Home / Peristiwa

Selasa, 1 Juni 2021 - 22:04 WIB

Momentum 1 Juni 2021

Pemotongan tumpeng yang dilakukan Ignatius Anto (Pemimpin Redaksi), diserahkan kepada Ahmad Zain (Redaktur Pelaksana) menandai kelahiran media online nyatanya.com. Foto: nyatanya.com/admin

Pemotongan tumpeng yang dilakukan Ignatius Anto (Pemimpin Redaksi), diserahkan kepada Ahmad Zain (Redaktur Pelaksana) menandai kelahiran media online nyatanya.com. Foto: nyatanya.com/admin

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Hari ini, Selasa 1 Juni 2021 merupakan hari spesial dan istimewa bagi bangsa Indonesia. Dimana 76 tahun silam, dalam sebuah sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) , Pancasila dilahirkan.

Dalam catatan sejarah, adanya sidang BPUPKI berawal dari kekalahan Jepang pada perang pasifik, Jepang kemudian berusaha mendapatkan hati rakyat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dan membentuk sebuah Lembaga yang tugasnya untuk mempersiapkan hal tersebut.

Lembaga itu dinamai Dokuritsu Junbi Cosakai. Padang sidang yang membahas mengenai tema dasar negara inilah istilah Pancasila mulai diperkenalkan. Pancasila kemudian ditetapkan ditetapkan sebagai dasar negara. Pancasila juga ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Baca juga   Warga Wadas : “Kami Diancam Mau Dibunuh Kalo Tetap Dukung Bendungan Bener...”

Momentum inilah yang kemudian dijadikan tetenger peringatan hari lahirnya Pancasila. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi pegangan hidup yang tetap nyata bagi seluruh rakyat Indonesia, sampai hari ini.

Dan hari ini, Selasa Pon, 1 Juni 2021, juga menjadi tetenger bagi kelahiran sebuah media massa bernama nyatanya.com. Lahir dari sebuah semangat untuk mengabarkan kebenaran yang nyata, di tengah carut marut negeri dan pandemi Covid-19 yang belum juga henti.

Kami sadar, dunia sedang susah. Pandemi Covid-19 praktis telah melumpuhkan sendi kehidupan. Rakyat susah. Banyak perusahaan tutup, lantaran tak lagi kuat bertahan di tengah ketidakpastian. Tak terkecuali perusaan pers. Idealisme tak lagi cukup untuk membangun mercusuar bernama pers yang tetap perkasa di tengah ganasnya hantaman badai.

Baca juga   Inovatif, di Desa Jepang Vaksinasi Dapat BLT

Namun begitu, idealisme memang harus tetap tumbuh sebagai spirit untuk melahirkan inovasi dan kreativitas baru. Hal inilah yang mendasari kami melahirkan nyatanya.com. Hadir untuk Anda mewartakan kabar kebenaran, kabar sebenarnya. Kami sadar, kehadiran nyatanya.com tentu tak berarti apa-apa tanpa peran serta, dukungan dan interaksi dengan Anda, sidang pembaca dan masyarakat.

Mohon doa restu atas kenyataan ini. Nyatanya, kami ada. Selamat menikmati.

Share :

Baca Juga

Gibran Rakabuming didampingi Jajaran Kepala Perangkat Daerah terkait sat menerima Penghargaan KLA Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Kelima Kalinya Surakarta Raih Predikat Kota Layak Anak Utama
Para tenaga medis memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Tambahan Tenaga Medis Bantu Percepat Vaksinasi di Yogya
Sosialisasi dan pelatihan aplikasi Si Asmara. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Si Asmara, Aplikasi Surat Menyurat Terobosan Dinkes Temanggung
Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati ikut membagikan paket sembako kepada tukang becak. (Foto: Humas Sragen)

Peristiwa

Bupati Sragen Turun Langsung Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak Corona
Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun menyerahkan bantuan ponsel tersebut kepada anak-anak di Mako Polres Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Salurkan Bantuan Ponsel untuk Anak Yatim Piatu Covid-19
Mahasiswa Universita PGRI Semarang memproduksi cairan pembersih tangan yang diperuntukkan bagi masyarakat. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Mahasiswa UPGRIS Produksi Hand Sanitizer untuk Aksi Sosial
Bupati Semarang Ngesti Nugraha saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di pabrik jamu PT Sidomuncul. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Percepat Vaksinasi, Tempat Pelayanan Bakal Ditambah
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Gerakan Kampung Panca Tertib Turunkan Pelanggaran Perda