Home / Wisata

Jumat, 10 Desember 2021 - 22:16 WIB

Nyadran Desa Silurah, Tradisi Budaya Unggulan Kabupaten Batang

Nyadran Desa Silurah merupakan tradisi budaya unggulan di Kabupaten Batang. Tradisi ini selalu diperingati warga Desa Silurah setiap tanggal 10 Desember 2021 di Hutan Larangan. (Foto: MC Batang)

Nyadran Desa Silurah merupakan tradisi budaya unggulan di Kabupaten Batang. Tradisi ini selalu diperingati warga Desa Silurah setiap tanggal 10 Desember 2021 di Hutan Larangan. (Foto: MC Batang)

NYATANYA.COM, Batang – Nyadran Desa Silurah merupakan tradisi budaya unggulan di Kabupaten Batang. Tradisi ini selalu diperingati warga Desa Silurah setiap tanggal 10 Desember 2021 di Hutan Larangan.

“Bahwa tradisi Nyadran Desa Silurah pada tahun ini sedikit berbeda, tidak ada tamu dari luar desa atau luar kota yang datang karena masih masa Pandemi Covid-19 jadi yang mengikuti hanya warga setempat saja,” kata Kepala Desa Silurah Suroto saat ditemui usai acara tradisi Nyadran di Hutan Larangan Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jumat (10/12/2021).

Biasanya tradisi Nyadran Desa Silurah menjadi event budaya yang masuk pada program Visit Batang Year 2022 dan masuk kalender event tahunan yang berisi semua kegiatan dari komunitas dan masyarakat Kabupaten Batang.

Dijelaskannya, kegiatan Nyadran Desa Silurah pada tahun ini mengambil yang penting dan syakral saja seperti ider-ider malam hari yang merupakan kegiatan kepala desa dan perangkatnya keliling desa pada malam hari dengan membaca doa yang sudah ditentukan para sesepuh, tujuannya agar menolak bala dan ditekatkan rahmatnya Allah.

Baca juga   Tak Melulu Sains, Taman Pintar Suguhkan Pertunjukan Jathilan untuk Wisatawan

Kemudian, lanjut dia, pada paginya ada pemotongan kambing kendit yang bentuknya kambing hitam, tetapi di tengahnya ada warna putih dan kalau sudah matang nantinya dinikmati oleh para warga dengan iringan gending atau tembang Jawa.

Makna tradisi Nyadran Desa Silurah sangat luar biasa, tak salah jika tradisi itu terus dijaga dan menjadi salah satu budaya unggulan yang ada di Desa Silurah.

“Makanya kita usahakan diadakan terus setiap tahun meskipun masa Pandemi Covid-19 ini dan kita terus mengimbau para generasi Desa Silurah berikutnya agar tidak menghilangkan tradisi Nyadran Desa Silurah dengan perkembangan zaman sekarang,” jelasnya.

Baca juga   PWI Jateng Gelar Ajang Anugerah Pariwisata Jawa Tengah 2022 di Ketep Pass Magelang

Sementara itu, salah satu pegiat budaya dari Komunitas Batang Heritage MJA Nashir mengatakan, tradisi Nyadran Gunung Silurah ini memang harus terus dilestarikan sebagai kultur budaya yang dipegang teguh masyarakat Desa Silurah.

“Tradisi ini sudah dilakukan leluhur sejak Hindu, Budha kemudian Islam bisa dilihat juga dari peninggalan-peninggalan yang ada di Desa Silurah salah satunya Punden Perundak yang menjadi tembat ibadah lokal saat itu,” terangnya.

Desa Silurah memiliki beragam bukti sejarah dengan peninggalan arkeologis seperti prasasti, arca, dan struktur bangunan.

“Beberapa peninggalan memang belum di eskavasi dan sebenarnya itu luas sekali membuktikan ketika Agama Hindu, Budha berusaha menyesuaikan kepercayaan masyarakat setempat, waktu diteliti masih murni dan artinya ketika ada agama yang baru masuk menghormati yang masih ada dan ini bentuk spiritual kaitannya dengan gunung,” ujar dia.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meresmikan wisata Borobudur Edupark untuk wisata belajar tentang Candi Borobudur. (Foto: humas/beritamagelang)

Wisata

Edukasi Ragam Kekayaan Indonesia Ada di Borobudur Edupark
Masjid Soko Tunggal Tamansari. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Masjid Soko Tunggal yang Unik dan Sarat Filosofi di Tamansari
Pariwisata Indonesia tercatat naik dua peringkat ke ranking kedua dalam The Global Travel Muslim Index (GMTI) 2022. Foto: Dok Birkom Kemenparekraf

Wisata

Pariwisata Indonesia Naik ke Peringkat 2 dalam Global Travel Muslim Index
Wakil Bupati Danang Maharsa secara simbolis meluncurkan Calender of Event 2022 pariwisata Kabupaten Sleman di Ruas Bambu Nusa, Cangkringan, Sabtu (29/1/2022). (Foto: Humas Sleman)

Wisata

Pemkab Sleman Luncurkan Calender of Event 2022
Heroe Poerwadi saat menghadiri sosialisasi gerakan wisata sehat yang diadakan oleh Direktorat Informasi, Komunikasi, Perekonomian, Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, di kampung Notoprajan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Gerakan Wisata Sehat, Upaya Pulihkan Ekonomi Pariwisata Kota Yogya
Ilustrasi, hasil penataan Labuan Bajo (Dok. Kementerian PUPR)

Wisata

Jadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas, Labuan Bajo Terus Bersolek
Puluhan mahasiswa ISI Surakarta lakukan kunjungan kuliah di Museum Diorama Jogja. (Foto: Ist/Dok.ISI Surakarta)

Wisata

Puluhan Mahasiswa Fotografi ISI Surakarta Kunjungi Museum Diorama Jogja
Pawai Karnaval Budaya dalam rangkaian acara Festival Adat Budaya Nusantara II di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (10/12/2022). Foto: Diskominfo Jateng

Wisata

Pawai Karnaval Budaya Meriah, Indonesia “Tumplek-blek” di Borobudur