Home / Peristiwa

Jumat, 23 Juli 2021 - 10:11 WIB

Namanya Dicatut Akun FB Palsu, Gus Yasin Imbau Masyarakat Hati-hati

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Penipuan dunia maya kian marak, salah satunya melalui modus memakai akun palsu media sosial mengunakan identitas orang lain. Hal ini terjadi pula pada Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, yang namanya kembali disalahgunakan menjadi akun facebook palsu oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Gus Yasin, demikian biasa disapa, mengatakan dirinya baru-baru ini dihubungi seorang kolega yang mengaku mendapat kiriman pesan pribadi melalui Facebook dari akun yang mengatasnamakan dirinya. Padahal Gus Yasin sama sekali tidak mengirim pesan pada orang tersebut.

Menurutnya, kejadian ini bukan kali pertama. Namanya beberapa kali dicatut menjadi akun Facebook palsu oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Baca juga   Penyekatan Perbatasan Magelang-DIY Diperketat, Mobilitas Masyarakat Masih Tinggi

“Bukan hanya saya sih, ada pejabat lainnya yang juga pernah dicatut. Memang dari (Kementerian) Kominfo harus selektif dan benar-benar punya kekuatan, sehingga bisa langsung punya akses menutup. Paling banyak di Facebook, kalau di media sosial lainnya minim,” katanya, Kamis (22/7/2021).

Terkait akun Facebook palsu tersebut, kata dia, beberapa warga melapor kepadanya. Salah satunya warga Kepulauan Riau yang sempat kaget mendapat pesan yang dikirim lewat akun FB palsu itu. Penerima pesan merasa bingung, karena merasa tidak ada hubungan apapun dengan Wakil Gubernur Jawa Tengah, tiba-tiba mendapat pesan lewat Facebook.

Baca juga   Ribuan Orang Ikuti Vaksinasi Massal Merdeka Candi

“Kemudian dia DM (direct message) ke saya. Lalu saya jelaskan bahwa akun tersebut palsu. Kepada masyarakat saya minta untuk berhati-hati dan teliti dengan akun FB palsu,” pintanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati agar tidak mudah membagikan data yang bersifat rahasia, seperti PIN, kode verifikasi WhatsApp maupun data pribadi lainnya. Jika ada pesan seperti itu, Gus Yasin meminta masyarakat tidak menanggapi karena aksi tersebut dapat menjadi celah kejahatan. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih melaksanakan Panen Perdana Bawang Merah Musim Tanam (MT) ke-2 bersama Kelompok Tani Ngremboko Nir Ing Sambikolo di Bulak Malangan. (Foto: Humas Kab.Bantul)

Peristiwa

Bupati Bantul Panen Brambang Musim Tanam ke-2
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

Peristiwa

Keluarga Garda Terdepan Wujudkan DIY Bebas Stunting
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyerahkan bantuan sosial kepada tokoh masyarakat dan warga Kricak. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Wawali Yogyakarta Serahkan Bansos untuk Warga Kricak
Bantuan yang diserahkan merupakan bagian dukungan Baznas dalam penanganan Covid-19 yang dampaknya masih dirasakan masyarakat Klaten. (Foto: Humas Pemkab Klaten)

Peristiwa

Baznas Klaten Serahkan Bantuan Logistik Penanganan Covid-19
Mentan Syahrul Yasin Limpo kedua dari kiri dan Wabup Boyolali Wahyu Irawan batik merah menanam pohon Stroberi disela-sela kunjungan kerja di Desa Giriroto Kecamatan Ngemplak. (Foto: Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Ngemplak Jadi Percontohan Pertanian Pekarangan Rumah Tangga
Kegiatan vaksinasi yang difasilitasi Polres Klaten. (Foto: nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Polres Klaten Gelar Vaksinasi untuk 4.000 Warga
Mahasiswa Universita PGRI Semarang memproduksi cairan pembersih tangan yang diperuntukkan bagi masyarakat. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Mahasiswa UPGRIS Produksi Hand Sanitizer untuk Aksi Sosial
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen kembali donor darah plasma konvalesen. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Gus Yasin Apresiasi, Pendonor Plasma Konvalesen Meningkat