Home / Peristiwa

Selasa, 1 Juni 2021 - 22:04 WIB

Momentum 1 Juni 2021

Pemotongan tumpeng yang dilakukan Ignatius Anto (Pemimpin Redaksi), diserahkan kepada Ahmad Zain (Redaktur Pelaksana) menandai kelahiran media online nyatanya.com. Foto: nyatanya.com/admin

Pemotongan tumpeng yang dilakukan Ignatius Anto (Pemimpin Redaksi), diserahkan kepada Ahmad Zain (Redaktur Pelaksana) menandai kelahiran media online nyatanya.com. Foto: nyatanya.com/admin

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Hari ini, Selasa 1 Juni 2021 merupakan hari spesial dan istimewa bagi bangsa Indonesia. Dimana 76 tahun silam, dalam sebuah sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) , Pancasila dilahirkan.

Dalam catatan sejarah, adanya sidang BPUPKI berawal dari kekalahan Jepang pada perang pasifik, Jepang kemudian berusaha mendapatkan hati rakyat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dan membentuk sebuah Lembaga yang tugasnya untuk mempersiapkan hal tersebut.

Lembaga itu dinamai Dokuritsu Junbi Cosakai. Padang sidang yang membahas mengenai tema dasar negara inilah istilah Pancasila mulai diperkenalkan. Pancasila kemudian ditetapkan ditetapkan sebagai dasar negara. Pancasila juga ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Baca juga   Lestarikan Mata Air, Komunitas Jogo Tuk Banyu Bening Tanam Ratusan Bibit Pohon

Momentum inilah yang kemudian dijadikan tetenger peringatan hari lahirnya Pancasila. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi pegangan hidup yang tetap nyata bagi seluruh rakyat Indonesia, sampai hari ini.

Dan hari ini, Selasa Pon, 1 Juni 2021, juga menjadi tetenger bagi kelahiran sebuah media massa bernama nyatanya.com. Lahir dari sebuah semangat untuk mengabarkan kebenaran yang nyata, di tengah carut marut negeri dan pandemi Covid-19 yang belum juga henti.

Kami sadar, dunia sedang susah. Pandemi Covid-19 praktis telah melumpuhkan sendi kehidupan. Rakyat susah. Banyak perusahaan tutup, lantaran tak lagi kuat bertahan di tengah ketidakpastian. Tak terkecuali perusaan pers. Idealisme tak lagi cukup untuk membangun mercusuar bernama pers yang tetap perkasa di tengah ganasnya hantaman badai.

Baca juga   Antisipasi Kemarau, BPBD Magelang Siapkan 90 Tangki Air Bersih

Namun begitu, idealisme memang harus tetap tumbuh sebagai spirit untuk melahirkan inovasi dan kreativitas baru. Hal inilah yang mendasari kami melahirkan nyatanya.com. Hadir untuk Anda mewartakan kabar kebenaran, kabar sebenarnya. Kami sadar, kehadiran nyatanya.com tentu tak berarti apa-apa tanpa peran serta, dukungan dan interaksi dengan Anda, sidang pembaca dan masyarakat.

Mohon doa restu atas kenyataan ini. Nyatanya, kami ada. Selamat menikmati.

Share :

Baca Juga

Penandatanganan serah terima hibah tanah Pemerintah Kota Salatiga dan IAIN Salatiga. (Foto:Diskominfo Salatiga)

Peristiwa

Pemkot Salatiga Terima Hibah Tanah dari IAIN Salatiga
Suasana pengundian Kupon Belanja Berhadiah di Pasar Rakyat Tahun 2021 bertempat di Pendopo Parasamya Kantor Setda Sleman, Kamis (11/11/2021). (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Pemkab Sleman Gelar Pengundian Kupon Belanja Berhadiah Pasar Rakyat 2021
Foto: PPID DKI Jakarta

Peristiwa

Gubernur dan Wagub DKI Gelar Perpisahan dengan Seluruh ASN Jakarta
Wagub DIY KGPAA Paku Alam X dengan didampingi Kadinkes DIY drg. Pembajun Setyaningastutie meninjau kick off booster vaksinasi, Kamis (13/1/2022) di JEC, Bantul. Secara serentak, kick off ini juga diikuti oleh kabupaten/kota di seluruh DIY. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Sebanyak 472.800 Lansia DIY Ditargetkan Mendapat Booster Vaksinasi Covid -19
Menteri Sosial Tri Risma Harini memberikan mainan boneka dinosaurus kepada anak polisi korban tragedi Kanjuruhan di Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (8/10/2022). ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Peristiwa

Mensos Serahkan Santunan untuk Keluarga Korban Insiden Kanjuruhan
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY, Jalan Panembahan Senopati, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021, Sinergi dan Inovasi untuk Pulihkan Ekonomi
Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka meninjau pekalsanaan vaksinasi Booster dosis lanjutan untuk lansia di RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Surakarta, Jumat (14/1/2022). (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Tinjau Vaksinasi Booster untuk Lansia di RSUD Ibu Fatmawati Soekarno
Dengan menyisihkan uang saku, ratusan siswa di SMPN 6 Temanggung, Jawa Tengah, melakukan penggalangan dana untuk korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Ratusan Siswa Sekolah Ini Sisihkan Uang Saku Bantu Korban Erupsi Semeru