Home / Plus

Senin, 26 September 2022 - 21:29 WIB

Olimpiade Pancasila, Tumbuhkan Nasionalisme Berbangsa dan Bernegara

Olimpiade Pancasila kembali diselenggarakan di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul, Senin (26/9/2022). Foto: Humas Pemkab Bantul

Olimpiade Pancasila kembali diselenggarakan di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul, Senin (26/9/2022). Foto: Humas Pemkab Bantul

NYATANYA.COM, Bantul – Olimpiade Pancasila kembali diselenggarakan di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul, Senin (26/9/2022).

Agenda tahunan yang diikuti oleh siswa dari 31 sekolah setingkat SMA, SMK, dan MA se-Kabupaten Bantul diharapkan tak hanya menjadi perlombaan monoton belaka, namun juga harus bisa menumbuhkan nasionalisme dalam berbangsa dan bernegara.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul, Stephanus Heru Wismantara menyampaikan Olimpiade Pancasila ini juga salah satu bentuk revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda. Sebab, banyak kalangan menilai Pancasila sebagai falsafah negara semakin terlupakan.

Baca juga   Bupati Bantul Salurkan Sembako bagi Disabilitas di Kapanewon Srandakan

“Pancasila sebagai falsafah negara semakin terlupakan. Selain itu, wawasan kebangsaan, nasionalisme, maupun patriotisme juga kian hari kian menipis. Untuk itu diperlukan upaya untuk membumikan Pancasila pada generasi muda,” ujar Heru.

Tujuan lain terselenggaranya olimpiade Pancasila adalah agar bagaimana nilai-nilai Pancasila yang telah berusia 77 tahun dapat bertahan dan diaktualisasikan di era modern. Hal ini cukup penting agar Pancasila tetap teguh dan tidak tergeser oleh ideologi lain.

Baca juga   Pentas Ketoprak 'Jaga Warga' Polres Bantul, Sampaikan Pesan Kamtibmas Melalui Seni dan Budaya

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo berpesan kepada seluruh peserta olimpiade agar kompetisi ini harus mampu mengubah perilaku dalam mengedepankan nasionalisme.

Sebab, olimpiade Pancasila bisa dikatakan sebagai kuliah terbuka untuk memupuk cinta tanah air.

“Tujuan dasar dari Pancasila itu adalah menyejahterakan rakyat. Untuk itu nilai-nilai Pancasila harus mampu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi jangan sampai berhenti di olimpiade saja. Harapannya, setelah olimpiade, nilai-nilai yang diterapkan dirasakan betul oleh masyarakat,” papar Joko.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Kampung panca tertib Notoprajan Kelurahan Notoprajan Kemantren Ngampilan melakukan panen sayur hasil pemanfaatan lahan kosong, Selasa (11/1/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Panen Sayur Kampung Notoprajan Penuhi Kebutuhan Gizi Warga
Dirjen Aptika Kominfo Semuel A Pangerapan. Foto: Livestream YouTube

Plus

Sampai Batas Akhir Perpanjangan, Ratusan Sistem Elektronik Belum Didaftarkan ke Kominfo
Anggota kelompok Lilin Kecil Club foto bersama ibu-ibu usai pelatihan. (Foto: Agoes Jumianto)

Plus

Begini Cara ‘Lilin Kecil Club’ Berbagi di Tengah Pandemi
Doni Blero dan salah satu koleksinya. (Foto: Agoes Jumianto)

Plus

Kolektor dan Kolekdol, Hobi yang Bikin Doni Blero Raup Cuan
Mahasiswa Angkatan 2022 DKV ISI Surakarta menggelar pameran Checkpoint sebagai ajang unjuk karya tugas mata kuliah. Foto: Dok. ISI Surakarta

Plus

Mahasiswa Angkatan 2022 DKV ISI Surakarta Gelar Pameran Checkpoint
Mayor Inf Sanyoto. (Foto: Istimewa)

Plus

Mayor Inf Sanyoto: Saya Salut Dedikasi Pengabdiannya Sembuhkan Buta Warna Lewat Klinik Banyu Urip
BSM Rental membuka cabang ketiganya di Yogyakarta. (Foto: Kolase/Agoes Jumianto)

Plus

Buka Cabang Ketiga di Jogja, BSM Rental Siap Kolaborasi Bangun Industri Kreatif Multimedia
Foto: Dok.DKV ISI Surakarta

Plus

Lima Mahasiswa DKV ISI Surakarta Lolos Kompetisi P2MW 2022 Kemendikbudristek