Home / News

Minggu, 12 Juni 2022 - 13:05 WIB

Otoritas Swiss Bantu Pemulangan Jenazah Putra Sulung Gubernur Jabar

Rencananya, jenazah Eril akan dimakamkan di lahan keluarga besar Ridwan Kamil yang terletak di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Foto: ANTARA

Rencananya, jenazah Eril akan dimakamkan di lahan keluarga besar Ridwan Kamil yang terletak di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Foto: ANTARA

NYATANYA.COM, Jakarta – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengatakan otoritas Swiss membantu percepatan dalam pemulangan jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, ke Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI,Judha Nugraha, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (11/6/2022).

Eril meninggal dunia karena terseret arus air ketika berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022.

Bantuan dalam pemulangan jenazah Eril antara lain diberikan oleh Pengadilan Kanton Bern, Swiss, yang telah mempercepat proses penetapan keputusan serah terima jenazah, sesuai prosedur hukum yang berlaku.

“Kemudian otoritas setempat juga membantu proses percepatan penerbitan death certificate yang menjadi dasar bagi KBRI Bern untuk menerbitkan surat keterangan kematian,” kata Judha.

Selain itu, Judha menyebut dukungan pemerintah, kepolisian, dan otoritas terkait di Swiss juga sangat besar terutama selama proses pencarian jenazah Eril yang sempat dinyatakan hilang sebelum kemudian ditemukan pada Rabu (8/6/2022) lalu.

Baca juga   Hoaks! Mahkamah Internasional Larang Prabowo-Gibran Jadi Presiden

“Semuanya membantu melakukan pencarian dan fasilitasi bagi pihak keluarga, mulai dari pencarian sampai proses repatriasi ke Indonesia,” ujar Judha.

Untuk proses repatriasi, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern telah melakukan beberapa langkah yang diperlukan antara lain melakukan pengurusan keputusan Pengadilan Kanton Bern untuk izin serah terima jenazah dan melakukan pengurusan death certificate dengan otoritas setempat.

Selanjutnya, KBRI Bern menerbitkan surat keterangan kematian, melakukan pemulasaraan jenazah sesuai dengan syariat Islam, dan melakukan pemandian jenazah sesuai dengan standar penerbangan.

KBRI Bern juga menugaskan pejabat konsuler untuk mendampingi Ridwan Kamil dan keluarga, serta memastikan kelancaran selama penerbangan jenazah dari Swiss ke Indonesia.

Baca juga   Mata Uang Digital Jadi Isu Hangat di Finance Track G20

“Sesuai arahan Presiden (Joko Widodo) dan Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi), maka KBRI Bern dan Kemlu terus berusaha membantu semaksimal mungkin—mulai dari pencarian sampai pemulangan jenazah ke Tanah Air,” tutur Judha.

Jenazah Eril dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, pada Minggu (12/6/2022) pukul 15.45 WIB, setelah penerbangan dari Bandara Zurich, Swiss, pada Sabtu pukul 10.10 waktu setempat (15.10 WIB).

Rencananya, jenazah Eril akan dimakamkan di lahan keluarga besar Ridwan Kamil yang terletak di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Lahan keluarga itu merupakan lokasi yang rencananya bakal dibangun Islamic Center oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sejak tahun 2019. Lokasinya berada di Jalan Raya Pangalengan, sekitar lima kilometer dari Alun-Alun Banjaran.

(EB/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ilustrasi Foto: ANTARA

News

Cadangan Devisa Indonesia Capai 135,6 Miliar Dolar AS
Menko Polhukam Mahfud MD, meminta pihak Kepolisian Republik Indonesia segera menyelidiki pernyataan kontrovesial Pendeta Saifudin Ibrahim, karena bikin gaduh, meresahkan dan provokasi untuk mengadu domba antarumat beragama. (Foto: Tayangan Kanal Youtube Kemenko Polhukam)

News

Bikin Gaduh, Menko Polhukam Minta Polisi Selidiki Pernyataan Pendeta Saifudin Ibrahim
Foto: Istimewa

News

Momentum Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Perkuat Persatuan Bangsa
Hotel Safira, Jalan Gatot Subroto Magelang jadi tempat isolasi pasien positif Covid-19.(Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

News

Kasus Corona Melonjak, Magelang Tambah Kamar Isolasi
Tak lagi PCR, test Antigen kini menjadi syarat yang berlaku bagi perjalanan udara. (Foto: ANTARA/Feny Selly)

News

Aturan Baru Perjalanan Udara Cukup Antigen, Ini Penjelasan Lengkapnya
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat menghadiri peluncuran Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali Menuju Bali Era Baru: Hijau, Tangguh, dan Sejahtera serta Master Plan Pengembangan Kawasan Pariwisata Ulapan di Denpasar, Bali, Jumat (3/12/2021). Peta jalan tersebut disusun berdasarkan Visi Indonesia 2045 dan kearifan lokal Bali yang menjabarkan strategi dan rencana aksi pemulihan ekonomi jangka pendek dan strategi Transformasi Ekonomi Bali dalam jangka menengah-panjang serta mengakomodasi perubahan kehidupan pasca Covid-19 untuk menata kembali perekonomian Bali dengan prinsip memanfaatkan sumber daya lokal baik alam, manusia, maupun budaya secara berkelanjutan. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/tom)

News

Indonesia Masuk Lima Negara yang Berhasil Kendalikan Pandemi Covid-19
Ilustrasi: nyatanya.com

News

BNPT dan Jepang Bahas Penanggulangan Terorisme di Media Sosial
Foto: BPMI Setpres

News

Presiden Anugerahkan Bintang Bhayangkara Naraya kepada Tiga Anggota Polri