Home / News

Jumat, 25 Juni 2021 - 09:25 WIB

Merapi Muntahkan 3 Kali Awan Panas Disertai Hujan Abu

Visual Gunung Merapi pukul 04.50 WIB. (Foto: nyatanya.com/BPPTKG)

Visual Gunung Merapi pukul 04.50 WIB. (Foto: nyatanya.com/BPPTKG)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gunung Merapi kembali muntahkan awan panas, Jumat (25/6/2021) pukul 04.43 WIB dan pukul 7.33 WIB. Pasca awan panas guguran tadi pagi, kegempaan didominasi oleh guguran. Hujan abu dilaporkan terjadi di beberapa tempat.

Pusdalops Sleman melaporkan, hujan abu tipis terjadi di wilayah Kalitengah Glagaharjo, Kaliadem Kepuharjo Cangkringan dan Turgo Purwobinangun Pakem.

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, mematuhi rekomendasi BPPTKG dan mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik seperti menggunakan masker dan menutup penyimpanan air,” terang BPPTKG dalam unggahanya di Twitter, Jumat (25/6/2021).

Baca juga   Panik Dikejar Warga, Tiga Bocah Klitih Bawa Clurit Kecelakaan Tunggal di Sleman
Hujan abu di sejumlah wilayah. (Foto: nyatanya.com/Pusdalops Sleman)

BPPTKG mencatat terjadi 3 kali awan panas guguran pukul 04.43 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 61,132 dan 245 detik. Jarak luncur maksimal 3 km ke arah tenggara. Teramati kolom asap tertinggi sekitar 1000 meter di atas puncak.

Awan panas guguran berikutnya pukul 7.33 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 28 mm dan durasi 104 detik. Jarak luncur 1000 m ke arah tenggara dan teramati kolom asap setinggi 600 meter.

Baca juga   Komisi VIII DPR Minta Pemerintah Lakukan Pemutakhiran Data Penerima BLT BBM

Sebelumnya, pada hari Kamis (24/6/2021) awanpanas guguran terjadi pukul 20.08 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 39 mm dan durasi 108 detik. Jarak luncur 1.500 m ke arah barat daya. Dan pukul 20.11 WIB tercatat dengan amplitudo 34 mm dan durasi 115 detik. Jarak luncur 1.500 m ke arah barat daya.(N1)

Share :

Baca Juga

Foto: @polresleman

News

Sejumlah Kapolsek Diganti, Kompol Andhyka Donny Hendrawan Wakapolres Sleman yang Baru
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sigap melakukan perbaikan jalan provinsi. Ribuan laporan jalan rusak dari Aplikasi Jalan Cantik pun tertangani. Foto: Diskominfo Jateng

News

Ribuan Aduan Terkait Jalan Rusak di Jateng Selesai Tertangani
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti dan Ketua Umum IAI Gregorius Budi Yulianto bersama para pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung IKN Nusantara di Auditorium kementerian PUPR, Senin (18/7/2022). Foto: Dok.Kementerian PUPR

News

Ini Dia Pemenang Sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung IKN Nusantara
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng

News

Satgas Jogo Tonggo Diminta Dorong Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesen
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Jakarta Penyumbang Terbanyak Penambahan Kasus Covid-19, DIY Naik 51 Kali Lipat dalam Waktu 6 Minggu
Pemkab Gunungkidul akan memperluas lahan aneka tanaman buah 60 hektare yang menyasar kelompok tani dan kelompok wanita tani dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat. (Foto: Ist)

News

Tingkatkan Pendapatan Masyarakat, Pemkab Gunungkidul Perluas Lahan Buah 60 Hektare
Menko Muhadjir saat meninjau Desa Krebet dan Desa Sidoharjo, Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo, Senin (4/4/2022). Foto: Kemenko PMK

News

Menko PMK: Tradisi Pernikahan Sedarah Harus Dihentikan
Foto: BNPB

News

Kasus Sembuh Covid-19 Harian Bertambah 916 Orang