Home / Peristiwa

Selasa, 6 September 2022 - 22:16 WIB

OTT di Lapas Banyuwangi Gagalkan Penyelundupan Narkoba, Tiga Orang Diamankan

Rencana penyelundupan narkoba di Lapas Banyuwangi diungkap petugas. Foto: selalu.id

Rencana penyelundupan narkoba di Lapas Banyuwangi diungkap petugas. Foto: selalu.id

NYATANYA.COM, Banyuwangi – Lapas Kelas IIA Banyuwangi kembali menggagalkan upaya penyelundupan narkoba. Petugas berhasil melakukan operasi tangkap tangan (OTT), Senin (5/9/2022) sekira pukul 15.00 WIB.

Seorang kurir yang akan mengirimkan paket sabu ke dalam Lapas ini diamankan setelah tertangkap tangan akan menyelundupkan sabu di dalam sebuah bungkus rokok.

Narkoba itu rencananya dimasukkan dengan cara dititipkan kepada salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berinisial S.

Kakanwil Kemenkumham Jatim, Zaeroji mengungkapkan bahwa terbongkarnya upaya penyelundupan ini berawal saat petugas melakukan kegiatan penggeledahan rutin.

“Saat petugas menggeledah sarana asimilasi sekitar pukul 14.00 WIB, ditemukan ponsel yang disimpan di dalam loker,” ucap Zaeroji dikutip dari selalu.id.

Dari hasil penangkapan, ditemukan sebuah paket yang diduga narkotika jenis sabu yang diselipkan dengan rapi dalam bungkus rokok dengan berat 0,7 gram. Foto: selalu.id

Setelah ditelisik, ternyata ponsel tersebut milik S. Pria berusia 26 itu adalah salah seorang warga binaan dengan perkara perlindungan anak yang dalam keseharian memang mengikuti program asimilasi di area tersebut.

Baca juga   Sempat Surut, Banjir Kepung Enam Kecamatan di Kabupaten Pasuruan

Dari hasil pengembangan dan pemeriksaan, dalam ponsel tersebut ditemukan sebuah percakapan bahwa akan ada kiriman narkoba yang akan diselundupkan ke dalam Lapas.

“Petugas lantas berkoordinasi dengan Satresnarkoba Polresta Banyuwangi untuk bersama-sama mengungkap upaya penyelundupan yang akan dilakukan,” kata Zaeroji.

Petugas pun merencanakan operasi tangkap tangan. Bak gayung bersambut, sekitar 30 menit kemudian, seorang pria berinisial RP mendatangi S di sarana asimilasi dengan mengendarai sepeda motor.

Dengan dibantu anggota dari Satresnarkoba Polresta Banyuwangi, petugas berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku.

“Dari hasil penangkapan, ditemukan sebuah paket yang diduga narkotika jenis sabu yang diselipkan dengan rapi dalam bungkus rokok dengan berat 0,7 gram,” terang Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto.

Petugas lalu mengamankan S dan RP untuk dimintai keterangan lebih lanjut. RP tak dapat mengelak dan mengakui bahwa barang terlarang tersebut rencananya akan dikirimkan kepada WBP lain dengan inisial DP.

Baca juga   Lima KK dari Kecamatan Randublatung Blora Tak Bisa Berangkat Transmigrasi, Karena Alasan Ini

“DP saat ini yang menjalani pembinaan di Lapas Banyuwangi dengan perkara penyalahgunaan narkotika,” tutur Wahyu.

Petugas menggeledah kamar DP dan mengamankan sebuah ponsel yang digunakan pria 30 tahun untuk memesan barang haram tersebut.

Saat ini, baik S maupun DP mendapatkan sanksi khusus. Keduanya ditempatkan di straft sel. Sedangkan RP diamankan ke Polresta Banyuwangi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Wahyu menegaskan bahwa pihaknya telah menyerahkan kasus ini kepada Satresnarkoba Polresta Banyuwangi untuk dilakukan pengembangan.

“Kami siap bersinergi dengan polri. Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk memberantas peredaran gelap narkoba di dalam lapas,” pungkas Wahyu.

(SL1/N1)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo saat melakukan sidak di wilayah Banjarnegara, menyatakan akan segera membangun jembatan penghubung Desa Jebenplampitan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo dengan Desa Larangan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, yang rusak akibat diterjang banjir pada akhir 2021 lalu. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Tertunda Bupati di-OTT KPK, Ganjar Segera Bangun Jembatan Jebenplampitan yang Rusak Diterjang Banjir
Para tersangka kejahatan seksual terhadap anak yang dibekuk Polda DIY. Foto: Instagram @humasjogja

Peristiwa

Kejahatan Seksual pada Anak Dibongkar Polda DIY, Ortu Wajib Awasi Penggunaan HP
Banjir dan longsor yang menerjang Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (21/10/2022). Foto: BPBD Kabupaten Ponorogo

Peristiwa

Banjir dan Longsor Hantam Kabupaten Ponorogo Pasca Hujan Lebat Seharian
Festival Siji-siji Dadi Nyawiji. Foto: Humas Pemkot Yogya

Peristiwa

Unjuk Potensi Kemantren Mergangsan Lewat Festival Siji-Siji Dadi Nyawiji
Hujan dengan intensitas tinggi serta buruknya sistem drainase menyebabkan banjir di wilayah Kabupaten Labuhan Batu Utara, Provinsi Sumatera Utara pada Rabu (20/4/2022). Foto: BPBD Kab.Labuhan Batu Utara

Peristiwa

9 Rumah Masih Tergenang Banjir di Labuhan Batu Utara, BNPB Lakukan Evakuasi
Polisi mendatangi lokasi motor dicuri saat pemilik sedang bekerja di sawah. (Foto: Dok.Polres Kulon Progo)

Peristiwa

Hati-hati Lur, Dalam Sehari 2 Motor Hilang Dicuri di Kulon Progo
Briptu RDW yang dinas di Polres Jombang akhirnya meninggal dunia usai dibakar hidup-hidup oleh isterinya yang juga seorang Polwan Briptu FN, yang dinas aktif di Polres Kota Mojokerto (Foto: istimewa)

Peristiwa

KDRT Dipicu Persoalan Ekonomi, Briptu FN Bakar Hidup-Hidup Briptu RDW
Ganjar Pranowo mengunjungi makam jurnalis yang menyebarkan kabar kemerdekaan Indonesia kepada dunia dengan sandi morse. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Ganjar Ziarah ke Makam Soegiarin, Jurnalis yang Viralkan Kemerdekaan Indonesia