Home / News

Jumat, 24 Desember 2021 - 21:42 WIB

Nataru 2021/2022, Pemerintah Pastikan Penerapan Prokes Ketat dan Tes Acak

Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau arus lalu lintas di wilayah tempat wisata puncak, Bogor-Jawa Barat bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kepala Staf Umum TNI Letjen Eko Margiyono, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana serta Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Zamrides pada Kamis (23/12/2021). (Foto: Kemenhub)

Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau arus lalu lintas di wilayah tempat wisata puncak, Bogor-Jawa Barat bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kepala Staf Umum TNI Letjen Eko Margiyono, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana serta Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Zamrides pada Kamis (23/12/2021). (Foto: Kemenhub)

NYATANYA.COM, Jakarta – Pemerintah akan menerapkan pengecekan secara acak (random check) untuk memastikan pengendalian mobilitas dan pengetatan protokol kesehatan (prokes) diterapkan dengan baik di masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Adapun pengecekan acak tersebut di antaranya akan dilakukan di sejumlah titik menuju tempat-tempat wisata dan pusat perbelanjaan (Mall).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, masyarakat perlu waspada bahwa di masa libur Nataru ini akan ada sekitar 11 juta orang bepergian dan adanya varian baru Covid-19 (Omicron) yang sudah ada di Indonesia.

“Pesan utama pada Nataru ini yaitu pengetatan prokes. Kalau bisa di rumah saja itu lebih baik, tetapi kalau mau bepergian jarak jauh, harus vaksin dua kali dan tes antigen 1×24 jam,” kata Menhub saat meninjau arus lalu lintas di wilayah tempat wisata puncak, Bogor-Jawa Barat bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kepala Staf Umum TNI Letjen Eko Margiyono, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana serta Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Zamrides pada Kamis (23/12/2021).

Baca juga   Natal 2022 Jadi Momentum Kesadaran Objektif Beragama untuk Kenyamanan

Adapun Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy,.kembali mengingatkan masyarakat yang melakukan perjalanan jarak jauh di masa libur Nataru, agar sudah melakukan vaksin dosis lengkap dan melakukan tes antigen 1×24 jam, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, yang mana pada akhir tahun ini tingkat vaksinasi di seluruh Indonesia harus sudah 70 persen.

Baca juga   Catat! Minggu Depan Hajatan Tak Diizinkan

Sementara Kapolri Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan pos-pos pengamanan di sejumlah titik di masa libur Nataru, untuk memastikan pengawasan pengetatan prokes berjalan dengan baik di lapangan.

“Apa yang dilakukan ini dalam rangka mengantisipasi, karena usai libur Nataru tahun lalu terjadi kenaikan kasus Covid-19 sekitar dua setengah kali lipat,” ucap Kapolri.

Lebih lanjut Kapolri mengungkapkan, pada pos pengamanan disiapkan gerai vaksin yang bisa digunakan masyarakat untuk melakukan vaksinasi jika belum mendapatkan vaksin dosis lengkap. Selain itu, juga disiapkan tempat isolasi sementara, jika diketahui ada yang positif Covid-19.

“Di rest area juga telah disiapkan pos pengamanan, untuk melakukan pengecekan melalui aplikasi PeduliLindungi,” imbuh Kapolri.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (7/7/2022). Foto: Tangkapan Layar Video

News

PMK Menyebar di 21 Provinsi, Jumlahnya Mencapai 317.889 Kasus, Sembuh 106.925 Hewan
Kepala bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dislutkannak Batang Syam Manohara mengatakan, target awal yang menjadi sasaran vaksinasi adalah ternak khusus sapi perah, pembibitan yang ada di peternakan rakyat. Foto: MC Batang

News

Sapi Sehat Sasaran Utama Vaksin PMK di Kabupaten Batang
Dengan adanya peningkatan kapasitas PCR yang ada, pembatasan penumpang di Bandara Soetta sudah tidak diperlukan. (Foto: Dokumentasi Humas Kemenhub)

News

Kemenhub Hapus Pembatasan Penumpang Internasional di Bandara Soetta
Ganjar Pranowo. Foto: Humas Jateng

News

Ganjar Kembali Tegaskan Guru Tak Boleh Mem-“bully” Murid dengan Alasan Apapun
Presiden Joko Widodo berharap, sosok Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono dan Wakilnya Dhony Rahajoe diyakini punya kemampuan menarik para investor. (Foto: BPMI Setpres)

News

Presiden Berharap Dua Pejabat Baru IKN Mampu Menarik Banyak Investor
Menko PMK Muhadjir Effendy, mengatakan bahwa pemerintah belum membahas terkait aturan mudik lebaran pada 2022. Menko Muhadjir meminta masyarakat berjaga-jaga untuk segera melengkapi vaksin hingga dosis kedua bahkan booster. (Foto: Kemenko PMK)

News

Menko PMK: Belum Ada Pembahasan Aturan Mudik Lebaran
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 di DIY Tambah 2.089 Orang
Jaksa Agung Burhanuddin. (Foto: Dok.Puspenkum Kejagung)

News

Lantik 18 Kajati Baru, Jaksa Agung Minta Kedepankan Hati Nurani