Home / Peristiwa

Senin, 6 Desember 2021 - 12:11 WIB

Meski Sudah Diatas 70 Persen, Temanggung Genjot Vaksinasi Lansia

Meski capaian vaksinasi di Kabupaten Temanggung telah di atas 70 persen, namun Pemkab Temanggung terus mendorong warganya, terutama lansia untuk segera divaksinasi Covid-19. Mereka diharapkan datang ke sentra-sentra layanan vaksinasi yang disediakan. (Foto: MC Kab Temanggung)

Meski capaian vaksinasi di Kabupaten Temanggung telah di atas 70 persen, namun Pemkab Temanggung terus mendorong warganya, terutama lansia untuk segera divaksinasi Covid-19. Mereka diharapkan datang ke sentra-sentra layanan vaksinasi yang disediakan. (Foto: MC Kab Temanggung)

NYATANYA.COM, Temanggung – Meski capaian vaksinasi di Kabupaten Temanggung telah di atas 70 persen, namun Pemkab Temanggung terus mendorong warganya, terutama lansia untuk segera divaksinasi Covid-19. Mereka diharapkan datang ke sentra-sentra layanan vaksinasi yang disediakan.

“Minimal 70 persen sudah mampu tercipta herd immunity, namun tetap ditingkatkan hingga sekitar 80 persen warga mendapat vaksinasi Covid-19,” kata Plt Kepala Dinkes Kabupaten Temanggung Kristi Widodo, Jumat (3/12/2021).

Dijelaskan, cakupan vaksinasi Covid-19 untuk usia berisiko perlu ada peningkatan, yakni para lansia yang capaiannya masih 58,18 persen. Untuk mencapai level I, cakupan vaksinasi lansia minimal 60 persen.

“Temanggung masih kurang dua persen untuk cakupan vaksinasi lansia, sehingga dipacu agar setidaknya satu minggu ke depan bisa 60 persen,” katanya.

Baca juga   Covid-19 Melonjak, Masyarakat Diimbau Disiplin Pakai Masker dan Vaksinasi

Ia menyampaikan, jika tercapai 60 persen untuk lansia, Temanggung sudah masuk pada PPKM level 1.Saat ini, karena cakupan vaksinasi lansia belum mencapai target, meski indikator lain sudah memenuhi, maka Temanggung tetap pada PPKM level 2.

“Oleh karena itu, seluruh petugas di lapangan diharapkan berkonsentrasi untuk melaksanakan vaksinasi pada lansia. Vaksinasi ini pada dosis pertama dan kedua. Apalagi lansia masuk kelompok rentan, sehingga sangat diprioritaskan,” terangnya.

Berdasar data dari Dinas Kesehatan, lanjutnya, jumlah lansia yang divaksin untuk mencapai target 60 persen sebanyak 950 orang.

Baca juga   Pemkot Magelang Dorong Percepatan Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia

“Banyak tantangan untuk memberikan vaksinasi pada lansia, seperti adanya komorbid atau terkadang tekanan darah meningkat di atas toleransi saat menjalani skrining, sehingga berisiko ketika divaksin,” ujar Kristi.

Jarak yang jauh dan melelahkan antara tempat tinggal dengan titik vaksinasi yang berada di Puskesmas atau tidak ada orang yang mengantar, merupakan permasalah yang biasa dihadapi.

“Permasalahan lain adalah belum adanya edukasi yang benar terkait vaksin, yang tidak jarang lansia tidak mau divaksin,” terangnya.

Kristi mengatakan, pihaknya akan mempercepat vaksinasi pada lansia, apalagi menjelang libur nataru. Harapannya, segera terbentuk antibodi pada Covid-19 di tubuh lansia dan semakin mantap terbentuk kekebalan komunitas.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Logo resmi Hari Gizi Nasional 2022. (Foto: dinkes.slemankab.go.id)

Peristiwa

Ini Logo Resmi Hari Gizi Nasional 2022 dan Makna yang Terkandung di Dalamnya
Tradisi Grebeg Ojek kembali digelar warga Dusun Drojogan Desa Sidomulyo Kecamatan Salaman, Minggu (31/10/2021). (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Masih Pandemi, Tradisi Grebeg Ojek Digelar Terbatas
Rumah warga yang rusak akibat gempa berkekuatan M6,1 di Pasaman Barat pada Jumat (25/2/2022). (Foto: BNPB/Istimewa)

Peristiwa

Bayi Terdampak Gempa Pasbar di Palembayan Alami Luka Tujuh Jahitan
Untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha yang berjalan dengan sistem daring, mengelola informasi agar terhindar dari hoaks dan disinformasi dinilai sebagai sesuatu yang perlu. (Foto: InfoPublik.id)

Peristiwa

Menarik Manfaat Teknologi Informasi pada Masa Pandemi Covid-19
Kegiatan Ramadan 1443 H di TPA As–Sakinah SMA Muhi ditutup dengan menyelenggarakan berbagai lomba. (Foto: Ist)

Peristiwa

Menutup Bulan Ramadan, SMA Muhi Gelar Berbagai Lomba untuk Santri
Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dwikorita Karnawati, meresmikan sensor seismograp dengan kode SYJI di Candi Abang, Kalurahan Jogotirto, Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (18/12/2021). (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

BMKG Resmikan Shelter dan Sensor Pemantauan Gempa Baru di Kabupaten Sleman
Kapolres Bantul AKBP Ihsan berfoto bersama warga penerima penghargaan. (Foto: Humas Polres Bantul)

Peristiwa

Gagalkan Tawuran, Tujuh Warga Dapat Penghargaan dan SIM Gratis dari Kapolres Bantul
Merek beras yang dipalsu pelaku K. Foto: Ist/tribratanews

Peristiwa

Palsu Merek Dagang Beras Raja Udang, Pria di Lampung Ditangkap Polisi