Home / Peristiwa

Kamis, 1 September 2022 - 12:29 WIB

Ngaku Wadir Pertamina, Pria Asal Gresik Tipu Warga Blora Hingga Rp400 Juta

Polres Blora menggelar konferensi pers pelaku penipuan yang mengaku Wadir Pertamina. Foto: Dok.Polres Blora

Polres Blora menggelar konferensi pers pelaku penipuan yang mengaku Wadir Pertamina. Foto: Dok.Polres Blora

NYATANYA.COM, Blora – Unit Reskrim Polsek Cepu Polres Blora Polda Jawa Tengah berhasil mengamankan seorang pria yang mengaku sebagai Wakil Direktur (Wadir) Pertamina yang telah melakukan tindak pidana penipuan dengan kerugian korban mencapai 400 juta rupiah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Blora AKBP Fahrurozi,SIK,MM,MH melalui Kapolsek Cepu AKP Agus Budiana,SH saat menggelar konferensi pers di halaman belakang Mapolres Blora, Senin (29/8/2022).

Dengan didampingi oleh Kasi Humas Polres Blora AKP Budi Yuwono, dan Kanit Reskrim Polsek Cepu Ipda Budi Santoso,SH. Kapolsek AKP Agus Budiana mengungkapkan bahwa kasus penipuan tenaga kerja tersebut terjadi pada Sabtu (2/7/2022) lalu.

Adapun tempat kejadian perkara adalah di warung mie ayam dan bakso di jalan raya Cepu Randublatung tepatnya di desa Mulyorejo kecamatan Cepu Kabupaten Blora.

“Sebenarnya sudah terjadi pada satu bulan yang lalu yang terjadi pada hari Sabtu tanggal 2 Juli 2022. TKP warung mie ayam dan bakso di jalan raya Cepu Randublatung turut Desa Mulyorejo kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Dengan tersangka inisial K,” kata Kapolsek AKP Agus Budiana.

Baca juga   Demak Gencarkan Vaksinasi Usia 12 hingga 18 Tahun

Adapun tersangka K, Berasal dari kabupaten Gresik, Jawa Timur dan pada saat itu tinggal kos di kampung Sidoarjo kecamatan Cepu kabupaten Blora.

Kapolsek menjelaskan bahwa modus operandinya tersangka mengaku sebagai Wadir Pertamina dan menawarkan pekerjaan sebagai karyawan pertamina dengan meminta uang kisaran Rp2,5 juta sampai dengan Rp8,5 juta sebagai persyaratan masuk sebagai karyawan Pertamina.

Kepada petugas, tersangka mengaku telah beberapa kali melakukan tindak pidana penipuan. Selain di wilayah kecamatan Cepu ternyata juga melakukan aksi yang sama di wilayah kabupaten Grobogan Jawa Tengah dan di wilayah Kalimantan Selatan.

“Yang ada di Cepu 1 korban atas nama Siswanto mengalami kerugian sebanyak 5 juta rupiah. Ada korban lain TKP ada di wilayah kabupaten Grobogan sebanyak 47 orang kemudian ada juga di Kalimantan Selatan 10 orang dengan modus yang sama. Mengiming-imingi warga dijadikan karyawan pertamina dan mengaku sebagai wadir,” beber AKP Agus Budiana.

Baca juga   DPO Kerusuhan Babarsari Menyerahkan Diri, Satu Lagi Masih Dicari

Menurut data yang ada jumlah keseluruhan kerugian korban yang telah behasil ditipu oleh tersangka sekitar 400 juta rupiah.

Selain mengamankan tersangka, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa baju warna putih ada papan nama dengan inisial Agus, bertuliskan Wakil Direktur. Beserta satu sarana kendaraan yaitu sepeda motor.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku dijerat pasal 378 KUHP ancaman hukuman selama-lamanya 4 tahun penjara.

Kepada warga masyarakat, Mantan Kapolsek Blora kota ini berpesan agar tidak mudah percaya kepada orang asing apalagi yang meminta imbalan berupa uang ataupun barang berharga lainnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Wagub DIY sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 DIY, KGPAA Paku Alam X tinjau pelaksanaan vaksinasi di Rest Area SPBU Ambarketawang, Sleman. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Percepat Vaksinasi, Pemda DIY Jalin Kerjasama Banyak Pihak
Ilustrasi kedatangan vaksin untuk Indonesia. (Foto: InfoPublik)

Peristiwa

Tahap ke-137, Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia Malam Ini
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan gelar Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di kawasan Mandalika. (Foto: BRIN)

Peristiwa

Dukung MotoGP Mandalika, BRIN Lakukan Operasi Modifikasi Cuaca
Petanesia Kabupaten Batang memperkenalkan Desa Silurah sebagai wisata budaya kepada komunitas pecinta alam di seluruh Jawa Tengah dengan menggelar kegiatan doa bersama kepada pahlawan dan camping bersama. (Foto: MC Batang)

Peristiwa

Petanesia Batang Kenalkan Wisata Budaya Desa Silurah kepada Komunitas Pecinta Alam
Kedua tersangka pembunuhan wanita hamil di Gunungkidul. Foto: Ist

Peristiwa

Pelaku Pembunuhan Wanita Hamil di Gunungkidul Terancam Hukum Mati, Begini Faktanya
Kondisi bus pariwisata yang terguling (Foto:istimewa)

Peristiwa

Hendak Wisata ke Pantai, Bus Terguling, 7 Penumpang Luka
Pembagian ubarampe gunungan sebagai ganti upacara Garebeg digelar terbatas dan bertahap. (Foto:nyatanya.com/kratonjogja.id)

Peristiwa

Tetap Patuhi Prokes, Pembagian Ubarampe Gunungan Garebeg Besar Digelar Terbatas
(Foto: Kemenkes)

Peristiwa

Kasus Covid-19 Meningkat, Kemenkes Kembali Imbau Masyarakat Tegakkan Prokes