Home / Peristiwa

Minggu, 25 Juli 2021 - 10:32 WIB

OJK DIY Gelar Vaksinasi untuk 2.000 Mahasiswa UGM

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar OJK DIY di Gedung Grha Sabha Pramana UGM. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar OJK DIY di Gedung Grha Sabha Pramana UGM. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY di Gedung Grha Sabha Pramana UGM, Sabtu (24/7/2021).

Vaksinasi yang digelar selama 4 hari sejak 23-26 Juli 2021 ini menyasar target 2.000 orang. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan vaksinasi massal yang telah dilakukan sebelumnya pada bulan Juni sampai dengan Juli 2021.

Didampingi Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono dan Kepala OJK DIY, Parjiman, Sri Sultan juga berdialog dengan Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso yang hadir secara virtual.

Wimboh pada agenda tersebut menyampaikan ungkapan terima kasih atas kehadiran Ngarsa Dalem dalam kegiatan vaksinasi. Wimboh berharap, dikemudian hari akan semakin banyak institusi atau lembaga yang melakukan akselerasi program vaksinasi mengingat kasus kematian di DIY tergolong tinggi.

Baca juga   Banyak Jalan Disekat PPKM Darurat, TransJogja Berhenti Beroperasi

“Ini akan terus kita lakukan agar masyarakat memiliki kesempatan lebih cepat untuk divaksin sehingga membantu menciptakan herd imunity di wilayah DIY,” katanya.

Terkait dengan pernyataan Wimboh, Sri Sultan juga merasa sependapat. Menurut Sri Sultan, vaksinasi adalah sebuah upaya untuk menurunkan atau meminimalisir dampak yang ditimbulkan apabila seseorang terpapar Covid-19. Untuk itu, program vaksinasi harus terus diupayakan agar gejala yang timbul pada seseorang yang terpapar Covid-19 dapat ditekan.

“Salah satu cara untuk mengurangi korban yang meninggal akibat Covid 19 adalah vaksinasi, sehingga kita percepat pelaksanaannya. Masyarakat DIY saat ini lebih memilih melakukan isolasi mandiri daripada tinggal di shelter. Resikonya terlalu besar. Angka kematian akibat isolasi mandiri di Jogja paling tinggi sehingga kami berupaya mengurangi itu. Kami juga akan melakukan campaign agar masyarakat yang saat ini isolasi mandiri mau pindah ke shelter,” jelas Sri Sultan.

Baca juga   Pemkot Yogya Dukung Inovasi Sekolah Penggerak

Sri Sultan juga mengapresiasi inisiasi UGM yang menyediakan fasilitas karantina untuk pasien Covid-19. Hal tersebut disampaikan secara langsung kepada Rektor UGM, Panut Mulyono. Shelter ini tak hanya dapat diakses bagi civitas academica UGM saja melainkan juga masyarakat.

Rektor UGM Panut Mulyono, juga menyampaikan apresiasi atas inisiatif OJK untuk menyelenggarakan program vaksinasi.

“Pada kesempatan ini, OJK juga membuka kesempatan bagi civitas academica yang belum mendapatkan jatah vaksinasi untuk dapat berpartisipasi. Kolaborasi ini juga dibantu Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, Gadjah Mada Medical Center, dan Dinas Kesehatan Sleman. Targetnya ada 2.000 mahasiswa yang divaksin namun sepertinya akan ada perkembangan untuk menambah jatah vaksinnya sehingga bisa bertambah,” ujar Panut. (*)

Share :

Baca Juga

Masyarakat dari FAUIB melakukan audensi di Kemenag DIY terkait haji. FOTO: nyatanya.com/Prastyawan

Peristiwa

Soal Pembatalan Haji, Masyarakat dari Forum Aliansi Umat Islam Bersatu Audensi ke Kemenag DIY
Identifikasi varietas padi Sri Mulyo oleh Distan Pangan Kabupaten Magelang. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Setelah Punya Varitas Padi Mentik Wangi Susu, Kini Magelang Siapkan Varitas Unggulan Kedua
Penandatanganan serah terima hibah tanah Pemerintah Kota Salatiga dan IAIN Salatiga. (Foto:Diskominfo Salatiga)

Peristiwa

Pemkot Salatiga Terima Hibah Tanah dari IAIN Salatiga
Vaksinasi bagi pelaku seni budaya yang digelar Kundha Kabudayan Kulonprogo. (Foto: Humas Kulonprogo)

Peristiwa

Gencarkan Vaksinasi, Bangkitkan Sektor Seni dan Budaya di Kulonprogo
Usaha rumahan mie lethek tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Perajin Mie Lethek Tetap Eksis di Tengah Gempuran Pandemi
Para penyintas ini menjalani screening dan pengambilan sampel darah di PMI Temanggung, Kamis (12/8/2021). (Foto:Diskominfo Kab.Temanggung)

Peristiwa

PMI dan Relawan Gedor Lakon Jaring Pendonor Plasma Konvalesen
Pola penanganan jenazah Covid-19 tidak boleh dilakukan sembrono. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Jangan Sembrono! Jenazah Covid-19 itu Masih Infeksius
Wagub DIY sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 DIY, KGPAA Paku Alam X tinjau pelaksanaan vaksinasi di Rest Area SPBU Ambarketawang, Sleman. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Percepat Vaksinasi, Pemda DIY Jalin Kerjasama Banyak Pihak