Home / News

Selasa, 26 Maret 2024 - 17:04 WIB

Outlet Penukaran Uang Kas Keliling Dibuka di Alun-Alun Sewandanan Pakualaman, Ini Jadwalnya

Gusti Putri Paku Alam foto bersama pimpinan Bank peserta pelayanan Serambi. (Foto: Teguh)

Gusti Putri Paku Alam foto bersama pimpinan Bank peserta pelayanan Serambi. (Foto: Teguh)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Permintaan uang kertas baru meningkat tajam menjelang hari Lebaran. Banyak jasa penukaran uang kertas bermunculan di beberapa ruas jalan.

Untuk lebih memberikan layanan cepat bagi masyarakat, loket penukaran uang kas keliling bertajuk Serambi atau Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah IdulFitri.

Gusti Putri Paku Alam Resmikan outlet Penukaran Uang Kas Keliling Serambi di Alun-Alun Sewandanan Pakualaman Yogyakarta, Senin (25/3/2024).

Peresmian yang ditandai secara simbolis pelayanan penukaran uang kepada Gusti Putri begitu permaisuri Paku Alam X biasa disapa, digelar oleh Bank Indonesia dengan menggandeng sejumlah bank yang ada di Yogyakarta dengan membuka kas paket layanan penukaran keliling.

Menurut Gusti Putri kegiatan ini sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan uang pecahan yang baru untuk persiapan lebaran.

Selain lokasinya lebih dekat masyarakat dapat menjangkau fasilitas pelayanan yang dibutuhkan dari sejumlah bank yang ada.

“Ini sangat menyenangkan penukaran lebih dekat dengan masyarakat. Mengingat pada waktu lebaran banyak yang membutuhkan uang pecahan baru untuk keluarga maupun diberikan kepada orang lain,” ucap Gusti Putri.

Baca juga   Bangunan Terminal Gondangrejo Memprihatinkan, Kanopi Jebol dan Puluhan Kios MangkrakĀ 

Lebih lanjut menurut perempuan pecinta batik tulis ini, selain masyarakat dapat menukar uang pecahan dengan yang baru dalam layanan ini juga bisa menarik sejumlah uang dengan transaksi melalui aplikasi digital.

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY, Ibrahim mengungkapkan, Serambi paket layanan penukaran kas keliling bersama ini berlangsung selama enam hari dimulai pada Senin (25/3/2024) dan berakhir pada Selasa (2/4/2024) pada hari Jumat dan Sabtu tidak membuka loket penukaran.

Ada pun jadwal lengkapnya Senin (25/3/2024), Selasa (26/3/2024), Rabu (27/3/2024), Kamis (28/3/2024), Senin (1/4/2024) dan Selasa (2/4/2024).

Pelayanan penukaran di mulai pukul 09.00 dengan membuka 5 loket pelayan yang masing masing loket hanya dibatasi 100 orang.

“Setiap orang bisa menukar uang pecahan baru di salah satu kas penukaran sesuai pilihan dengan batasan empat juta rupiah,” tutur Ibrahim kepada sejumlah awak media.

Ada pun sejumlah bank yang akan melayani diantaranya BRI, BTN, BNI, BPD DIY, Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia, Bank Mantab.

Baca juga   Masjid Soko Tunggal yang Unik dan Sarat Filosofi di Tamansari

Paket layanan penukaran kas keliling Serambi yang memajang motto Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah ini mendapat sambutan dan animo yang besar dari masyarakat.

Terbukti sebelum acara dimulai mereka telah antri secara tertib di lokasi.

“Pendaftaran bisa dilakukan lewat aplikasi penukaran dan tarik uang rupiah atau Pintar pada websete//pintar.bi.go.id/ tetapi bisa juga langsung datang kemudian mendaftar.”

“Tentunya juga harus menunggu pelayanan yang sudah mendaftar lewat aplikasi selesai, baru kita layani,” tandas Ibrahim.

Selain sejumlah kerabat Kadipaten Pakualaman tampak hadir juga Santosa Rohmad Direktur Utama BPD DIY, John Sarjono Pimpinan Wilayah BRI DIY, Arjuna Kinasih Putra Pimpinan Cabang BTN.

Muhammad Nuzuar Branch Manager Bank Syariah Indonesia, Evi Martuani Vice President Bank Mandiri, Irene Yuliatri Branch Manager Bank Mantab, Ariyanto Soewondo Geni Pimpinan Wilayah BNI dan Agus Triyono Pimpinan Cabang BNI. (N1)

Share :

Baca Juga

Logo Provinsi Jawa Tengah. (Ilustrasi: nyatanya.com)

News

‘Gedor Lakon’, Gerakan Donor Plasma Konvalesen di Jawa Tengah
Ilustrasi. Selamatkan Indonesia, karya Jadud Sumarno (2020). Kartun ini dimuat dalam buku "Indonesia Melawan Corona ala Kartunis" yang diterbitkan Graha Ilmu bersama Federasi Kartunis Indonesia (Pakarti), Cetakan I - 2020.

News

Update Covid-19 Per 22 Juni 2022: Kasus Baru Bertambah 1.985, Meninggal 2 Orang
Presiden Joko Widodo resmi menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah, dan Dana Desa Tahun 2022 di Istana Negara, Senin (29/11/2021). (Foto: BPMI Setpres)

News

Ini Enam Fokus Kebijakan Pemerintah pada 2022
Talkshow Pembukaan Pekan HUT ke-265 Kota Yogya, di Pedestrian Jalan Jenderal Sudirman. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Tanggap Tanggon Tuwuh, Tema HUT Ke-265 Kota Yogya yang Penuh dengan Doa, Harapan, dan Optimisme
Sarasehan Bank Sampah di Pendopo Kridokaryo Kemantren Gondomanan, Senin (14/11/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Zero Sampah Anorganik, Tahun 2023 Pemkot Yogya Wajibkan Tiap KK Jadi Nasabah Bank Sampah
Pekerja melakukan bongkar muat Vaksin Covid-19 AstraZeneca dari pesawat Japan Airlines setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (15/1/2022) pukul 23.59 Wib. (Foto: Infopublik/Taofiq Rauf)

News

Vaksin AstraZeneca Donasi Jepang Sebanyak 448.000 Dosis Kembali Mendarat di Bandara Soetta
Wahyudi Kurniawan, Caleg DPRD Kabupaten Sleman dengan perolehan suara tertinggi se-DIY. (Foto: Ning Sih)

News

Pecahkan Rekor, Ketua Askab PSSI Sleman Wahyudi Kurniawan Raih Suara Tertinggi DPRD Sleman Pemilu 2024
Foto: Airnav Indonesia

News

Penerbangan di Surabaya dan Malang Berjalan Normal, Tak Terdampak Erupsi Semeru