Home / Wisata

Jumat, 1 April 2022 - 14:46 WIB

Nikmatnya Qejujuran, Camilan dari Keju Asli Juara Makanan Ringan Paling Enak se-Kabupaten Temanggung

Qejujuran, camilan berbahan dasar keju dalam bentuk elbow makaroni. (Foto: MC.TMG)

Qejujuran, camilan berbahan dasar keju dalam bentuk elbow makaroni. (Foto: MC.TMG)

NYATANYA.COM, Temanggung – Sensasi gurih dan nikmatnya keju yang renyah begitu terasa saat mencicipi Qejujuran, camilan berbahan dasar keju dalam bentuk elbow makaroni.

Tak heran, jika Qejujuran yang merupakan salah satu produk Vioci Bakery tersebut terpilih menjadi Juara Makanan Ringan Paling Enak dan Favorit se-Kabupaten Temanggung versi klaster Makanan Ringan Kabupaten Temanggung Tahun 2022 yang diadakan oleh Bappeda Kabupaten Temanggung pada Senin (28/3/2022) lalu.

Kegiatan tersebut, diikuti oleh 27 produsen dari 82 anggota klaster makanan ringan.

Yusuf Edi Nugroho, Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi, Sumber Daya Alam dan Infrastruktur, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung mengatakan, acara tersebut dibuat dalam rangka mendorong dan mengembangkan makanan ringan, khususnya makanan ringan khas Temanggung.

“Membangun optimisme para pengusaha makanan ringan menjadi sangat penting, karena di tengah kenaikan harga minyak goreng, elpiji, telor dan bahan pembuat makanan ringan lainnya sangat berpengaruh pada kegiatan industri makanan ringan. Acara tersebut juga dalam rangka menyambut bulan puasa dan lebaran yang pada tahun ini diperkirakan akan jauh lebih baik dari tahun sebelumnya,” jelasnya, Jumat (1/4/2022).

Baca juga   98 Persen Pekerja di Temanggung Sudah Divaksin

Yusuf menjelaskan, dalam kesempatan tersebut juga disampaikan peluang penjualan online dan kiat Bijak BErJualan Online (BEJO) yang disampaikan oleh narasumber Denden Sofiudin.

Selain itu, para produsen juga dibekali penyiapan SDM dalam transaksi dan penjualan secara online termasuk penjualan melalui marketplace yang menjadi bagian dari target percepatan transaksi digital.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa makanan ringan yang sehat dan berkualitas berkaitan dengan target pencegahan stunting dan obesitas di Kabupaten Temanggung.

Yusuf menambahkan, untuk menjaga kualitas pangan, keamanan, dan kesehatan pangan, Pemkab Temanggung juga memfasilitasi ijin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang bisa didaftarkan melalui Dinas Penanaman Modal.

Sutarto atau yang akrab dipanggil Tato Vioci (42), owner dari Vioci Bakery yang beralamat di Jalan MT Haryono 90A, Pandean, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung tersebut mengatakan, Qejujuran berangkat dari keprihatinannya bahwa kebanyakan makanan dibuat menyerupai rasa aslinya, bukan yang benar-benar berbahan dasar dari rasa yang diinginkan.

“Kalau Qejujuran ini benar-benar kita bikin camilan berbahan dasar keju, bukan rasa keju, tetapi memang bahan dasarnya dari keju, sesuai taglinenya, kejunya beneran jujur,” ungkapnya.

Baca juga   Desa Getas Jadi Role Model Kampung Pancasila di Kabupaten Temanggung

Diceritakannya, Tato memulai usaha sejak tahun 2017, dan membuka outlet di Pandean, Temanggung pada tahun 2017. Beberapa waktu yang lalu ia bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam klaster makanan ringan mengikuti lomba makanan ringan, dengan penilai antara lain dari dari Bappeda, dan anggota klaster tersebut dengan cara memberikan voting terhadap produk yang disukai dari masing-masing audiens, tak disangka produknya lah yang terpilih menjadi juara.

Tato berharap, kegiatan semacam itu bisa rutin diadakan, sehingga dapat membangun komunikasi sesama produsen makanan, update pengetahuan terlebih dapat meningkatkan penjualan.

“Diharapkan dengan kegiatan seperti itu UMKM, khususnya di Temanggung bisa naik kelas, lebih dikenal masyarakat dan lebih di hati, produknya juga makin bagus dan makin diterima masyarakat,” tandasnya.

Selain Qejujuran, Vioci Bakery juga menjual berbagai macam cookies dan hampers lebaran. Qejujuran kemasan Pouch 120 gr dijual seharga Rp21.000, untuk kemasan travel pack 245 gr seharga Rp39.000, dan kemasan family pack 500 gr Rp76.000.

(N1)

Share :

Baca Juga

Taj Yasin Maimoen saat memberi sambutan secara virtual pada Pertemuan Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab se-Jawa Tengah, dan Kompetensi Bahasa Arab Nasional ke-4 Tingkat Provinsi Jawa Tengah. (Foto: Humas Jateng)

Wisata

Kembangkan Wisata Halal, Gus Yasin Dorong SDM Kuasai Bahasa Arab
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Wisata

Sandiaga Uno: Pelaku Parekraf Harus Patuh PPKM Level 3 saat Libur Nataru
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyambut wisatawan mancanegara (wisman) pertama 2024 di Pelabuhan Bandar Bentan Telani, Bintan Kepulauan Riau (Kepri). (Foto: Dok Kemenparekraf)

Wisata

Menparekraf Sambut Wisman Pertama 2024 dari Singapura di Bintan
Bupati Semarang H Ngesti Nugraha menyapa seorang bocah yang ikut tampil pada penampilan tarian perdana Rawa Pening Performing Art 2021. (Foto: MC Kab Semarang)

Wisata

Rawa Pening Performing Art 2021, Momentum Kebangkitan Pariwisata
Para pengelola wisata Kecamatan Kledung yang tergabung dalam Forum Destinasi Wisata Kledung mengadakan kegiatan dengan tema “Kledung Pesona Wisata” di Rest Area Kledung, Minggu (20/3/2022). (Foto: MC TMG)

Wisata

Kledung Pesona Wisata Diharapkan Jadi Magnet Wisatawan
Desa Wisata Nglanggeran, Gunungkidul. (Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Wisata

Desa Wisata Nglanggeran Raih Best Tourism Village 2021 dari UNWTO
Nuryanto mendapatkan penghargaan Satya Lancana Kepariwisataan dari Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Konsisten Kelola Wisata Desa, Nuryanto Raih Satya Lancana Kepariwisataan
Pemkab Kulon Progo akan menggarap Glamour Camping sebagai upaya mengembangkan wisata Bukit Cubung. (Foto: MC Kab Kulon Progo/humas)

Wisata

Pemkab Kulon Progo Kembangkan Glamour Camping di Wisata Bukit Cubung