Home / Gayahidup

Rabu, 26 Oktober 2022 - 19:10 WIB

Motor Listrik Yamaha E01 Tes Pasar di 4 Kota Besar di Indonesia, Kapan Mulai Dipasarkan?

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi memulai program market test alias tes pasar untuk produk motor listrik prototipe Yamaha E01. Foto: Ist

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi memulai program market test alias tes pasar untuk produk motor listrik prototipe Yamaha E01. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Jakarta – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi memulai program market test untuk produk motor listrik prototipe Yamaha E01.

Program bertajuk Proof of Concept tersebut merupakan bagian dari implementasi Yamaha’s Long Term Vision 2050 yang mengacu pada tiga poin, yaitu Advancing Robotics, Re-thinking Solution, dan Transforming Mobility atau yang dikenal dengan istilah ART for Human Possibilities.

Sebanyak 20 unit Yamaha E01 akan mulai diuji coba oleh masyarakat umum. Tahap awal berlangsung di empat kota besar di Indonesia yang meliputi Jakarta, Bandung, Bali, dan Medan dengan total target peserta sebanyak 4.000 orang, dimulai pada November 2022.

Yamaha E01. Foto: Ist

Kota-kota tersebut dipilih karena dinilai merepresentasikan karakter jalan, medan geografis, cuaca, suhu udara serta tingkat eksistensi pengguna EV yang beragam sebagai bahan evaluasi dari market test itu sendiri.

Minoru Morimoto selaku President Director & CEO PT YIMM mengatakan Carbon Neutral merupakan tema besar bagi Yamaha. Menurutnya, Yamaha telah bekerja mengembangkan EV selama hampir 30 tahun.

Melalui market test ini Yamaha mengklaim tidak hanya menunjukan komitmen kuatnya dalam mengembangkan line-up EV, tetapi juga untuk mendapatkan masukan dari konsumen sebagai dasar dalam menghadirkan kendaraan EV yang sesuai kebutuhan.

“Hari ini, kita memiliki E01 untuk dilakukan test ride, yang mengawali proyek Proof of Concept untuk pasar Indonesia. Kami akan melihat sejauh mana motor konsep ini dapat diterima, dan apakah motor konsep ini sudah cukup baik dengan berbagai keunikannya dalam menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia,” kata Morimoto di Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Selasa (25/10/2022).

Sejak dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada Maret dan April lalu, motor ini memang langsung menyita perhatian banyak pihak.

Baca juga   Warna Baru All New NMAX 155 Menggoda Mata, Segini Harganya Sekarang

Mengusung bodi bongsor ala skutik Eropa, banyak yang menganggap jika E01 merupakan jelmaan dari motor NMAX yang diubah teknologinya menjadi mesin elektrik.

Namun pada dasarnya, pihak Yamaha mengonfirmasi jika penampilan motor ini merupakan karya desainer Jepang yang memadukan beberapa produk Yamaha.

Secara dimensi memang mirip seperti varian Maxi yang laris di Indonesia, tapi bagian lampu bawahnya justru mirip seperti Yamaha RI.

Sementara itu, pijakan kaki dibuat lebih lega. Apalagi ditambah dengan tempat pijakan ekstra di bagian depan, membuat kamu bisa sedikit meluruskan kaki ketika sedang berkendara jauh.

Adapun untuk tempat pengisian daya ada di bagian depan sehingga tidak sulit untuk dijangkau. Hal ini semakin menambah efisiensi ketika kamu hendak mengisi daya motor ini di rumah.

Yamaha E01 diklaim telah dilengkapi dengan semua fungsi yang diharapkan dari skuter kelas 125cc. Selain itu, skuter listrik ini juga punya performa yang cocok untuk mobilitas jarak pendek hingga menengah.

Yamaha E01. Foto: Ist

Kemampuan itu tampak memungkinkan karena motor ini dibekali baterai lithium-ion model tanam berkapasitas 4,9 kWh yang terletak di tengah pijakan kaki.

Berdasarkan pengujian WMTC (World Motorcycle Test Cycle) Eropa, motor listrik Yamaha terbaru itu bisa menjelajah sejauh 130 km dalam kondisi daya penuh.

