Home / Wisata

Selasa, 11 Januari 2022 - 20:54 WIB

Meski Belum Tuntas, Pancuran Sendang Kamulyan Sudah Bisa Digunakan

Air pancuran di Sendang Kamulyan kini sudah mengalir, di tengah penggarapan sendang tersebut dalam proyek KSPN Borobudur. (Foto: humas/beritamagelang)

Air pancuran di Sendang Kamulyan kini sudah mengalir, di tengah penggarapan sendang tersebut dalam proyek KSPN Borobudur. (Foto: humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – Pancuran mata air Sendang Kamulyan di Dusun Brojonalan Desa Wanurejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang saat ini sudah bisa digunakan. Pembangunan sendang tersebut masuk dalam proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

Kepala Desa Wanurejo, Edy Suryantono mengatakan sendang tersebut saat ini sedang direnovasi oleh proyek KSPN Borobudur agar dapat menarik wisatawan lebih luas lagi.

Saat ini memang belum 100 persen selesai, namun pancuran air sudah dapat digunakan. Fasilitas lainnya seperti beberapa lampu taman sementara ini belum menyala.

Baca juga   9.000 Pelajar dan Santri Magelang Jadi Sasaran Vaksinasi BIN

“Juga ada fasilitas gazebo dan tempat duduk, termasuk ada juga patung wayang orang posisinya di atas sendang di rest area jalur aksis budaya. Rest area tersebut berbentuk pelataran luas yang bisa digunakan untuk istirahat bagi wisatawan pejalan kaki,” ucap Edy, Senin (10/1/2022).

Sumber mata air di sebelah timur Candi Pawon di Dusun Brojonalan, meskipun di musim kemarau panjang tetap mengalir. Posisi sendang berada di pinggir Sungai Progo.

Sebelumnya sendang tersebut hanya digunakan oleh warga sekitar untuk keperluan sehari-hari. Atau warga dari luar daerah yang mencari manfaat lain dari sumber air tersebut.

Baca juga   Lestarikan Mata Air, Komunitas Jogo Tuk Banyu Bening Tanam Ratusan Bibit Pohon

“Ke depan diharapkan akan lebih ramai lagi, mengingat sendang tersebut dilalui jalur aksis budaya. Termasuk dapat membantu warga sekitar dalam upaya peningkatan ekonomi di sektor wisata, dengan menjadi pedagang atau lainnya di jalur tersebut,” papar Edy.

Keberadaan sendang tersebut awal mulanya dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan air peribadatan di Candi Pawon yang terletak tidak jauh dari lokasi Sendang Kamulyan.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan di Desa Wisata Sambirejo (Tebing Breksi), Jumat (8/10/2021) dalam rangka penganugerahaan Desa Wisata tahun 2021. (Foto:Humas Sleman)

Wisata

Sandiaga Uno Canangkan Tebing Breksi sebagai 50 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI 2021
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Pinus Sari Mangunan dan di Desa Wisata Kaki Langit, Minggu (10/10/2021). Desa Wisata Kaki Langit Mangunan masuk dalam 50 desa wisata terbaik yang ditetapkan Kemenparekraf. (Foto: Humas Bantul)

Wisata

Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Masuk 50 Desa Wisata Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menandatangani porasasti Desa Wisata Karanganyar di Balkondes Karanganyar, Selasa (12/10/2021). (Foto:humas/beritamagelang)

Wisata

Desa Wisata Karanganyar Borobudur Masuk 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia
Gerbang Kalpataru di Blondo Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang, sudah 95 persen pengerjaannya. Ditargetkan akhir 2021 selesai 100 persen. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Pengerjaan Gerbang Kalpataru Blondo 95 Persen Rampung
Minuman alami berbahan serai digemari berbagai kalangan. (Foto: nyatanya.com/Sulis)

Wisata

Pilih Minuman Alami, Bagian dari Back to Nature
Setelah sukses menarik perhatian kaum milenial agar menyukai jamu, kini Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kampung Jamune Bu’e melakukan inovasi dengan melaunching Taman Edukasi. (Foto: MC Batang)

Wisata

Wujudkan Destinasi Wisata Terkoneksi, Kampung Jamune Bu’e Melaunching Taman Edukasi
Ilustrasi bersepeda sembari menikmati keelokan sudut kota Yogya menjadi aktivitas yang menyenangkan. (Foto: Agoes Jumianto)

Wisata

Yogowes Monalisa, Wisata Alternatif Kota Yogya Melalui Sepeda
Deklarasi gerakan masyarakat Yogyakarta yang menolak peredaran gelap minuman beralkohol yang dilakukan oleh elemen masyarakat, menandai pagelaran wayang kulit. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Pagelaran Seni Budaya sebagai Upaya Promosikan Wisata