Home / News

Kamis, 13 Januari 2022 - 15:59 WIB

Palsukan Tandatangan Dukungan, Warga Kalipakel Kretek Bantul Emoh Punya Pemimpin Hasil Curang

Pengacara dari Bayonet Law Office bakal mendampingi warga untuk menempuh jalur hukum  (Foto: MZ Arifin

Pengacara dari Bayonet Law Office bakal mendampingi warga untuk menempuh jalur hukum (Foto: MZ Arifin

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Hasil proses pemilihan Kepala Dukuh di Dusun Kalipakel, Donotirto, Kretek, Bantul  Desember 2021 lalu dengan terpilihnya Doni Muntohar, saat ini menimbulkan konflik. Kuat dugaan dalam proses pendaftaran, seleksi hingga pemilihan terdapat kecurangan. Salah satu yang paling santer adalah terjadinya pemalsuan tandatangan warga guna memuluskan langkah terpilih menjadi Dukuh Kalipakel. Hal ini seperti dipaparkan sejumlah warga setempat. 

Terkait hal tersebut, masyarakat Kalipakel melalui pengacara Bayonet Law Office, Prajaka Sindung Jaya SH, Septian Krisna SH dan Critian SH menjelaskan, bahwa pihaknya menerima kuasa dari masyarakat yang tergabung dalam Forum Kalipakel Jejeg untuk melakukan pendampingan serta penyelesaian terkait konflik tersebut dengan memediasi Lurah Donotirto, panitia pemilihan Kepala Dukuh dan masyarakat setempat.

“Telah terjadi pelanggaran demokrasi  dalam proses pemilihan Kepala Dukuh di Kalipakel Donotirto. Dimana ada calon yang melakukan pemalsuan tandatangan warga sebagai wujud dukungan guna menjadi syarat turut pemilihan dan terpilih sebagai Kepala Dukuh. Karena warga menuntut akibat pemalsuan tandatangan tersebut, maka kami memberikan pendampingan,” terang Sindung SH, Kamis (13/1/2022).

Baca juga   Aturan Baru Perjalanan Udara Cukup Antigen, Ini Penjelasan Lengkapnya

Dijelaskannya pula, saat ditemui Lurah Donotirto Jurahimi tidak menampik  dan membenarkan adanya dugaan pemalsuan tandatangan dukungan yang dilakukan oleh calon Dukuh. Modusnya dengan meminjam KTP warga dengan alasan untuk dukungan  daftar di Kaur Pangripto.

“Sehingga, warga yang merasa dipalsukan akan menempuh jalur hukum. Dan kami akan mengawal dan mendampingi dalam permasalahan ini,” sambung Sindung. 

Ditambahkannya, ada beberapa pelanggaran lain dalam proses pemilihan itu selain pemalsuan tandatangan. Diantaranya adalah pembubaran panitia seleksi sebelum pelantikan Kepala Dukuh Kalipakel yang sedianya dilaksanakan pada awal Februari 2022 mendatang.

Baca juga   Gunung Merapi Erupsi, Meluncur ke Arah Kali Bebeng

“Kami sudah menemui Lurah Jurahimi, selaku pembentuk panitia seleksi. Dan beliau berjanji akan mengambil langkah-langkah untuk menemukan solusi dan penyelesaiannya,” urainya.

Sementara, salah tokoh masyarakat setempat yang enngan disebut namanya mengatakan, bahwa dugaan kuat pemalsuan tandatangan dukungan pencalonan seleksi Kepala Dukuh dinilainya telah mencederai rasa keadlian, kejujuran sekaligus semngat demokrasi. Diungkapkannya bahwa masyarakat Kalipakel, Donotirto, Kretek, Bantul enggan memiliki pemimpin yang menang hasil dari curang dan culas. 

“Jika hingga pekan depan perangkat kelurahan belum mampu memberikan solusi terbaik atas konflik ini, maka tidak akan salah dan dirinya tidak mampu membendung warga yang bakal menggelar aksi unjukrasa di Kantor Kelurahan,” tandasnya. (N2).

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

News

Presiden Ajak Negara Asia dan Eropa Atasi Kesenjangan Akses Vaksin Covid-19
Pemerintah kembali melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 hingga 4 Oktober 2021 di Kota Yogyakarta. Sejumlah ruas jalan juga masih ditutup. (Foto: Agoes Jumianto)

News

PPKM Kembali Diperpanjang, Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal
Tim Penegakan Hukum Kabupaten Demak intensif lakukan operasi peredaran rokok ilegal. (Foto: Diskominfo Demak)

News

Ribuan Rokok Bodong Ditemukan di Kecamatan Gajah
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat diseminasi UMK Yogyakarta tahun 2022, di Hotel Heritage Sagan, Senin (6/12//2021). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Walikota Yogya Imbau Perusahaan Terapkan Aturan Upah Minimum 2022
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Tekan Angka Kematian Covid-19, DIY Tambah Nakes Pendamping Pasien Isoman
(Biro Humas Kementerian Kominfo)

News

Dua Startup Indonesia Raih Penghargaan G20 Innovation League 2021
Ganjar Pranowo. (Foto:Humas Jateng)

News

90 Siswa SMP Terpapar Covid-19, Ganjar Minta Sekolah yang Belum Siap PTM untuk Jujur
Ilustrasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mempercepat pembangunan infrastruktur pengendali banjir Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, untuk mendukung DPSP Borobudur. (Foto: Dok.Kementerian PUPR)

News

Ini Dua Langkah Jitu Pemerintah Atasi Banjir di Bandara YIA