Home / Peristiwa

Selasa, 4 Juni 2024 - 18:40 WIB

Nagih Pakai Seragam Tentara, Debt Collector Ditangkap Babinsa

Pelaku dibawa ke Koramil dan mengaku perlengkapan dan atribut tentara dibelinya di Pasar Turi untuk menakuti korban.

Pelaku dibawa ke Koramil dan mengaku perlengkapan dan atribut tentara dibelinya di Pasar Turi untuk menakuti korban.

NYATANYA.COM, Jombang – Seorang debt collector atau penagih utang bernisial TW warga Prajurit Kulon Mojokerto ini cukup dibilang nekat.

Saat melakukan aksi penagihan terhadap korban Satupan (40) warga Mojoagung, Jombang, ia mengenakan atribut lengkap prajurit TNI. Tujuannya tentu agar korabn keder.

Namun, alih-alih panik dan takut, korban justru melaporkan kepada Babinsa Koramil Mojoagung. Setelah dilakukan introgasi, pelaku bukanlah prajurit TNI dan hanya seorang debt collector.

Sedangkan baju atribut lengkap tentara dibelinya di Pasar Turi Surabaya dengan tujuan menakut-nakuti korban. Selanjutnya oleh Babinsa dan warga setempat, pelaku diserabhkan kepada kopilisian Polsek Mojoagung.

Baca juga   Polisi Tangkap Pelaku Pengeroyokan Anggota TNI Koramil Moanemani

Dalam keterangannya, Sabtu (1/6/2024) lalu, Kapolsek Mojoagung Kompol Yogas membenarkan atas peristiwa tersebut.

Kapolsek Mojoagung menjelaskan TW memakai celana dan kaus doreng saat menagih utang di rumah Satupan (40) pada Jumat (31/5/2024). Dan pelaku menunjukkan KTA Komando Cadangan (KC).

“Memang saat mendatangi (menagih) hutang kepada korban, pelaku tidak mengaku kalau dirinya tentara. Hanya memakai celana dan kaos doreng saja,” jelas Yogas kepada wartawan, Sabtu (1/6/2024).

Baca juga   Mahasiswa FSRD ISI Surakarta Ikuti Workshop Artpreneurship and Bussines Sustainability

Yogas menjelaskan jika Satupan memiliki tunggakan angsuran kredit dengan jaminan 3 BPKB sepeda motor. Setiap bulannya, warga Dusun Sukorejo, Desa Brudu, Mojoagung, Jombang ini harus mengangsur Rp5 juta.

Sementara, berdasarkan hasil penyelidikan dan gelar perkara, kepolisian tidak menemukan unsur pidana dalam perbuatan TW, sehingga TW akhirnya dibebaskan.

“Hasil gelar perkara di Polres Jombang, tidak terpenuhi unsur pidana pemerasan maupun penipuan. Sehingga tidak bisa diproses,” tandasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo berbincang dengan salah satu warga desa Bandungharjo yang membayar pajak kendaraan dengan cara dicicil. Program talangan ini diprakarsai BUMDes Cindelaras untuk membantu warga.(Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Kreatif, di Grobogan Bayar Pajak Kendaraan Bisa Dicicil Lur
Petugas Satpol PP Kabupaten Magelang memasang segel penutupan di Rumah Makan Bakso Balungan Pak Granat di jalan Raya Magelang - Yogyakarta, Mungkid, Sabtu (19//2/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Maaf Lur, Bakso Balungan Pak Granat Mungkid Ditutup Gegara Tak Bayar Pajak
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meraih penghargaan PWI Jateng Award 2022. Penghargaan diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Dukung Peningkatan Profesionalisme Wartawan, Ganjar Raih Penghargaan PWI Jateng Award 2022
Ilustrasi. (Foto: Kementan/Istimewa)

Peristiwa

Kementan Gercep Respon Kasus Antraks di Gunungkidul
Vaksinasi Covid-19 bagi para pedagang di Pasar Borobudur. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Magelang)

Peristiwa

Polres Magelang Gelar Vaksinasi bagi Pedagang Pasar Tradisional
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Yogyakarta Kadri Renggono dalam jumpa pers Sekati YK ing Mall di Balai Kota Yogyakarta, Selasa (12/10/2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Gelar Pasar Industri Kreatif ‘Sekati YK Ing Mall’
BPBD Kabupaten Jember dan unsur terkait lain melakukan patroli dan mendistribusikan bantuan kepada warga terdampak banjir pada tiga kecamatan di Jember, Provinsi Jawa TImur, Selasa (15/3/2022). (Foto: BPBD Kabupaten Jember)

Peristiwa

Banjir di Jember Rendam 953 Rumah Warga, Tak Ada Laporan Warga Mengungsi
Setelah sempat terganggu beberapa hari karena baterai hilang, sejak kemarin alat pemantau aktivitas Gunung Sumbing dan Sindoro yang terpasang di lereng Gunung Sumbing sudah kembali normal. (Foto: MC TMG)

Peristiwa

Setelah Tergangu Akibat Baterai Hilang Dicuri, Alat Pemantau Gunung Sumbing Kembali Normal