Home / Peristiwa

Kamis, 30 September 2021 - 21:50 WIB

Olah Jambu Jadi Keripik, Antisipasi Turunnya Harga Saat Panen Raya

Mesin vacuum frying untuk mengolah jambu menjadi keripik. (Foto: Diskominfo Demak)

Mesin vacuum frying untuk mengolah jambu menjadi keripik. (Foto: Diskominfo Demak)

NYATANYA.COM, Demak – Untuk mengatasi merosotnya harga jambu air merah delima saat panen raya, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak berkerja sama dengan Aisyiyah akan memberikan pelatihan membuat keripik pascapanen.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Heri Wuryanta menyampaikan, buah jambu merah delima panen pada saat tertentu. Akibatnya, pada saat panen raya akan berdampak pada turunnya harga dan banyak jambu yang rusak, karena produksi yang melimpah.

Untuk itu, pihaknya akan menggelar pelatihan dengan mengoptimalkan hasil panen buah petani yang melimpah, untuk diolah menjadi keripik dengan menggunakan proses vacuum frying (bertekanan rendah).

Baca juga   Bupati Etik Serahkan Bantuan untuk Anak Yatim Covid-19

Menurutnya, teknik penggorengan dengan vacuum frying lebih sehat dibandingkan dengan menggoreng dengan cara biasa. Pasalnya, gizi yang ada di dalam makanan lebih tinggi, karena tidak terserap minyak.

“Dengan suhu dan tekanan yang rendah, lemak yang terserap dari minyak saat penggorengan menjadi berkurang sehingga nutrisi di dalam makanan tetap terjaga,” terangnya, Kamis (30/9/2021).

Kepala Seksi Usaha dan Pemasaran Bidang Holtikultura, Agus Kurniawan mengatakan, kegiatan pelatihan pascapanen akan diadakan setiap tahunnya.

“Memang kegiatan ini kami adakan setiap tahun, untuk komoditas (buah) unggulan Demak yaitu jambu air dan belimbing. Namun tidak menutup kemungkinan komoditas lain juga ada,” ujarnya.

Baca juga   Kampung Pesona Pujatim Raih Juara I Lomba Kampung Juara 2021

Dijelaskan, untuk peserta pelatihan dipilih berdasarkan pengajuan dari kelompok wanita tani atau organisasi masyarakat. Lebih lanjut, Agus mengatakan, pihaknya juga akan memberikan bantuan mesin vacuum frying kepada Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Demak sebanyak satu unit.

Pihaknya berharap, bantuan mesin yang diberikan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk pengembangan usaha.

“Kita juga mengupayakan membantu pemasaran hasil produk tersebut nantinya. Harapannya, kelompok yang telah diberikan bantuan dapat terus berkembang dan dapat membantu kelompok yang lain,” pungkas Agus. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono meninjau pembangunan jembatan Plipiran. (Foto:nyatanya.com/Humas Banjarnegara)

Peristiwa

Persingkat Jarak ke Wisata Dieng, Pembangunan Jembatan Plipiran Dikebut
Bupati Batang Wihaji mencukur rambut di dalah satu warga yang disambanginya. (Foto: MC Batang)

Peristiwa

Tilik Warga, Bupati Batang Cukur Rambut Bayar Rp2 Juta
Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat mengikuti rakor bersama Marinves RI, Luhut Binsar Panjaitan. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Sragen Terapkan PPKM Level 3, Pembatasan Tetap Dilakukan
Rumah sakit di Temanggung gotong royong jaga ketersediaan oksigen. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Rumah Sakit di Temanggung Gotong Royong Sediakan Oksigen
Bupati Grobogan Sri Sumarni saat melakukan monitoring pelaksanaan PPKM Darurat di Kecamatan Gubug. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Masyarakat Grobogan Jangan Putus Asa, Ada Apa?
Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengunjungi sejumlah warga yang tengah menjalani isolasi mandiri. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Kunjungi Warga Isoman, Bupati Karanganyar Bagikan Jamu
Cakupan vaksinasi Covid-19 di Pekalongan telah mencapai 105.664 orang. Jumlah tersebut setara dengan 44,44 persen populasi sasaran. (Foto:Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Vaksinasi di Pekalongan Lampaui 40 Persen
Acara pembukaan TMMD Reguler Ke-111. (Foto:nyatanya.com/Penrem072/Pmk)

Peristiwa

TMMD Reguler Ke-111 Kodim 0734/Kota Yogyakarta Resmi Dibuka Walikota