Home / Plus

Selasa, 14 Desember 2021 - 11:38 WIB

Menuju Bantul Kreatif Tingkat Dunia, Pemkab Gandeng ICCN dan JCS

Pemerintah Kabupaten Bantul melakukan penandatanganan perjanjian (MoU) dengan ICCN (Creative Cities Network) dan JCS (Jogja Creative Society) yang dilanjutkan dengan Pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Bantul bertempat di Bangsal Rumah Dinas Bupati Bantul, Senin (13/12/2021). (Foto: Humas Bantul)

Pemerintah Kabupaten Bantul melakukan penandatanganan perjanjian (MoU) dengan ICCN (Creative Cities Network) dan JCS (Jogja Creative Society) yang dilanjutkan dengan Pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Bantul bertempat di Bangsal Rumah Dinas Bupati Bantul, Senin (13/12/2021). (Foto: Humas Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Pemerintah Kabupaten Bantul melakukan penandatanganan perjanjian (MoU) dengan ICCN (Creative Cities Network) dan JCS (Jogja Creative Society) yang dilanjutkan dengan Pengukuhan Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Bantul bertempat di Bangsal Rumah Dinas Bupati Bantul, Senin (13/12/2021).

R. Bayu Jati Broto, SH, M. Hum., selaku Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Kabupaten Bantul dalam laporannya menyampaikan, dalam rangka percepatan penyampaian visi dan misi Kabupaten Bantul.

Bagian Administrasi Pemerintahan Kabupaten Bantul menjalin komunikasi dengan berbagai pihak dan memfasilitasi OPD-OPD di Kabupaten Bantul dalam rangka penyusunan MoU.

“Untuk mempercepat penyampaian visi dan misi Kabupaten Bantul. Kami bagian Administrasi Pemerintahan Kabupaten Bantul telah berkomunikasi dengan berbagai pihak dan juga memfasilitasi OPD-OPD di Kabupaten Bantul dalam rangka penyusunan MoU bersama dengan berbagai pihak untuk percepatan penyampaian visi dan misi di Kabupaten Bantul,” kata Bayu.

Lebih lanjut, Bayu mengungkapkan tujuan dari kegiatan tersebut ialah untuk pelaksanaan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Bantul dengan ICCN dan JCN tentang pengembangan Kabupaten Bantul menuju kabupaten kreatif.

Baca juga   Tak Banyak yang Tau, Awal Batik Indonesia, Presiden Soekarno dan Go Tik Swan

Dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama ini, diharapkan mampu memberikan dampak positif khususnya bagi masyarakat Kabupaten Bantul terutama bagi pengembangan industri kreatif termasuk didalamnya pelaku UMKM yang terdampak Pandemi Covid-19.

Selanjutnya Arif Budiman dari Indonesia Creative Cities Network (ICCN) dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pembentukan Komite Ekonomi Kreatif merupakan langkah awal untuk memulai perjalanan yang panjang untuk mencapai tujuan yaitu sesuai visi misi Kabupaten Bantul yakni mewujudkan Kabupaten Bantul menjadi kota kreatif di level dunia. Selain itu membangun sebuah brand Bantul perlu berkolaborasi dan kerjasama yang baik agar dapat merambah level dunia.

“Pendaftaran ke ICCN bagaikan untuk mendapatkan ijazah, tetapi yang lebih penting dari ijazah atau nilai adalah apakah ilmu yang didapat dapat bermanfaat dan dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan atau tidak. Pembentukan Komite Ekonomi Kreatif ini akan memulai perjalanan yang panjang yang tujuannya sesuai visi misi adalah mewujudkan Kabupaten Bantul menjadi kota kreatif di level dunia,” ucap Arif.

Baca juga   Dua Pencuri Spesialis Laptop di Kos-kosan Mahasiswa Ditangkap Polisi Bantul

Menanggapi hal tersebut Bupati Bantul, H. Abdul Muslih dalam arahannya menyampaikan bahwa untuk mewujudkan Kabupaten Bantul sebagai kota kreatif membutuhkan dukungan dari berbagai pihak terutama JCS dan ICCN.

“Untuk mewujudkan Bantul sebagai kota kreatif membutuhkan dukungan dari berbagai pihak terutama JCS dan ICCN. Dengan MOU ini maka akan menjadi dasar pelaksanaan berbagai inisiatif bersama dalam rangka pengembangan peta jalan atau roadmaps menuju kabupaten kreatif tengkat dunia dan tata kelola program inovasi pengembangan ekonomi kreatif sehingga akan menciptakan ekosistem ekonomi kreatif yang berkesinambungan,” terang Bupati Bantul.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Olimpiade Pancasila kembali diselenggarakan di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul, Senin (26/9/2022). Foto: Humas Pemkab Bantul

Plus

Olimpiade Pancasila, Tumbuhkan Nasionalisme Berbangsa dan Bernegara
Gereja Santa Maria Assumpta Pakem menggelar Program Kali Bersih (Prokasih) berkolaborasi dengan dua Kalurahan di Kapanewon Pakem, Hargobinangun dan Purwobinangun. Foto: Ist

Plus

Kaline Resik, Rejekine Apik! Ratusan Orang Ikuti Prokasih Lereng Merapi
Foto: Ist/Dok.UGM

Plus

UGM Dampingi BUMDes Kadilanggon Klaten Produksi Pakan Konsentrat Domba
Gofar Hilman, Founder & CEO Sekut. (Foto: Istimewa)

Plus

Gofar Hilman hingga Sammy ‘Seringai’ Ajak Pebisnis Muda Yogya Gabung Superpreneur Meet Up
Event pergelaran busana tahunan AIRA Fashion On The Spot (AFOTS) akan digelar di Jogja City Mall Yogyakarta, 17-20 November 2022. Foto: Ist

Plus

AIRA Fashion on The Spot Digelar di JCM, 17 – 20 November 2022
Berada di Kampung Wisata Batik Kauman, Ganjar seakan melihat kembali kejayaan kerajinan dan industri batik di Solo. Foto: Humas Jateng

Plus

Lihat Kejayaan Batik di Solo, Ganjar Dorong Pengembangan Kampung Wisata Batik Kauman
Kricak Bersatu (Kiber), berforo bersama dengan Relawan Kricak dan sejumlah mahasiswa ASMI Santa Maria Yogyakarta. (Foto: Agoes Jumianto)

Plus

Santuni Anak Yatim, Sehari Berbagi di HUT ke-3 Kiber
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo membuka Bazar UMKM Porda 2022. Foto: Humas Sleman

Plus

Digelar di SCH, Bazar UMKM Meriahkan Porda XVI dan Peparda DIY 2022