Home / Peristiwa

Senin, 17 Januari 2022 - 21:38 WIB

Merti Dusun Krebet, Budaya yang Tetap Lestari sebagai Bentuk Syukur Kepada Illahi

Padukuhan Krebet merupakan salah satu padukuhan yang berkomitmen untuk “nguri-uri kabudayan”. Hampir 73 tahun padukuhan ini melakukan kegiatan Merti Dusun setiap tahunnya. (Foto: Humas Bantul)

Padukuhan Krebet merupakan salah satu padukuhan yang berkomitmen untuk “nguri-uri kabudayan”. Hampir 73 tahun padukuhan ini melakukan kegiatan Merti Dusun setiap tahunnya. (Foto: Humas Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Merti dusun merupakan upacara adat yang dilakukan masyarakat dengan cara bersih-bersih di lingkungan tempat tinggal, dilanjutkan dengan doa bersama.

Padukuhan Krebet merupakan salah satu padukuhan yang berkomitmen untuk “nguri-uri kabudayan”. Hampir 73 tahun padukuhan ini melakukan kegiatan Merti Dusun setiap tahunnya.

Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo berkesempatan menghadiri Merti Dusun Padukuhan Krebet, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pajangan pada Sabtu (15/1/2022).

Baca juga   Bertamu Hingga Larut Malam, 8 Orang Ini Diangkut Polsek Sedayu

Kepala Dukuh Krebet menuturkan bahwa kegiatan Merti Dusun ini dilakukan sebagai ucapan syukur pada Tuhan Yang Maha Esa, serta mengharapkan perlindungan agar warganya selalu diberikan kesehatan.

Kegiatan ini juga merupakan peninggalan nenek moyang yang harus dilestarikan karena dapat menjadi sarana menjaga gotong royong di tengah masyarakat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengapresiasi kegiatan merti dusun ini karena selain melestarikan budaya, juga menjadi ajang konsolidasi bagi masyarakat untuk mewujudkan kebersamaan dalam rangka pencapaian kesejahteraan masyarakat menuju terwujudnya visi Kabupaten Bantul yang harmonis, sejahtera, berkeadilan menuju Bantul yang Projotamansari, berbudaya, sejahtera, demokratis, dan agamis.

Baca juga   17 Perupa Alumni Pendapa Kang Tejo Gelar Pameran Reunion #2 Sandyakala Ning Nagari di Kopi Macan Bugisan

“Dengan demikian maka masyarakat akan memiliki rasa handarbeni kepada padukuhan dan saling tolong menolong untuk mewujudkan kebersamaan dalam rangka mencapai tujuan pembangunan,” ujar Joko Purnomo.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Tersangka YF, dihadirkan saat konferensi pers di Mapolda DIY, Selasa (10/5/2022). (Foto: Ist)

Peristiwa

Polda DIY Tangkap Pelaku Penusukan 2 Mahasiswa di Seturan
Ilustrasi: Foto udara kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (5/3/2022). Kementerian ESDM mencatat realisasi bauran energi baru dan terbarukan (EBT) nasional pada tahun 2021 mencapai 11,5 persen yang sedikit mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan posisi bauran EBT per akhir 2020 lalu yang sebesar 11,2 persen. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/YU)

Peristiwa

Presidensi G20, Peluang Tarik Investor Kembangkan EBT di Indonesia
Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Petanesia Kabupaten Jepara di Pura Dharma Loka, Desa Plajan, Kecamatan Pakisaji, Sabtu (12/2/2022). (Diskominfo Jepara)

Peristiwa

Petanesia Diharapkan Jadi Kekuatan dan Benteng untuk Menjaga NKRI
Vaksinasi yang diselenggarakan IKASUKA Magelang bekerja sama dengan Polres Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Ikatan Keluarga Alumni UIN Suka Gelar Vaksinasi
Dari data yang dihimpun Pusdalops BNPB, Selasa (14/12/2021) per pukul 22.15 WIB, kerusakan rumah akibat terdampak gempa bumi 7,4 magnitudo (M) yang terjadi di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur sebanyak 346, yang mana dari angka tersebut, 134 rumah mengalami rusak berat dan 212 lainnya rusak ringan. (Foto: BNPB)

Peristiwa

Dampak Gempa NTT, 346 Rumah Rusak dan 770 Warga Mengungsi
Polres Blora berhasil ungkap pengoplos gas LPG ilegal. Pelaku dan ratusan tabung gas disita petugas. Sementara pemilik rumah diketahui kabur saat penggrebegan. (Foto: MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Polres Blora Gerebek Pengoplos LPG Ilegal, Tiga Pelaku Ditangkap Satu Buron
Foto: Ist/Tribratanews

Peristiwa

Pria Asal Aceh Nekat Jual Ratusan Obat Terlarang di Serang
Upaya pemadaman kebakaran masih terus dilakukan oleh BPBD Kabupaten Sukamara bersama tim gabungan pada Kamis, (18/8/2022). Foto: BPBD Kabupaten Sukamara

Peristiwa

Sebanyak 7,5 Hektar Lahan Gambut di Kabupaten Sukamara Kebakaran