Home / Peristiwa

Selasa, 1 Juni 2021 - 22:04 WIB

Momentum 1 Juni 2021

Pemotongan tumpeng yang dilakukan Ignatius Anto (Pemimpin Redaksi), diserahkan kepada Ahmad Zain (Redaktur Pelaksana) menandai kelahiran media online nyatanya.com. Foto: nyatanya.com/admin

Pemotongan tumpeng yang dilakukan Ignatius Anto (Pemimpin Redaksi), diserahkan kepada Ahmad Zain (Redaktur Pelaksana) menandai kelahiran media online nyatanya.com. Foto: nyatanya.com/admin

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Hari ini, Selasa 1 Juni 2021 merupakan hari spesial dan istimewa bagi bangsa Indonesia. Dimana 76 tahun silam, dalam sebuah sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) , Pancasila dilahirkan.

Dalam catatan sejarah, adanya sidang BPUPKI berawal dari kekalahan Jepang pada perang pasifik, Jepang kemudian berusaha mendapatkan hati rakyat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dan membentuk sebuah Lembaga yang tugasnya untuk mempersiapkan hal tersebut.

Lembaga itu dinamai Dokuritsu Junbi Cosakai. Padang sidang yang membahas mengenai tema dasar negara inilah istilah Pancasila mulai diperkenalkan. Pancasila kemudian ditetapkan ditetapkan sebagai dasar negara. Pancasila juga ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Baca juga   11 Ribu Vaksin untuk Puskesmas Batang Didistribusikan

Momentum inilah yang kemudian dijadikan tetenger peringatan hari lahirnya Pancasila. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi pegangan hidup yang tetap nyata bagi seluruh rakyat Indonesia, sampai hari ini.

Dan hari ini, Selasa Pon, 1 Juni 2021, juga menjadi tetenger bagi kelahiran sebuah media massa bernama nyatanya.com. Lahir dari sebuah semangat untuk mengabarkan kebenaran yang nyata, di tengah carut marut negeri dan pandemi Covid-19 yang belum juga henti.

Kami sadar, dunia sedang susah. Pandemi Covid-19 praktis telah melumpuhkan sendi kehidupan. Rakyat susah. Banyak perusahaan tutup, lantaran tak lagi kuat bertahan di tengah ketidakpastian. Tak terkecuali perusaan pers. Idealisme tak lagi cukup untuk membangun mercusuar bernama pers yang tetap perkasa di tengah ganasnya hantaman badai.

Baca juga   Menarik Manfaat Teknologi Informasi pada Masa Pandemi Covid-19

Namun begitu, idealisme memang harus tetap tumbuh sebagai spirit untuk melahirkan inovasi dan kreativitas baru. Hal inilah yang mendasari kami melahirkan nyatanya.com. Hadir untuk Anda mewartakan kabar kebenaran, kabar sebenarnya. Kami sadar, kehadiran nyatanya.com tentu tak berarti apa-apa tanpa peran serta, dukungan dan interaksi dengan Anda, sidang pembaca dan masyarakat.

Mohon doa restu atas kenyataan ini. Nyatanya, kami ada. Selamat menikmati.

Share :

Baca Juga

PMI Kabupaten Semarang menerapkan model scan QR code saat pelaksanaan bulan dana PMI 2021. (Foto:Diskominfo Kab.Semarang)

Peristiwa

Bulan Dana PMI Terapkan Pembayaran Digital
Semua pasar tradisional yang ada di Kabupaten Klaten hanya akan buka sampai pukul 14.00 WIB. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Selama PPKM Darurat, Semua Pasar Tradisional Klaten Tutup Pukul 14.00 WIB
Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono. (Foto: Humas Magelang)

Peristiwa

BPBD Kabupaten Magelang Salurkan Paket Sembako Bagi Warga Isoman
Pemberian Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik dilakukan secara virtual oleh Kementerian PANRB pada Selasa (9/11/2021) dan diikuti oleh lembaga penyelenggara pelayanan publik. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Gerakan Kampung Panca Tertib Pemkot Yogya Raih Penghargaan KIPP 2021
Panen perdana porang di Kabupaten Semarang. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Petani Porang Desa Tukang Raup Ratusan Juta Rupiah Sekali Panen
BNNP Sumatera Barat memusnahkan barang bukti narkotika jenis ganja kering seberat 80 kg di halaman Kantor BNNP Sumbar, di Padang, Senin (22/11/2021) dengan cara dibakar. (Foto:MC Padang/RA)

Peristiwa

BNNP Sumbar Musnahkan Barang Bukti Ganja Seberat 80 Kg
Ilustrasi Pemprov terus dorong siswa di Jateng lakukan vaksin. Gubernur Ganjar Pranowo dalam sebuah kesempatan meninjau pelaksanaan vaksin untuk anak sekolah. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Tingginya Antusiasme Anak Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Semarang
Inovasi penggunaan bumbung (bambu) untuk tempat uang pada transaksi jual beli, membawa sentra jajanan kuliner tradisional Pasar Brumbung meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI kategori penerapan protokol kesehatan. (Foto: MC Kab Rembang)

Peristiwa

Inovasi Bumbung Bawa Pasar Brumbung Raih Penghargaan