Home / News

Kamis, 24 November 2022 - 14:24 WIB

Menuju 2023 Zero Sampah Anorganik, Kemantren Intensifkan Sosialisasi

Foto: Humas Pemkot Yogya

Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Masyarakat Kota Yogyakarta harus bisa menciptakan peradaban baru dengan budaya baru. Budaya mengolah sampah rumah tangga untuk mencapai zero sampah anorganik.

Dengan komitmen bersama antara masyarakat, stakeholder dan pemerintah, budaya tersebut akan terwujud.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Bank Sampah Kota Yogyakarta, Joko Sularno pada acara Sarasehan Bank Sampah Kemantren Kotagede di Kantor Kemantren Kotagede pada Rabu (23/11/2022).

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mencanangkan zero sampah anorganik. Untuk mewujudkannya Pemerintah akan melakukan pelarangan pembuangan sampah anorganik ke TPA.

Oleh karena itu diperlukan upaya dari masyarakat memilah sampah dan berharap sampah dapat selesai di sumber sampah.

“Dengan perubahan atau kebijakan pelarangan TPA menampung sampah anorganik keluar, kita bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan bank sampah yang ada di wilayah. Di Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta telah meluncurkan galeri daur ulang sampah, klinik bank sampah, dan website forum bank sampah Kota Yogyakarta. Galeri daur ulang sampah itu bisa kita manfaatkan, kita kirim hasil daur ulang kita yang baik, bagus dan berkualitas,” ujar Joko. dikutip dari portal resmi Pemkot Yogya.

Baca juga   KKP Tetapkan Kawasan Konservasi di Wilayah Timur Pulau Bintan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja Sugeng Darmanto mengatakan Mantri Pamong Praja (MPP) bertanggung jawab mengarahkan dan mendampingi pada masyarakat.

“Nanti di 13 depo sampah se-kota akan dijaga Satpol PP selama 24 jam sehingga tidak ada lagi masyarakat yang nekat membuang sampah tanpa memilah atau masih ada sampah anorganiknya. Pemasalahan sampah merupakan tanggung jawab bersama, oleh karena itu sudah jadi kewajiban setiap rumah untuk mendukung gerakan olah dan pilih sampah,” tambah Sugeng.

Baca juga   Jalin Kebersamaan, Danrem 072/Pamungkas Olahraga Bersama Jajaran Kodim 0729/Bantul

Mantri Pamong Praja Kotagede, Komaru mengatakan program zero sampah anorganik pada tahun 2023 memerlukan dukungan penuh dari masyarakat, untuk itu kemantren akan melakukan sosialisasi intens melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), RT, RW, forum bank sampah kemantren dan forum bank sampah kelurahan.

“Kemantren Kotagede telah memiliki program pengolahan sampah pengurangan sampah anorganik maupun organik. Yang anorganik kita mengoptimalkan bank sampah, mengoptimalkan pengelolaan. Yang organik dengan biopori, lodhong sisa dapur (losida) dan ember tumpuk. Masing-masing kelurahan, mewajibkan setiap rumah tangga mempunyai losida,” ucap Komaru.

Ia berharap masyarkatnya berkomitmen mengelola dan memanfaatkan sampah dari sumbernya yaitu dari masing-masing rumah, sehingga tidak ada sampah anorganik yang dibuang di pembuangan sampah. Dengan demikian, jumlah sampah yang dibuang di TPA bisa berkurang.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: ANTARA

News

KPU RI: Hari Pertama Pendaftaran, Dokumen Enam Parpol Sudah Lengkap
Pemkot Yogya bersama TNI dan Polri melakukan pemeriksaan sertifikat vaksin Covid-19 secara acak bagi pengunjung Malioboro. Apabila kedapatan belum vaksin, maka mereka akan segera di vaksin di mobil vaksin yang telah standby di halaman parkir hotel Mutiara yang juga merupakan posko vaksinasi. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Sasar Wisatawan dan Pedagang, Pemkot Yogya Dirikan Posko Vaksinasi di Malioboro
Mendagri M. Tito Karnavian. (Foto: kemendagri.go.id)

News

Mendagri Uraikan Persiapan Pengamanan Arus Mudik Idulfitri 2022
Mobil vaksinasi Pemkot Yogyakarta siap layani warga hingga tingkat RT/RW. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Jangkau RT/RW, Pemkot Yogya Siapkan Mobil Layanan Vaksinasi
Sekitar 30 perwakilan dari berbagai kelompok suporter klub sepak bola Indonesia bertemu dengan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Kanjuruhan di Kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Kamis (6/10/2022). Foto: Humas Kemenko Polhukam

News

Puluhan Perwakilan Suporter se-Indonesia Beri Masukan Ini ke TGIPF Kanjuruhan
Warga dibantu petugas membersihkan pohon dan puing akibat diterjang angin puting beliung pada Rabu, (15/12/2021). (Foto: BPBD Kab. Madiun)

News

Tujuh Orang Luka Akibat Angin Puting Beliung Terjang 4 Kecamatan di Madiun
Kemenag Kota Yogya menggelar sosialisasi pengeras suara untuk masjid dan Musala di Masjid Diponegoro, Rabu (16/3/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Sosialisasi Pengeras Suara untuk Masjid dan Mushalla
Pelepasan ekspor komoditas pertanian Provinsi Jawa Tengah, di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (Foto:Humas Jateng)

News

Gubernur Ganjar Gagas Pelabuhan Hortikultura Semarang