Home / Panggung

Sabtu, 9 Desember 2023 - 19:59 WIB

Pameran Seni dan Perfomance Pakar Jiwa 2023 Sukses Digelar di Pendhapa Art Space

Pameran Pakar Jiwa 2023 di Pendhapa Art Space yang digelar HIMA Psikologi UNY, 8-9 Desember 2023. (Foto: Agoes Jumianto)

Pameran Pakar Jiwa 2023 di Pendhapa Art Space yang digelar HIMA Psikologi UNY, 8-9 Desember 2023. (Foto: Agoes Jumianto)

NYATANYA.COM, Bantul – Pakar Jiwa merupakan sebuah acara yang diadakan oleh HIMA Psikologi UNY. Digelar di Pendhapa Art Space (PAS) 8 – 9 Desember 2023.

Acara tahunan ini diadakan dengan mengangkat konsep serupa yaitu pameran dan penampilan seni dari mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Tema Pakar Jiwa 2023 adalah The Self, yang diambil dari teori The Self milik Carl Jung: Map of the Soul. Dalam teori tersebut, Jung menyebutkan bahwa kepribadian manusia terdiri dari beberapa lapisan.

Lapisan paling luar adalah persona, yaitu bagian diri yang ditunjukkan kepada orang lain. Persona merupakan wajah publik dari setiap manusia sebatas pada apa yang orang lain pahami dari kita.

Lapisan berikutnya adalah Shadow, yaitu lapisan gelap yang disembunyikan dari orang lain. Pada lapisan ini, tersimpan trauma, kesedihan, kesalahan, kemarahan, dan depresi dalam diri kita.

Baca juga   Pameran 'Roman Sculpture in Color' di PAS, Pajang 37 Karya Patung dan Seni Instalasi

Lapisan terakhir adalah Self yang merupakan bagian inti dari kepribadian manusia. Self ditunjukkan dengan manusia yang cenderung bertumbuh untuk memahami dirinya yang sesungguhnya.

Pakar Jiwa 2023 beraspirasi untuk mengungkapkan Self yang merupakan bagian inti dari kepribadian manusia.

Rangkaian acara dalam Pakar Jiwa 2023 akan menampilkan beberapa karya seni mahasiswa dari berbagai jurusan di Universitas Negeri Yogyakarta.

Selain karya seni, Pakar Jiwa 2023 akan menampilkan penampilan seni dari ekstrakulikuler Psikologi UNY, seperti gamelan, teater, musik kreatif dan lain-lain.

Berbicara mengenai performance, Pakar Jiwa 2023 kehadiran seorang salah satu penyanyi solois bernama Tyok Satrio, salah satu peserta ajang X Factor Indonesia 2021.

Salah satu lagunya yaitu ‘Ada Untukmu’ sudah ia rilis sekitar 2 tahun lalu di YouTube. Setelah namanya tenar, lagu tersebut sudah ditonton lebih 10 juta kali.

Kedatangan Tyok Satrio ini sebagai salah satu talent Pakar Jiwa 2023 ini harapannya menjadi keseruan tersendiri dalam rangkaian acara Pakar Jiwa 2023.

Baca juga   FSRD ISI Surakarta Gelar Pameran Karya Tugas Akhir di Galeri Seni Kampus Mojosongo

Direktur PAS Ganes Satya Aji mengatakan, Pendhapa Art Space (PAS) adalah sebuah masterpiece berupa ruang seni yang didirikan oleh Dunadi (pematung) di Yogyakarta, menyediakan fasilitas untuk penyelenggaraan kegiatan seni dan budaya bagi para seniman dan masyarakat.

Selain memiliki ruang galeri pameran seni dan ruang pertunjukan, PAS memiliki ruang latihan, alat musik gamelan, fasilitas panggung terbuka, kegiatan pengalaman berkesenian, dan taman patung untuk pesta kebun.

PAS juga dilengkapi fasilitas PAS Podjok Coffee & Eatery dan PAS Limasan Homestay (Rumah Tradisional Jawa) untuk mendukung seluruh kegiatan. PAS merupakan destinasi wisata seni yang lengkap.

Pengunjung bisa menginap, sekaligus berkarya membuat karya seni, melihat pertunjukan seni, menikmati pameran lukisan dan patung, bahkan berdiskusi dengan para seniman. (N1)

Share :

Baca Juga

Drakor "18 Again" tayang di NET TV mulai 15 Juni 2022, setiap hari, pukul 18.00 WIB. Foto: Ist/NET TV

Panggung

NET TV Hadirkan Drakor Romantis 18 Again, Sarat Momen Mengharukan Mulai Tanggal Ini
Karya Mella Jaarsma. (Foto:Biennale Jogja XVI)

Panggung

Digelar Hybrid, Biennale Jogja XVI Equator #6 Resmi Dibuka
Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XIII secara resmi ditutup, Minggu (26/6/2022) malam di Jogja Expo Center (JEC). Foto: Ist

Panggung

Juara Umum Pesparawi XIII, Sumatera Utara Bawa Pulang Piala Presiden
Happy Asmara dan penghargaan Penyanyi Ambyar Wanita Terbaik. (Foto: Instagram @happy_asmara77)

Panggung

Happy Asmara Penyanyi Ambyar Wanita Terbaik dan Pemenang Lengkap Ambyar Award 2021
Meriahnya Kudus Fashion Art di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Foto: Kominfo Kudus

Panggung

Digelar Meriah, Bupati Hartopo pun Terpukau Kreativitas Kudus Fashion Art
Para wadyabala Seduluran Dangdhut Lawas saat temu kangen. Foto: Dok.SDL

Panggung

Seduluran Dangdhut Lawas Gelar Temu Kangen dan Silaturahmi
Dari Kiri: Aji Wartono (Founder Jazz Syuhada), Budhi Hermanto (Direktur Jazz Syuhada), Supardi (Lurah Kotabaru), Rendra Agusta (Ketua Pelaksana Jazz Syuhada) dan Frater Agustinus Daryanto (Orang Muda Katolik) dalam jumpa pers. Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Jazz Syuhada 2022 Digelar Besok Lusa di Kotabaru, Merajut Keberagaman Inklusif Lewat Musik
Grace dan karyanya berjudul 'Peace'. (Foto: dokumentasi pribadi)

Panggung

Pasangan Perupa Grace dan Dedok, Wakili Indonesia di Pameran Pertukaran Seni Internasional ke-20 Jepang