Home / Wisata

Minggu, 5 September 2021 - 08:23 WIB

Nikmatnya Kupat Tahu Dompleng yang Ikonik dan Melegenda

Seporsi Kupat Tahu Dompleng. (Foto: Agoes Jumianto)

Seporsi Kupat Tahu Dompleng. (Foto: Agoes Jumianto)

NYATANYA.COM, Magelang – Jika kita melewati Jalan Raya Blabak Magelang akan banyak dijumpai warung-warung kupat tahu yang memang sudah menjadi khas kuliner Magelang.

Dari puluhan warung kupat tahu di sepanjang Jalan Raya Blabak, ada satu yang bukan cuma laris jadi jujugan pelanggan, tetapi juga salah satu yang legendaris. Namanya Kupat Tahu Dompleng.

Meski cuma ‘dompleng’ yang dalam bahasa Jawa berarti menumpang, tapi jangan salah, warung kupat tahu ini sudah berdiri sejak 1965 dan tetap laris dan dikangeni pelanggan karena rasa dan kekhasannya yang ikonik.

Saking terkenalnya, menyebut kupat tahu Blabak sudah dipastikan merujuk pada warung kupat tahu satu ini, ya Kupat Tahu Dompleng.

Baca juga   Sinok dan Sinang 2021 Didorong Terlibat dalam Pembangunan di Kendal
Kupat Tahu Dompleng buka setiap hari pukul 11.00 WIB. (Foto: Agoes Jumianto)

Warungnya sendiri memang sederhana, dan tak luas, namun selalu penuh dipenuhi pelanggan. Baik mereka yang makan di tempat pun untuk dibawa pulang. Jadi memang musti bersabar jika ingin menikmati kupat tahu Dompleng.

Meski terkenal dan laris, Kupat Tahu Dompleng tidak jual mahal. Seporsi kupat tahu yang terdiri dari racikan tahu goreng, kobis dan tauge yang sudah direbus, dan taburan kacang goreng dan kuah kecap yang segar, plus taburan seledri dan bawang goreng, cuma dihargai Rp14 ribu per porsi. Atau bisa juga setengah porsi Rp11 ribu dan porsi jumbo cukup dengan Rp17 ribu.

Baca juga   Polres Magelang Gencar Lakukan 'Vaksinasi Merdeka Candi'

Salah satu pelanggan asal Yogyakarta, Lusiawati, mengaku kerap menikmati enaknya Kupat Tahu Dompleng ini. Lusiawati bahkan sengaja datang ke Blabak hanya untuk makan kupat tahu Dompleng.

“Dari dulu saya sudah sering kesini. Selain murah tapi juga enak sih,” ujar Lusiawati kepada nyatanya.com belum lama ini.

Bagi yang penasaran ingin mencicipi Kupat Tahu Dompleng, warung ini baru buka pukul 11.00 WIB sampai racikan habis. Jadi jangan sampai kepagian atau malah tak kebagian karena saking larisnya. (Aja)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Karimunjawa, Jumat (10/9/2021). Dengan pengembangan Bandara Dewandaru Ganjar berharap paket wisata segera dibuka.(Foto: Diskominfo Jateng)

Wisata

Ganjar Minta Wisata Karimunjawa Diujicobakan Terbatas
Objek wisata di Pekalongan membenahi sarana dan prasarana selama tutup PPKM. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Wisata

PPKM Level 4, Pengelola Wisata Pekalongan Benahi Sarana Prasarana
Pelaksanaan “Wisata Vaksin” di Taman Kyai Langgeng. (Foto:Humas Pemkot Magelang)

Wisata

Pemkot Magelang Gelar “Wisata Vaksin” di Taman Kyai Langgeng
Indahnya panorama air terjun Lepo di Dlingo, Bantul. (Foto:nyatanya.com/Pemkab Bantul)

Wisata

Air Terjun Ledok Pokoh Dlingo Tawarkan Kesegaran Alami
Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Uji Trail Pola Perjalanan Super Prioritas Borobudur. (Foto:nyatanya.com/media_twc)

Wisata

Borobudur Travel Pattern, Terobosan Baru Paket Wisata Edukatif
Foto:nyatanya.com/Twitter DAMRI Indonesia

Wisata

Ini Update Terbaru Layanan DAMRI Tujuan YIA
Warung sego kikil Mojosongo Jombang jadi ikon wisata kuliner. (Foto: Zainuri Arifin)

Wisata

Ajib Bangettt! Sego Kikil Mojosongo Jombang yang Bikin Ketagihan
Destinasi wisata Praon Cawan Argodadi Sedayu, jadi rintisan wisata budaya yang dikembangkan Pemkab Bantul. (Foto: Humas Bantul)

Wisata

Praon Cawan Sedayu, Jadi Rintisan Wisata Budaya