Rabu (8/12/2021). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Angkat UMKM Kriya, Dekranasda Jateng Luncurkan “Drakor” dan Perkuat Kolaborasi
Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono secara simbolis menerima bantuan 152 unit peti jenazah. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Banyumas)

Peristiwa

Banyumas Terima Bantuan 152 Unit Peti Jenazah
(Foto: BMKG)

Peristiwa

Gempa Tektonik Magnitudo 4,9 Guncang Malang
Bincang Suara Diponegoro “Ibu, Kesehatan dan Masa Depan” yang berlangsung di MG Setos Hotel, Selasa (18/1/2022). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Perempuan Dituntut Selalu Multitasking, Atikoh: Paling Utama Menjadi Ibu
Tim Penyidik Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (NTT) menetapkan mantan Bupati Kupang, IAM sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pemindahtanganan aset Pemerintah Kabupaten Kupang berupa tanah dan bangunan yang terletak di Jalan A. Yani Kelurahan Oeba, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang. (Foto: dok. Puspenkum)

Peristiwa

Mantan Bupati Kupang IAM Jadi Tersangka Korupsi Aset Pemkab
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM kembali memantau pelaksnaaan vaksinasi yang digelar Kodim di Graha PGRI. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Jangan Abai, Jangan Lalai, Pakai Masker Harga Mati!
Meski tak seramai dulu, usaha pigura di Jalan Sagan tetap menggeliat di tengah perpanjangan PPKM. (Foto: Agoes Jumianto)

Peristiwa

PPKM Level 4 Diperpanjang, Perajin Pigura Tetap Menggeliat