Home / Wisata

Minggu, 5 September 2021 - 08:23 WIB

Nikmatnya Kupat Tahu Dompleng yang Ikonik dan Melegenda

Seporsi Kupat Tahu Dompleng. (Foto: Agoes Jumianto)

Seporsi Kupat Tahu Dompleng. (Foto: Agoes Jumianto)

NYATANYA.COM, Magelang – Jika kita melewati Jalan Raya Blabak Magelang akan banyak dijumpai warung-warung kupat tahu yang memang sudah menjadi khas kuliner Magelang.

Dari puluhan warung kupat tahu di sepanjang Jalan Raya Blabak, ada satu yang bukan cuma laris jadi jujugan pelanggan, tetapi juga salah satu yang legendaris. Namanya Kupat Tahu Dompleng.

Meski cuma ‘dompleng’ yang dalam bahasa Jawa berarti menumpang, tapi jangan salah, warung kupat tahu ini sudah berdiri sejak 1965 dan tetap laris dan dikangeni pelanggan karena rasa dan kekhasannya yang ikonik.

Saking terkenalnya, menyebut kupat tahu Blabak sudah dipastikan merujuk pada warung kupat tahu satu ini, ya Kupat Tahu Dompleng.

Baca juga   Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Bertambah 75 Orang
Kupat Tahu Dompleng buka setiap hari pukul 11.00 WIB. (Foto: Agoes Jumianto)

Warungnya sendiri memang sederhana, dan tak luas, namun selalu penuh dipenuhi pelanggan. Baik mereka yang makan di tempat pun untuk dibawa pulang. Jadi memang musti bersabar jika ingin menikmati kupat tahu Dompleng.

Meski terkenal dan laris, Kupat Tahu Dompleng tidak jual mahal. Seporsi kupat tahu yang terdiri dari racikan tahu goreng, kobis dan tauge yang sudah direbus, dan taburan kacang goreng dan kuah kecap yang segar, plus taburan seledri dan bawang goreng, cuma dihargai Rp14 ribu per porsi. Atau bisa juga setengah porsi Rp11 ribu dan porsi jumbo cukup dengan Rp17 ribu.

Baca juga   Ratusan DTW Dibuka, Pemprov Jateng Bangkitkan Wisata Aman

Salah satu pelanggan asal Yogyakarta, Lusiawati, mengaku kerap menikmati enaknya Kupat Tahu Dompleng ini. Lusiawati bahkan sengaja datang ke Blabak hanya untuk makan kupat tahu Dompleng.

“Dari dulu saya sudah sering kesini. Selain murah tapi juga enak sih,” ujar Lusiawati kepada nyatanya.com belum lama ini.

Bagi yang penasaran ingin mencicipi Kupat Tahu Dompleng, warung ini baru buka pukul 11.00 WIB sampai racikan habis. Jadi jangan sampai kepagian atau malah tak kebagian karena saking larisnya. (Aja)

Share :

Baca Juga

Pemerintah memutuskan untuk membuka kembali pintu internasional menuju Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mulai 14 Oktober 2021 mendatang di mana turis mancanegara yang diperbolehkan masuk Bali hanya berasal dari lima negara yaitu Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, Uni Emirat Arab, dan Selandia Baru. (Foto:InfoPublik)

Wisata

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Dibuka, Wisman 5 Negara Ini yang Boleh Masuk
Penggunaan mobile crane pada wahana Ngopi in the Sky yang dihentikan oleh Pemda DIY turut menjadi perhatian Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno. Dirinya menaruh perhatian pada wahana tersebut dan mengaku cukup terkesan dengan kreativitas pengelolanya, namun demikian harus mengutamakan faktor keselamatan. (Foto: Humas Pemda DIY)

Wisata

Menparekraf Soal Wahana Ngopi in The Sky, Utamakan Keselamatan dan Sertifikasi CHSE
Jembatan Bantar, melalui aktivitas yang digerakkan Towil Fiets menjadi salah satu objek wisata sejarah yang menarik bagi wisatawan manca Negara. (Foto: Dokumentasi Towil Fiets)

Wisata

Jembatan Bantar, Saksi Sejarah yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan Manca Negara
Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara PT Gambaran Brand dengan Universitas Tidar (Untidar) di gedung Fakultas Teknik Untidar, Rabu (10/11/2021). Kerja sama itu menyepakati objek wisata Nepal Van Java menjadi wisata berbasis smart tourism. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Obwis Nepal Van Java akan Dikembangkan dengan Konsep Smart Tourism
Puncak Argapura, salah spot kuliner baru di sekitar Ketep Pass. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Inovatif dan Kreatif di Tengah Pandemi, Ini Sejumlah Daya Tarik Wisata Baru di Magelang
PT KAI terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanannya, seperti percepatan waktu tempuh, penyediaan layanan wifi gratis, dan penyediaan layanan Live Cooking di atas kereta api. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Inovasi Layanan KA Ikut Geliatkan Pariwisata Yogya
Ilustrasi Jembatan Kaca Seruni Point di KSPN Bromo-Tengger-Semeru. Foto: Dok. Kementerian PUPR

Wisata

Jembatan Kaca Seruni Point, Wisata Adrenalin Baru di KSPN Bromo
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Wisata

Foto: Liburan Idulfitri di Jakarta Aquarium dan Safari