Home / News

Kamis, 13 Januari 2022 - 15:59 WIB

Palsukan Tandatangan Dukungan, Warga Kalipakel Kretek Bantul Emoh Punya Pemimpin Hasil Curang

Pengacara dari Bayonet Law Office bakal mendampingi warga untuk menempuh jalur hukum  (Foto: MZ Arifin

Pengacara dari Bayonet Law Office bakal mendampingi warga untuk menempuh jalur hukum (Foto: MZ Arifin

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Hasil proses pemilihan Kepala Dukuh di Dusun Kalipakel, Donotirto, Kretek, Bantul  Desember 2021 lalu dengan terpilihnya Doni Muntohar, saat ini menimbulkan konflik. Kuat dugaan dalam proses pendaftaran, seleksi hingga pemilihan terdapat kecurangan. Salah satu yang paling santer adalah terjadinya pemalsuan tandatangan warga guna memuluskan langkah terpilih menjadi Dukuh Kalipakel. Hal ini seperti dipaparkan sejumlah warga setempat. 

Terkait hal tersebut, masyarakat Kalipakel melalui pengacara Bayonet Law Office, Prajaka Sindung Jaya SH, Septian Krisna SH dan Critian SH menjelaskan, bahwa pihaknya menerima kuasa dari masyarakat yang tergabung dalam Forum Kalipakel Jejeg untuk melakukan pendampingan serta penyelesaian terkait konflik tersebut dengan memediasi Lurah Donotirto, panitia pemilihan Kepala Dukuh dan masyarakat setempat.

“Telah terjadi pelanggaran demokrasi  dalam proses pemilihan Kepala Dukuh di Kalipakel Donotirto. Dimana ada calon yang melakukan pemalsuan tandatangan warga sebagai wujud dukungan guna menjadi syarat turut pemilihan dan terpilih sebagai Kepala Dukuh. Karena warga menuntut akibat pemalsuan tandatangan tersebut, maka kami memberikan pendampingan,” terang Sindung SH, Kamis (13/1/2022).

Baca juga   Kemenkumham: Dua Perusahaan Daftarkan Citayam Fashion Week

Dijelaskannya pula, saat ditemui Lurah Donotirto Jurahimi tidak menampik  dan membenarkan adanya dugaan pemalsuan tandatangan dukungan yang dilakukan oleh calon Dukuh. Modusnya dengan meminjam KTP warga dengan alasan untuk dukungan  daftar di Kaur Pangripto.

“Sehingga, warga yang merasa dipalsukan akan menempuh jalur hukum. Dan kami akan mengawal dan mendampingi dalam permasalahan ini,” sambung Sindung. 

Ditambahkannya, ada beberapa pelanggaran lain dalam proses pemilihan itu selain pemalsuan tandatangan. Diantaranya adalah pembubaran panitia seleksi sebelum pelantikan Kepala Dukuh Kalipakel yang sedianya dilaksanakan pada awal Februari 2022 mendatang.

Baca juga   Ikutan yuk, Bakti Mas Jo Donor Darah Peringati HUT Pemkot Yogya

“Kami sudah menemui Lurah Jurahimi, selaku pembentuk panitia seleksi. Dan beliau berjanji akan mengambil langkah-langkah untuk menemukan solusi dan penyelesaiannya,” urainya.

Sementara, salah tokoh masyarakat setempat yang enngan disebut namanya mengatakan, bahwa dugaan kuat pemalsuan tandatangan dukungan pencalonan seleksi Kepala Dukuh dinilainya telah mencederai rasa keadlian, kejujuran sekaligus semngat demokrasi. Diungkapkannya bahwa masyarakat Kalipakel, Donotirto, Kretek, Bantul enggan memiliki pemimpin yang menang hasil dari curang dan culas. 

“Jika hingga pekan depan perangkat kelurahan belum mampu memberikan solusi terbaik atas konflik ini, maka tidak akan salah dan dirinya tidak mampu membendung warga yang bakal menggelar aksi unjukrasa di Kantor Kelurahan,” tandasnya. (N2).

Share :

Baca Juga

BMKG melakukan road show pengecekan kesiapan instrumen peringatan dini gempa bumi dan tsunami di DIY dan Jawa Tengah. (Foto: BMKG)

News

BMKG Cek Kesiapan Instrumen Peringatan Dini Gempa dan Tsunami di Selatan Jawa, Ada Apa Ya?
Wagub DIY KGPAA Paku Alam X melepas para jemaah haji, Rabu (8/6/2022) di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Foto: Humas Pemda DIY

News

Dilepas Wagub Paku Alam X, DIY Berangkatkan 1.445 Jemaah Haji 2022
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Istimewa)

News

Cegah Lonjakan Covid-19, Pekan Depan Pemerintah Terbitkan Aturan Mudik
Pembagian masker oleh BPBD Kabupaten Magelang pasca hujan abu vulkanik Gunung Merapi. (Foto:humas/beritamagelang)

News

BPBD Magelang Antisipasi Dampak Hujan Abu Vulkanik Merapi
Heroe Poerwadi saat meninjau vaksinasi Covid-19 warga Kelurahan Tegalrejo di SMPN 7 Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

News

Pemkot Gencarkan Penyisiran Data, 111.000 Warga NIK Yogya Belum Divaksin

News

Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa DIY Hingga Libur Lebaran 2022
Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Gubernur Jawa Timur melepas kloter pertama calon jemaah haji Jawa Timur. Foto: Ist/selalu.id

News

Wapres Ma’ruf Amin Lepas Keberangkatan Calon Jemaah Haji Kloter Pertama Jatim
Telkom menempati peringkat #299 dari 750 perusahaan terpilih yang berasal dari seluruh dunia dan beragam sektor industri, dalam Forbes 2021 World’s Best Employer. (Foto: Dokumentasi/MC Diskominfo Prov Jatim)

News

Satu-satunya dari Indonesia, Telkom Masuk Forbes 2021 World’s Best Employer