Home / Peristiwa

Senin, 4 Oktober 2021 - 08:44 WIB

Motif Sarung Batik Pakem Kaumanan Resmi Dilaunching

Motif Sarung Batik Pakem Kaumanan resmi dilaunching bertepatan dengan Hari Batik Nasional (HBN) tahun 2021. (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Motif Sarung Batik Pakem Kaumanan resmi dilaunching bertepatan dengan Hari Batik Nasional (HBN) tahun 2021. (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

NYATANYA.COM, Pekalongan – Sukses dan menambah kekhasanahan batik dengan ciri khas tersendiri, Motif Sarung Batik Pakem Kaumanan resmi dilaunching bertepatan dengan Hari Batik Nasional (HBN) tahun 2021, Sabtu (2/10/2021) malam.

“Selamat dan sukses atas launching motif sarung batik Pakem Kaumanan. Semoga kinerja baik ini terus berlanjut dan bisa saling bersinergi,” ungkap Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE, didampingi Ketua PKBK Pekalongan M Husni Mubarak Ssos, saat melaunching Motif Sarung Batik Pakem Kaumanan di Kampung Batik Kauman.

Aaf sapaan walikota menyampaikan, HBN menjadi berkah tersendiri bagi Pemkot dan masyarakat Pekalongan, seiring dengan melandainya Kasus Covid-19.

Lanjutnya, ia mengapresiasi gagasan/ide para pegiat kampung batik Kauman yang sudah berusaha menuangkannya dalam bentuk karya motif sarung batik Pakem Kaumanan. Tantangan ke depan adalah mampu menciptakan motif Kaumanan baru.

Baca juga   Petugas Penyekatan PPKM Darurat Hening Cipta Sejenak

“Motif ini sudah sangat mewakili semua unsur etnis yang ada di Pekalongan (Jawa, Arab dan Tionghoa). Jangan sampai berhenti disini. Agar motif batik Pekalongan ini bisa lebih kaya dan menambah khasanah budaya batik,” kata Walikota Aaf.

Sesuai dengan tema, ‘Lestari Batikku Lindungi Alamku’, ia berpesan agar limbah batik dapat dikelola dengan baik dan sesuai standar. “Jangan sampai merusak lingkungan, sungai sekitar,” tuturnya.

Aaf menambahkan, para pengrajin batik juga harus dilestarikan termasuk meningkatkan kesejahteraannya. Selain itu, ia juga mengajak agar budaya batik dapat menarik anak muda untuk belajar dan regenerasi.

“Ini menjadi PR bersama bagaimana menjamin kesejahteraan para pengrajin batik. Agar tetap lestari dan regenerasi pengrajin batik. Jika kita lihat, anak muda sekarang jarang yang mau belajar membatik, ngelorod, cap, dan tulis,” imbuhnya.

Baca juga   Tampung Aduan dan Masukan, Temanggung Buka Posko Gugus Pertembakauan

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Kampung Batik Kauman (PKBK), Husni Mubarak menjelaskan bahwa Motif Sarung Batik Pakem Kaumanan merupakan perpaduan dari beragam motif menjadi satu kesatuan. Diantaranya motif batik Buketan, Parang, dan Jlamprang.

Motif-motif tersebut mewakili setiap unsur etnis yang ada di Pekalongan. Selain itu, dipadukan dengan pemilihan warna yang khas sehingga memiliki filosofi tersendiri.

“Terlihat motif parang memiliki arti hubungan kita dengan tuhan. Kemudian motif Jlamprang, kita ambil unsur bahwa histori di Nusantara ini agama mayoritasnya adalah Islam yang berasal dari Gujarat,” terangnya.

Dalam acara Kauman Batik Art Fest (KBAF) 2021 tersebut turut menampilkan Tari Wohing Pakaryan Luhur. Hadir dalam kegiatan, Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda, Hj Inggit Soraya SSn, tokoh pegiat batik, dan Kepala OPD terkait. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Brebes, Idza Priyanti menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba. (Foto: Diskominfo Brebes)

Peristiwa

Pandemi Covid-19, Jangan Berhenti untuk Berkreasi
Menkominfo Johnny G. Plate. (Foto: Humas Kominfo)

Peristiwa

Kominfo Umumkan Mitra 9 Area Paket KSO di Wilayah 3T
Nugroho Joko Prastowo menyerahkan sisa 100 tabung oksigen secara simbolis kepada Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Bank Indonesia Bantu 200 Tabung Oksigen untuk Surakarta
BNPB Pusat memberikan bantuan 13.400 buah masker kepada BPBD Surakarta. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

BPBD Surakarta Terima Bantuan 13.400 Masker dari BNPB Pusat
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberikan penghargaan secara simbolis kepada relawan dedikasinya dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19. (Foto: Kominfo Kebumen)

Peristiwa

200 Relawan Pemulasaran Jenazah Covid-19 dapat Penghargaan dari Bupati Kebumen
Bupati Klaten melepas armada pengiriman bantuan beras dari Kemensos RI ke 26 wilayah kecamatan. (Foto:Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pemkab Klaten Salurkan 3.000 Paket Beras Bantuan Kemensos
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Catat! Senin 19 Juli 2021 Pukul 10.00 WIB ‘PrayFromHome’
Gibran Rakabuming menerima secara simbolis bantuan dari Bank Jateng untuk Perbaikan 20 RTLH di Solo. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Pemkot Surakarta Terima Bantuan Rp300 Juta untuk Perbaikan RTLH