Home / Panggung

Kamis, 11 November 2021 - 07:39 WIB

Pameran 100 Tahun Umar Ismail Digelar di Padang

Pemeran yang digelar dalam rangka merayakan Hari Pahlawan 2021 ini sekaligus penganugerahan Usmar Ismail sebagai pahlawan nasional. (MC Padang/April/)

Pemeran yang digelar dalam rangka merayakan Hari Pahlawan 2021 ini sekaligus penganugerahan Usmar Ismail sebagai pahlawan nasional. (MC Padang/April/)

NYATANYA.COM, Padang – Sako Academy menggelar Pameran 100 Tahun Pahlawan Usmar Ismail, dari Rabu (10/11/2021) sampai Jumat (10/12/2021) di Segeh Koffiehuis Kota Padang.

Pemeran yang digelar dalam rangka merayakan Hari Pahlawan 2021 ini sekaligus penganugerahan Usmar Ismail sebagai pahlawan nasional.

Direktur Saco Academy Arief Malinmudo mengatakan, Pameran 100 tahun Usmar Ismail pernah digelar di Bukittinggi, tepat saat usia almarhum 100 tahun pada 20 Maret 2021 lalu.

“Senang sekali bisa melanjutkan pameran 100 tahun Usmar Ismail di Kota Padang. Sekarang tepat di hari negara secara resmi menganugerahkan gelar Pahlawanan Nasional untuk almarhum Haji Usmar Ismail,” ujar Arief.

Baca juga   Pameran Seni Rupa "Kita Adalah Wayang" Digelar di Bandara YIA

Arief mengatakan pameran kembali digelar di Kota Padang karena Usmar Ismail pernah menghabiskan masa remajanya bersekolah MULO di kota ini.

“Di kota inilah hobi menonton film Usmar tersalurkan, tak dapat disangkal mungkin dari sini juga benang-benang imaginasinya mulai terajut,” ujar Arief dalam keterangan resminya, Kamis (11/11/2021).

Usmar Ismail lahir di Bukittinggi pada 20 Maret 1921. Usmar telah mencatatkan kiprah besarnya untuk bangsa ini.

Baca juga   FKY Mereka Rekam, Menelusuri Jejak Gamelan di Yogyakarta

Film pertama yang disutradarainya “Darah dan Doa” diproduksi pada 1950 merupakan film nasional pertama.

Hari pengambilan gambar pertama film ini pada 30 Maret 1950, dijadikan para insan film sebagai Hari Film Nasional. Usmar diangkat jadi Bapak Perfilman Nasional.

Materi Pameran 100 Tahun Usmar Ismail ini dikuratori sineas Riri Riza, Arief Malinmudo dan Lisabana Rahman.

Pameran ini berkolaborasi dengan Rumata, Rumata, SEAScreen Academy, Kinosaurus, Kineforum DKJ serta didukung Bank Nagari dan Semen Padang.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Salah satu kartun karya Agoes Jumianto yang dipamerkan. (nyatanya.com/Dokumentasi)

Panggung

13 Kartunis Indonesia Kembali Ikuti Pameran Kartun HAM di Malaysia
Sidik Martowidjojo dan lukisannya berjudul "Alam Luas", ukuran 141 x 603 cm dengan media cat air di atas kertas.(Foto: agoes jumianto)

Panggung

Pelukis Sidik Martowidjojo Gelar Pameran Tunggal di Pit Mabuk Art Venue
Cerita fabel yang tersirat di relief Candi Sojiwan dipentaskan apik dalam lakon Babad Sojiwana bertempat di komplek Candi Sojiwan, Prambanan, Klaten pada Sabtu (27/11/21) malam. (Foto: Diskominfo Klaten)

Panggung

Mengunggah Pitutur Relief Candi Sojiwan Lewat Pentas Babad Sojiwana
Temu media Ngayogjazz 2021 di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center, Senin (15/11/2021). (Foto: Agoes Jumianto)

Panggung

Usung Tema “Tetep Ngejazz Lan Waspada”, Ini Agenda Lengkap Ngayogjazz 2021
Happy Asmara. (Foto: Instagram happy_asmara77)

Panggung

Happy Asmara, Artis Top YouTube Minggu Ini
Lukisan karya Chryshnanda Dwilaksana berjudul "Bulan di atas Borobudur". (Foto: dokumentasi pribadi)

Panggung

Ekspressionisme Ala Chryshnanda Dwilaksana
WaiWai World Fair sempat dihentikan selama masa pandemi. Namun, pada 2021 ini kembali digelar di depan sepanjang kantor wali kota Shizuoka. Di acara ini tim seni budaya Indonesia ikut ambil bagian. (Foto: Kemendikbudristek)

Panggung

Tampil di WWF 2021, Tim Seni Budaya Indonesia Pukau Warga Shizuoka
(Foto: Dokumentasi Prambanan Jazz 2021)

Panggung

Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival 2021