Home / Peristiwa

Selasa, 29 November 2022 - 22:50 WIB

Mulai Januari 2023 Warga Kota Yogya Wajib Pilah Sampah Mandiri

Sarasehan Bank Sampah Kemantren Kraton Kota Yogyakarta, Senin (28/11/2022) di Pendopo Kelurahan Panembahan Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

Sarasehan Bank Sampah Kemantren Kraton Kota Yogyakarta, Senin (28/11/2022) di Pendopo Kelurahan Panembahan Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta terus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk memilah sampah anorganik dan organik.

Salah satunya yang dilakukan pada kegiatan Sarasehan Bank Sampah Kemantren Kraton Kota Yogyakarta, Senin (28/11/2022) di Pendopo Kelurahan Panembahan Yogyakarta. 

Kegiatan sarasehan bank sampah ini merupakan yang ke lima kalinya yang dilakukan DLH Kota Yogyakarta.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya yang pada kesempatan ini hadir berharap di tahun 2023 selama tiga bulan terhitung mulai bulan Januari, Februari dan Maret masyarakat diminta memaksimalkan pemilahan sampah dari rumah tangga. 

“Fokus kita di tiga bulan ini adalah jenis sampah anorganik seperti logam, kardus, benda pecah belah. Hal ini butuh dukungan dan kerjasama dari bank sampah, RW, pelapak, Kemantren serta Kelurahan,” ujarnya sebagaimana dikutip dari portal resmi Pemkot Yogya.

Baca juga   Peringatan Nuzulul Quran Perkuat Kebersamaan dalam Keragaman

Tidak hanya melakukan pemilahan sampah saja, namun Aman berharap selama kurun waktu tiga bulan tersebut masyarakat bisa terbiasa atau melakukan penyesuaian pemilahan sampah anorganik dan sampah organik.
“Diharapkan agar semua pihak terkait kepentingan ikut permasalahan di TPST Piyungan agar dapat cepat terselesaikan,” katanya.

Kepala DLH Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto mengatakan, setidaknya setiap harinya ada sekitar 260 Ton sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Dari jumlah sampah 260 Ton ini 60 persennya adalah sampah organik dan 40 persen sampah anorganik.

“Mau tidak mau, suka tidak suka mulai awal Januari mewajibkan setiap warga memilah sampah organik dan anorganik. Semoga dengan upaya ini dapat mendapatkan hasil yang maksimal,” ujarnya.

Baca juga   Dirlantas Polda DIY dan Suporter Sepakbola se-DIY Silaturahmi dan Ikrarkan 'Jogja Bersatu'

Selain adanya pemilahan dari rumah tangga juga akan dilakukan monitoring dan sosialisasi.

Untuk monitoring di kelurahan dilakukan seperti halnya tim monitoring pada saat PPKM Mikro yang melibatkan wilayah, tokoh masyarakat, Satpol PP serta pihak-pihak terkait.

Sementara itu, salah satu anggota bank sampah di RW 04 Kelurahan Kadipaten Taufik mengatakan, di wilayahnya sudah menerapkan pemilahan sampah organik dan anorganik.

“Kita sudah punya 90 tempat sampah untuk sampah anorganik. Tempat ini disebar kepada warga yang untuk dapat memilah sampah rumah tangga,” ujarnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

(ANTARA FOTO/Fauzan/rwa)

Peristiwa

Dapur Umum untuk Korban Banjir Tangerang
Foto/gambar (ilustrasi)

Peristiwa

Positif Pakai Sabu, Kasatres Narkoba Polres Blitar Dimutasi
Penyerahan genteng secara simbolis dilakukan Ketua Pembangunan Grha Padmanaba Triyanto kepada Kepala Bappeda Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pembangunan Tahap I Rampung, Grha Padmanaba ‘Topping Off’
Musim kemarau membawa berkah bagi para petani di Desa Menoreh Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang, lantaran hasil panen jagung kuning yang mereka tanam sukses dan melimpah. (Foto: MC Kab Magelang)

Peristiwa

Berkah Musim Kemarau, Petani Menoreh Panen Raya Jagung
Kelahiran satwa dilindungi di PLSK Tangkahan ini merupakan yang kedua pada 2021, setelah kelahiran gajah berjenis kelamin betina bernama Boni dari indukan bernama Sari dengan pejantan yang sama pada 1 Februari 2021 lalu. (Foto: Biro Humas KLHK)

Peristiwa

Satu Ekor Gajah Sumatera Lahir di Taman Nasional Gunung Leuser
Screenshoot video penggerebekan yang beredar di media sosial. Foto: Ist

Peristiwa

Viral Video Penggerebekan Diduga Pilot Selingkuh dengan Pramugari, Begini Penjelasan Lion Air
Vaksinasi hewan ternak digelar di Desa Karangturi, Gantiwarno, Senin (7/3/2022). Dalam pelaksanaannya, sebanyak 300 ekor domba/kambing milik peternak divaksin antraks. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Antisipasi Antraks, Hewan Ternak di Perbatasan Klaten Divaksin
Kabupaten Temanggung kini memiliki Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang repesentatif. Di Labkesda baru ini, nantinya masyarakat bisa melakukan pengecekan kualitas air, makanan, dan test swab, baik itu PCR maupun antigen. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Dibangun dengan Anggaran Rp2,4 Miliar, Temanggung Kini Miliki Laboratorium Kesehatan Daerah