Home / Peristiwa

Sabtu, 31 Juli 2021 - 16:42 WIB

Ngemplak Jadi Percontohan Pertanian Pekarangan Rumah Tangga

Mentan Syahrul Yasin Limpo kedua dari kiri dan Wabup Boyolali Wahyu Irawan batik merah menanam pohon Stroberi disela-sela kunjungan kerja di Desa Giriroto Kecamatan Ngemplak. (Foto: Diskominfo Boyolali)

Mentan Syahrul Yasin Limpo kedua dari kiri dan Wabup Boyolali Wahyu Irawan batik merah menanam pohon Stroberi disela-sela kunjungan kerja di Desa Giriroto Kecamatan Ngemplak. (Foto: Diskominfo Boyolali)

NYATANYA.COM, Boyolali – Integrated Farming atau pertanian terintegrasi akan diterapkan di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Sistem yang akan diterapkan ini mendapat kunjungan dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) terkait program Korporasi Pertanian Melalui Pekarangan Rumah Tangga, Jumat (30/7/2021).

“Kita bertani itu sekarang ini dengan katakanlah kemajuan riset, sains dan teknologi, tidak harus dengan hamparan yang luas. Di pekarangan, di dua meter dari rumah pun bisa bertani,” ujar Mentan di lokasi kunjungan.

Dijelaskan SYL, pertanian memilik waktu panen yang berbeda-beda. Dengan negara yang beriklim tropis, dimana matahari bersinar sepanjang hari, maka akan memberikan kesempatan lebih bagi masyarakat untuk bertani.

“Jadi satu kecamatan ini akan ada percobaan atas perintah Bapak Presiden, untuk bagaimana memberikan ruang bagi masyarakat untuk disekitar rumahnya ada tambahan-tambahan pendapatan,” terangnya.

Baca juga   Pemkot Surakarta Gencarkan Bus Vaksinasi di Tiap Kelurahan

Diungkapan, untuk proses dari hulu hingga hilir ada dalam konsentrasi dan korporasi masyarakat yang ada di Kecamatan Ngemplak tersebut. Untuk itu akan ada pembenahan pada lembaga terkait. Sedangkan mengenai pemasarannya, SYL mengatakan, bahwa pasarnya harus jelas untuk produk-produk pertanian yang akan dihasilkan. Keterlibatan pemerintah dalam hal ini akan memberikan subsidi dalam kredit usaha rakyat (KUR) yang bisa digunakan untuk pengolahannya sehingga bisa dipasarkan.

Ditambahkan SYL, bahwa adanya sistem pertanian terintegrasi ini, akan membangkitkan perekonomian masyarakat dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

“Ini kan bukan hanya untuk dimakan, ini sekaligus lapangan kerja, ini sekaligus memperkuat ekonomi dasar yang ada di sini. Ini memperkuat pendekatan sosial,” kata Mentan.

Baca juga   Petani Kragilan Sukses Budi Daya Kentang Citra

Pada kesempatan ini, SYL melakukan penanaman secara simbolis, bibit pisang kepok tanjung dan stroberi. Selanjutnya diserahkan pula bantuan dari Kementerian Pertanian yang terdiri dari pengering (dryer) ultra violet, bibit pisang, CCTV, dan bibit sayuran hidroponik. Kemudian ada pula hand sprayer, cultivator, pompa air, benih padi, bibit jeruk, dan bibit kelapa genjah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali, Bambang Jiyanto mengatakan, program integrated farming Kementan ini adalah pertanian yang saling terintegrasi dari hulu sampai ke hilir dari berbagai komoditas dan dikelola oleh kelembagaan.

“Sehingga dari hulu sampai ke hilir itu nyambung. Dan secara ekonomi diharapkan punya bargaining position,” jelas Bambang. (*)

Share :

Baca Juga

Bantuan diserahkan secara langsung oleh Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek Nurtjahjo Walujo Wibowo kepada Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Kimia Farma Bantu Multivitamin untuk Nakes Solo
Polres Magelang terus melaksanakan Vaksinasi Merdeka Candi di beberapa lokasi. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Gencar Lakukan ‘Vaksinasi Merdeka Candi’
Doa lintas agama “Pray From Home” yang digelar Pemkot Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

‘Pray From Home’, Yogyakarta Panjatkan Doa Minta Perlindungan Hadapi Pandemi
Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyerahkan bantuan sembako kepada warga Banyubiru yang isoman. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Dana Desa Habis, 106 Warga Banyubiru Isoman
Selain terus memberikan edukasi akan pentingnya prokes, Pemkab Wonosobo juga memberikan bantuan sembako kepada warga masyarakat. (Foto: Humas Wonosobo)

Peristiwa

Pemkab Wonosobo Gencar Lakukan Edukasi Prokes Kepada Masyarakat
Bupati Grobogan Sri Sumarni saat melakukan monitoring pelaksanaan PPKM Darurat di Kecamatan Gubug. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Masyarakat Grobogan Jangan Putus Asa, Ada Apa?
Bupati Brebes, Idza Priyanti menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba. (Foto: Diskominfo Brebes)

Peristiwa

Pandemi Covid-19, Jangan Berhenti untuk Berkreasi
Walikota Surakarta meninjau pelaksanaan vaksinasi di Mall Solo Paragon. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Stok Melimpah, Surakarta Ngebut Vaksinasi