Home / Peristiwa

Rabu, 4 Agustus 2021 - 23:41 WIB

Meski Diizinkan Buka Kembali, Belum Semua Pedagang Pasar Berjualan

Belum semua pedagang di Pasar Beringharjo membuka dagangannya, meski PPKM Level 4 diperpanjang dengan beberapa kelomnggaran. (Fot: Humas Pemkot Yogya)

Belum semua pedagang di Pasar Beringharjo membuka dagangannya, meski PPKM Level 4 diperpanjang dengan beberapa kelomnggaran. (Fot: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM Yogyakarta -Adanya ketentuan penutupan sementara selama masa PPKM pada 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 lalu dan akan dilanjutkan hingga 9 Agustus 2021, sejumlah pasar di Kota Yogyakarta sudah mulai beroperasi.

Dinas Perdagangan (Dindag) Kota Yogyakarta memperbolehkan semua pasar tradisional di kota kembali dibuka, namun dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pasar Rakyat Dindag Kota Yogyakarta, Gunawan Nugroho Utomo.

“Sesuai aturan, sejak PPKM bulan Juli kemarin ada beberapa pasar yang memang tidak diperbolehkan buka, pasar tersebut diantaranya Pasar Beringharjo bagian Barat yang menjual bukan kebutuhan sehari-hari, Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasthy), Pasar Klitikan Pakuncen, dan Pasar Tanjung Sari. Namun saat ini pasar tradisional di Kota Yogyakarta sudah dibuka semua,” kata Gunawan dalam keterangan resminya, Rabu (4/8/2021).

Baca juga   Heroe Poerwadi: Pentingnya Membaca untuk Kemajuan Bangsa dan Negara

Untuk itu, meski sudah diizinkan untuk dibuka kembali, namun kondisi pasar tersebut terlihat baru terisi 70-80 persen penjual.

“Hasil pemantauan, sudah ada yang berkunjung namun seperti di Pasar Berigharjo Barat masih bisa dibilang kondisinya cukup sepi. Semoga perlahan pasar akan terisi sehingga pasar menjadi normal kembali kondisinya,” jelasnya.

Jam operasional pasar sendiri untuk seluruh aktivitas pasar tradisional di Kota Yogyakarta akan ditutup pada pukul 15.00 WIB. Dalam pembatasan jumlah pengunjung dan pedagang juga tetap diberlakukan yaitu 50 persen dari kapasitas pasar.

“Beberapa kios di lantai satu hampir semuanya sudah buka. Tetapi kalau di UPT pusat bisnis dilantai tiga baru 50 persen dihari-hari kemarin. Awal diperbolehkannya buka saat PPKM level 4 ini belum banyak yang buka. Diprediksi pada minggu kedua baru mulai banyak pengunjung setelah dibuka,” ungkapnya.

Baca juga   PKK Kudus Salurkan Bantuan untuk Lansia Terdampak Pandemi

Namun walaupun pandemi dan adanya PPKM ini pasar masih selalu dikunjungi masyarakat Kota Yogya karena melihat banyaknya kebutuhan sehari-hari yang memang perlu dibeli untuk bertahan hidup .

“Yang menjadi konsentrasi kami baik dalam penangan masalah pandemi ini memang perlu pengawasan khusus, karena pasar setiap pagi selalu ramai. Tetapi dalam penegakan prokes tetap kami patuhi dan laksanakan pengawasannya dengan koordinasi bersama wilayah seperti lurah pasar dan OPD terkait dengan selalu memberika (*)

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyerahkan bantuan sosial kepada tokoh masyarakat dan warga Kricak. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Wawali Yogyakarta Serahkan Bansos untuk Warga Kricak
Serbuan Vaksin yang digelar Kodim Kota Salatiga. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Percepat Vaksinasi, Kodim Kota Salatiga Gelar Serbuan Vaksin
Satgas SIMAK 24 Mergangsan siap melayani pasien sisoman di lingkungannya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Satgas SIMAK 24 Mergangsan Sediakan Logistik Warga Isoman
Rokok ilegal yang ditemukan di Pasar Simo. (Foto:Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Rokok Ilegal Marak di Boyolali, Aparat Belum Bertindak
Penyerahan berita acara dari Wakil Bupati Sragen Suroto, kepada Kepala Staf Kodim 0725/Sragen Mayor Inf Wijiono. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

TMMD Guyub Rukun Sragen, Targetkan Buka Akses Jalan Antardukuh
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyerahkan bantuan sejumlah 192 paket tersebut secara simbolis kepada anak yatim. (Foto: Humas Kab Sukoharjo)

Peristiwa

Baznas Jateng Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim Piatu di Sukoharjo
Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta, Letkol Inf Wiyata Sempana Aji dan Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Surakarta)

Peristiwa

TMMD Reguler ke-111 Selesai, Teguh Prakosa Berpesan Agar Dirawat dan Dipelihara dengan Baik
Arif Jamali Muis. (Foto:nyatanya.com/YouTube:MediamuID)

Peristiwa

MCCC Beri Layanan bagi Warga Isoman di Rumah