Sementara untuk pengujian internal, jarak tempuhnya diklaim mampu mencapai 104 km dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam.

Soal tenaganya, E01 memiliki tiga pilihan gaya berkendara yang bisa dipilih sendiri, yaitu Standard, Eco, dan Power.

Pihak Yamaha dengan percaya diri mengklaim jika calon produk mereka ini akan sangat nyaman dikendarai karena memiliki banyak fitur canggih dan cerdas.

Baca juga   Sebelum Meminang Honda ADV160, Simak Detail dan Harganya yang Sebanding dengan Keunggulannya

Untuk menambah mobilitas, motor ini tersedia dalam tiga tipe charging, yaitu fast charging, normal charging, dan portable charging yang dapat diletakkan di bagasi motor.

Tipe fast charging bisa mengisi daya dari nol hingga 90 persen hanya dalam waktu satu jam, sementara normal charging memakan waktu 5 jam. Namun untuk tipe portable, membutuhkan waktu hingga 14 jam dari nol hingga penuh.

Sebagai motor listrik, E01 dibekali tiga riding mode yakni Power Mode, Standard Mode, dan Eco Mode.

Mode Standard sendiri dapat menghasilkan tenaga 8,1 kw di 5.000 rpm, dan torsi 24,5 Nm di 1.500 rpm. Lalu untuk mode Eco, tenaganya hanya 5,4 kw di 4.500 rpm, dan torsi 21,4 Nm di 1.500 rpm.

Kemudian untuk mode Power, motor listrik yang satu ini bisa memuntahkan tenaga 8,1 kw di 5.000 rpm, dan torsi 30,2 Nm di 1.950 rpm. Setara motor konvensional 125cc.

Menariknya, E01 dilengkapi dengan fitur canggih bernama Y-Connect yang dapat terkoneksi dengan smartphone kamu. Fitur ini membantu pengendara untuk memantau kondisi kendaraannya.

Mekanisme konektivitas Y-Connect pada E01 tidak lagi menggunakan bluetooth berkat keberadaan SIM Card. Jadi, motor ini akan langsung mengirimkan data ke server aplikasi Y-Connect untuk informasi kendaraan, riwayat berkendara, konsumsi daya, lokasi parkir, dan pengaturan.

Sayangnya, pihak Yamaha belum bisa memastikan kapan E01 dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Namun di Thailand sendiri, motor ini sudah resmi dijual dengan banderol 150.000 baht atau sekitar Rp64 jutaan. Kita tunggu saja ya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Agoes Jumianto

Gayahidup

Berani Diadu, Desainer Muda Buktikan Kualitasnya di AIRA Fashion On The Spot 2022
Produk kolaborasi Starcross dan Hexos Mr Sarmento yang eksklusif dan kekinian. Foto: Agoes Jumianto

Gayahidup

Starcross dan Hexos Mr Sarmento Hadirkan Kolaborasi Nostalgia Tahun 90an Lewat Apparel Kekinian

Gayahidup

Scorpio, Hari Ini Kamu Akan Jadi Lebih Sensitif dan Sedikit Emosional

Gayahidup

3 Trik Bikin Foto Malam Hari Kamu Makin Awesome dengan Galaxy A54 5G
Bimbingan Teknis 'Peningkatan Kapasitas Petani Bidang Perkebunan berupa Teknik Budi Daya dan Peluang Bisnis/Usaha Kopi. (Foto: Humas/beritamagelang)

Gayahidup

Catat Lur, Magelang Bakal Punya Brand Kopi Arabika Merapi
Sunscreen lokal dari Kymm Skin inilah yang membuat brand Kuda Hitam ini melebarkan sayapnya untuk melanjutkan memproduksi produk-produk yang tak kalah saing dengan produk nasional dan internasional lainnya. (Foto: Ist)

Gayahidup

Kymm Skin, Brand Kuda Hitam yang Siap Bersaing di Dunia Skincare Indonesia
Wuling Air ev. Foto: wuling.id

Gayahidup

Wuling Air ev Launching di 5 Kota, Ini Jadwalnya di Yogyakarta
Interios Wuling Air ev. Foto: wuling.id

Gayahidup

Begini Penampakan Interior Wuling Air ev yang Sudah Bikin Penasaran Orang Indonesia