Home / News

Selasa, 19 Oktober 2021 - 17:13 WIB

Musim Hujan Tiba, DBD Masih Jadi Ancaman di Batang

Kepala Dinkes Batang, dr. Didiet Wisnuhardanto. (Foto: MC Batang)

Kepala Dinkes Batang, dr. Didiet Wisnuhardanto. (Foto: MC Batang)

NYATANYA.COM, Batang – Musim penghujan yang mulai tiba, membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang memberikan peringatan keras, bahwa penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi ancaman bagi kalangan anak-anak. Pasalnya, anak-anak senang bermain air, sementara dengan datangnya musim penghujan, menimbulkan timbulnya genangan.

Meski begitu, Kepala Dinkes Batang, dr. Didiet Wisnuhardanto menyampaikan, sampai detik ini belum ada warga Batang yang terjangkit DBD.

“Tahun lalu memang kasus DBD tidak begitu terlihat, karena semua konsentrasi tertuju pada Covid-19. Jadi masih samar antara DBD dan Corona,” katanya, saat ditemui di Aula Kantor Bupati, Kabupaten Batang, Selasa (19/10/2021).

Baca juga   Cegah Abrasi dan Intrusi, Racika Palm Batang Tanam 6.000 Bibit Mangrove

Demikian pula dengan Virus Chikungunya, kasusnya tidak begitu terlihat karena Pemkab Batang saat ini berkonsentrasi pada penanganan dan pemulihan akibat pandemi.

Ditemui secara terpisah, Manajer Pelayanan RS QIM Batang, dr. Maftuhah Nur Beti mengatakan, Virus DBD disebabkan banyak faktor, di antaranya lingkungan yang kurang bersih.

“Biasanya karena adanya genangan air yang bisa memicu perkembangan jentik nyamuk Aedes Aegypti yang bisa membawa virus DBD,” terangnya.

Beberapa kasus bahkan menyebabkan kematian, karena penanganan yang terlambat. Untuk mengantisipasinya, masyarakat diminta melakukan pencegahan, dengan menerapkan 3M yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penyimpanan air dan mendaur ulang barang-barang bekas agar bernilai ekonomi.

Baca juga   Lomba Dayung, Tradisi Unik Nelayan Klidang Lor Batang untuk Bersilaturahmi

“Yang perlu diperhatikan meminimalisir pakaian yang digantung di dalam kamar, sehingga bisa mencegah terjadinya DBD,” tegasnya.

Ia mengutarakan, di RS QIM virus yang sering dialami pasien typus.

“Berdasarkan data 1 Januari 2021 ada 333 pasien yang didiagnosis typus dan 161 pasien didiagnosis diare,” ujarnya. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Foto: Humas Ekon

News

Australia Sampaikan Dukungan KTT Presidensi G20 Indonesia di Bali
(ilustrasi:nyatanya.com)

News

DIY Tambah 1.731 Kasus Positif Covid-19
Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, Bantul, kembali ditutup selama tiga hari terhitung sejak Jumat (1/4/2022) hingga Minggu (3/4/2022). Foto: Istimewa

News

TPST Piyungan Ditutup Lagi, Warga Harus “Ngempet” Buang Sampah Tiga Hari
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Muhammad Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun. Foto: BPMI Setpres

News

Ini Dua Pesan Presiden untuk Panglima TNI yang Baru Laksamana TNI Yudo Margono
Presiden Jokowi secara resmi melantik Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masa jabatan 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (10/10/2022). Foto: BPMI Setpres

News

Resmi! Presiden Melantik Sri Sultan HB X dan KGPAA Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wagub DIY
Foto: Anton/Elvira

News

ExxonMobil dan Pertamina Teken Kerja Sama Senilai 2,5 Miliar Dolar Amerika
Kementerian Ketenagakerjaan mengajak para delegasi EWG untuk melihat industri pengolahan kerajinan di Dowa Bag and Factory. (Foto: Ist/InfoPublik)

News

Kemnaker Ajak Delegasi EWG G20 Kunjungi Usaha Kerajinan di Yogyakarta
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)

News

Kapolri Instruksikan Jajarannya Kawal Unjuk Rasa dengan Humanis