Home / Peristiwa

Jumat, 14 Juli 2023 - 15:04 WIB

PaKuda KBIHU Aisyiyah Wakafkan 11 Kursi Roda

Prosesi penyerahan wakaf kursi roda dan bantuan uang dari PaKuDa KBIHU Aisyiyah Gunungkidul kepada PCIM Arab Saudi. (Foto: istimewa)

Prosesi penyerahan wakaf kursi roda dan bantuan uang dari PaKuDa KBIHU Aisyiyah Gunungkidul kepada PCIM Arab Saudi. (Foto: istimewa)

NYATANYA.COM, Gunungkidul – Pasukan Kursi Roda (PaKuDa) Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Aisyiyah Gunungkidul mewakafkan 11 kursi roda agar bisa digunakan jemaah haji yang memerlukan.

Prosesi penyerahan wakaf kursi roda tersebut secara simbolis diserahkan oleh perwakilan pengurus PaKuda KBIHU Aisyiyah Gunungkidul kepada Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Arab Saudi.

Selain wakaf 11 kursi roda, PaKuDa KBIHU Aisyiyah Gunungkidul juga menyerahkan bantuan wujud uang dalam suatu acara bertajuk Tasyakuran dan Evaluasi Ibadah Haji di Arab Saudi, baru-baru ini.

Salah satu perwakilan PCIM Arab Saudi, Chorul Ahyan mengatakan, merasa sangat bahagia dengan adanya wakaf kursi roda dan bantuan uang tersebut.

“PCIM Arab Saudi akan tetap berkhidmat dalam memberikan layanan ibadah haji kepada warga Muhammadiyah khususnya maupun warga umumnya yang sedang melaksanakan ibadah haji,” ungkapnya.

Adapun amanah wakaf kursi roda akan dimanfaatkan semaksimal atau sebaik mungkin. Sedangkan bantuan wujud uang, nantinya akan digunakan untuk pengadaan atau pembelian kursi roda lagi.

Baca juga   Kwarda Jateng Peringati Hari Pramuka secara Virtual

Dalam kesempatan tersebut, Alfis KH sebagai kordinator lapangan melaporkan, bahwa PaKuDa telah memberikan layanan kursi roda saat pelaksanaan umroh wajib sabanyak 48 jamaah. Lalu untuk thawaf ifadhah dan sai telah memberikan layanan kepada 56 jemaah.

Selain itu PaKuDa tidak sekedar mendorong kursi roda, namun, juga memberikan bimbingan doa. Dengan demikian, jemaah haji terutama lansia khususnya maupun jemaah haji lain yang harus menggunakan kursi roda dapat terlayani dengan baik, merasa nyaman serta lancar menyelesaikan rangkaian ibadah haji.

“Kursi roda dan uang yang kami amanahkan kepada PCIM Arab Saudi terutama berasal dari para jemaah, baik yang kami bantu untuk didorong kursi rodanya maupun jemaah haji umumnya,” papar Alfis.

Baca juga   Polisi Kantongi Identitas Pelaku Klitih di Jalan Gedongkuning

Sementara itu inisiator PaKuDa KBIHU Aisyiyah Gunungkidul, Faizuz Sa’bani mengatakan, terbentuknya PaKuDa secara mendadak tersebut benar-benar hidayah dari Allah SWT.

“Kami merasa terpanggil dengan penuh keikhlasan untuk membantu jemaah yang sangat memerlukan bantuan dalam melaksanakan ibadah hajinya,” terangnya.

Apalagi jemaah yang dibantu, lanjutnya, tidak hanya yang tergabung dalam KBIHU Aisyiyah maupun warga Muhammadiyah saja. Namun, siapa saja tanpa perlu mempertanyakan asal-usul, golongan maupun  organisasinya terlebih dahulu.

“Karena prinsip kami sesuai dengan prinsip Muhammadiyah, yaitu berusaha migunani untuk umat. Semoga juga yang telah kami lakukan bagian dari jalan menuju kemabruran haji bagi segenap jemaah haji,” tandasnya.

Ditegaskan pula, bahwa keberadaan PaKuDa KBIHU Aisyiyah Gunungkidul bagian dari usaha ikut mendukung suksesnya pelaksanaan ibadah haji tahun ini dengan tagline, Haji Ramah Lansia.(*)

Share :

Baca Juga

Labfor Polda Jatim tengah memeriksa konsisi selucuran Waterpark, Kenjeran Surabaya. (Foto: Ist/selalu.id)

Peristiwa

Tim Labfor Polda Jatim Periksa Ambrolnya Seluncuran Kenpark, Apa Temuannya?
PT PLN memperkirakan perbaikan kerusakan akibat kebakaran di areal PLTU Teluk Sirih Padang, Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (8/1/2022), membutuhkan waktu sekitar 25 hari. (Foto: ANTARA)

Peristiwa

PLN Butuh Waktu 25 Hari Perbaiki PLTU Teluk Sirih yang Terbakar
Pelaku curanmor RB digelandang petugas. Pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP juncto Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. (Foto: Dok.Polres Kulon Progo)

Peristiwa

Curi Motor di Kulon Progo, Warga Temanggung Ditangkap di Banjarnegara
Acara pembukaan TMMD Reguler Ke-111. (Foto:nyatanya.com/Penrem072/Pmk)

Peristiwa

TMMD Reguler Ke-111 Kodim 0734/Kota Yogyakarta Resmi Dibuka Walikota
Foto/gambar (ilustrasi)

Peristiwa

Positif Pakai Sabu, Kasatres Narkoba Polres Blitar Dimutasi
Penghimpunan zakat aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah (Baznas) Jateng sepanjang 2021 tembus Rp57 miliar. Selain untuk pengentasan kemiskinan, hasil zakat juga digunakan untuk rehab pondok pesantren, masjid, madrasah, serta beasiswa. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Tembus Rp57 Miliar, Zakat ASN Pemprov Jateng untuk Entaskan Kemiskinan
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat kunjungi Bazar Produk Pertanian Tarubudaya. Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Kunjungi Bazar Pangan Tarubudaya, Ganjar: Alternatif Masyarakat Beli Sembako
Paripurna ke-4 DPRD Surakarta menyetujui seluruh Raperda Kotamadya Dati II Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Surakarta)

Peristiwa

Paripurna ke-4 DPRD, Seluruh Fraksi Menerima dan Menyetujui Raperda Kota Surakarta