Home / Peristiwa

Jumat, 17 Februari 2023 - 00:54 WIB

Momentum Gelorakan Pers Pancasila, Pengurus PWI DIY Ziarah ke Makam Tokoh Pers Nasional

Pengurus PWI DIY bersama pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) DIY berziarah ke makam tokoh pers nasional yang ada di Yogyakarta, Kamis 16 Februari 2023. Foto: Dok.PWI DIY

Pengurus PWI DIY bersama pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) DIY berziarah ke makam tokoh pers nasional yang ada di Yogyakarta, Kamis 16 Februari 2023. Foto: Dok.PWI DIY

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Masih dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2023, pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) DIY berziarah ke makam tokoh pers nasional yang ada di Yogyakarta, Kamis 16 Februari 2023.

Ziarah diawali upacara dan doa di Taman Wijaya Brata Yogyakarta, dilanjutkan tabur bunga ke makam tokoh-tokoh pers yang ada di sana, seperti Ki Hadjar Dewantara, Ki H Samawi, Ki Mashuri Darmosugito dan Ki Sarmidi Mangunsarkoro.

Turut hadir perwakilah keluarga besar Taman Siswa dan keluarga ahli waris Ki Samawi, yaitu M Wirmon Samawi, cucu Ki Samawi sekaligus Direktur Utama PT BP Kedaulatan Rakyat.

Foto: Dok.PWI DIY

Setelah itu, ziarah dilanjutkan ke Pasarean Sonyoragi tempat tohoh pers Mr Sumanang dimakamkan, dan dilanjutkan ziarah ke Makam Pringwulung Depok Sleman untuk mendoakan pendiri, perintis dan penerus KR, yaitu M Wonohito dan Dr Soemadi M Wonohito.

Di Makam Pringwulung, rombongan disambut oleh ahli waris, Fajar Kusumawardhani (putri Soemandi M Wonohito sekaligus Direktur Pemasaran PT BP KR).

Baca juga   PR Berat Pemkot Yogya, Pulihkan Kepercayaan Publik Usai Haryadi Suyuti Ditangkap KPK

Kemudian dilanjutkan ziarah ke Makam Krapyak, mendoakan tokoh pers H Koesfandi (Berita Nasional) dan Suwariyun (Kedaulatan Rakyat).

Ketua PWI DIY, Hudono mengatakan, ziarah ke makam tokoh pers sangat penting, selain untuk mendoakan arwah para tokoh pers, juga untuk meneladani semangat, nilai-nilai kejuangan dan nasionalisme mereka.

Semangat itu harus diteladani oleh insan pers/wartawan masa kini dalam menghadapi era globalisasi dan distrupsi digital.

“Jangan lengah atau sampai tercerabut dari akar nasionalisme. Semangat para pendahulu menjadi panutan dan inspirasi bagi kita semua,” katanya.

Turut mengikuti ziarah, Ketua IKWI DIY Hj Sri Surya Widati dan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI DIY, Sihono.

Hudono menuturkan, Hari Pers Nasional juga menjadi momentum untuk menggelorakan Pers Pancasila yang digagas oleh M Wonohito yang di dalamnya mengandung nilai-nilai Pancasila.

Menurut Hudono, saat ini ada kecenderungan pers melupakan khitohnya dan mulai ikut-ikutan media sosial, menyebabkan beritanya diragukan.

“Pers Pancasila ini akan menjadi penyaring berita-berita hoaks yang meresahkan masyarakat. Dan ingat, Pers Pancasila ini sangat aktual sehingga tetap relevan ditarapkan kapanpun, dimanapun.”

Baca juga   Ratusan Nakes Terima Penghargaan dari Kapolres Magelang

“Pers Pancasila ini betul-betul ‘made in’ Indonesia. Jadi mengapa kita menggunakan pers lain, kalau kita sendiri sudah memiliki pers yang spesisfik yaitu Pers Pancasila,” katanya.

Hudono pun mengajak seluruh wartawan di PWI DIY untuk senantiasa mengimplementasikan Pers Pancasila dan jangan dilupakan.

“Pers Pancasila menjadi panduan moral dan hati nurani bagi wartawan. Tanyakan dalam diri kita apakah saat menjalankan profesi benar-benar sudah menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. Pers Pancasila ini bisa menjadi rujukan,” katanya.

M Wirmon Samawi mengucapkan selamat Hari Pers Nasional ke-77 seraya berterima kasih kepada segenap pengurus PWI DIY dan IKWI DIY yang telah melakukan ziarah.

Menurutnya, banyak nilai-nilai dan semangat yang bisa diteladani dari para tokoh pers terdahulu, yaitu semangat kegigihan, kerja keras dan nasionalisme yang tinggi.

“Semoga kita semua (insan pers) bisa meneladani semangat itu dan optimis mampu melewati setiap tantangan zaman, dengan selalu menyajikan karya jurnalistik yang berkualitas dan terpercaya,” katanya. (N1)

Share :

Baca Juga

Provinsi DIY memperoleh penghargaan Provinsi Layak Anak Provilia 2021. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

DIY Kembali Raih Penghargaan Provinsi Layak Anak Provilia 2021
Para penumpang kapal Suku Rohingya asal Myanmar yang diselamatkan Bakamla RI. Foto: Humas Bakamla RI

Peristiwa

Bamkala Bantu Evakuasi Imigran Ilegal Rohingnya, Terdampar di Pantai Ladong Aceh Besar
Dua armada bus listrik Trans Gadjah Mada mulai dioperasikan, Jumat (1/4/2022). Foto: Dok.UGM

Peristiwa

Beroperasi di Seputar Kampus, UGM Luncurkan Bus Tenaga Listrik Trans Gadjah Mada
BPBD Kabupaten Magelang masih menyalurkan bantuan air bersih ke sejumlah desa yang mengalami kekeringan. (Foto:humas/beritamagelang)

Peristiwa

Musim Hujan, BPBD Kabupaten Magelang Masih Dropping Air Bersih
Wakil Walikota Teguh Prakosa bersama Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol Inf Wiyata Sempana Aji meninjau tempat isolasi dan perawatan OTG. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Ini 8 Tempat Isolasi dan Perawatan OTG Terpusat di Solo
Ganjar Pranowo saat mengunjungi Yoewono, veteran perang keturunan Tionghoa yang tinggal di Bulusan, Kecamatan Tembalang, Semarang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Senangnya Veteran Perang Keturunan Tionghoa Ini Didatangi Ganjar
Polres Temanggung menggencarkan akselerasi vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadan yang dilakukan pada malam hari. (Foto:MC.TMG)

Peristiwa

Polres Temanggung Gencarkan Vaksinasi di Malam Hari
Penyerahan penghargaan Satyalancana Kebudayaan kepada Dedi Mulyadi dan Rd. Sanny Wijaya Nata Kusumah. (Foto: Ditjen Kebudayaan)

Peristiwa

Dua Tokoh Ini Menerima Penghargaan Satyalancana Kebudayaan 2021