Home / Panggung

Rabu, 20 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Pameran Seni Rupa “Kita Adalah Wayang” Digelar di Bandara YIA

Pameran seni rupa wayang bertajuk

Pameran seni rupa wayang bertajuk "Kita adalah Wayang" diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Wayang Nasional yang jatuh pada 7 November. (Foto: Angkasa Pura 1)

NYATANYA.COM, Kulon Progo – PT Angkasa Pura/AP 1 (Persero) menggelar pentas seni dan pameran seni rupa wayang di lingkungan Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo (YIA).

Pagelaran tersebut dalam rangka mewujudkan komitmen perusahaan untuk mengembangkan kesenian, budaya, dan pariwisata daerah seiring dengan pengembangan bisnis perusahaan.

Direktur Utama AP 1, Faik Fahmi menjelaskan, pameran seni rupa wayang bertajuk “Kita Adalah Wayang” itu diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Wayang Nasional yang jatuh pada 7 November.

Pameran ini merupakan hasil kolaborasi 22 seniman lokal di Yogyakarta yang dimulai sejak 15 Oktober hingga 5 November 2021. Selain itu, YIA juga menyelenggarakan Pentas Seni Budaya pada 16 Oktober hingga 7 November 2021 yang dilaksanakan tiap Sabtu dan Minggu dengan menampilkan berbagai pertunjukkan tari dan musik.

Baca juga   Kineidoscope 2022, Event Gelaran MM Kine Klub UMY yang Tak Sekadar Nonton Film
Pentas seni budaya YIA berkolaborasi dengan sekitar 56 desa budaya di lima kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto: Angkasa Pura 1)

“Dalam menjalankan bisnis, AP 1 senantiasa melibatkan dan turut mengembangkan budaya dan pariwisata daerah. Upaya tersebut disambut baik oleh para stakeholder sektor budaya dan pariwisata daerah dengan menjadikan bandara, khususnya Bandara Internasional Yogyakarta, sebagai ruang kreasi dan promosi seni, budaya, dan wisata daerah, khususnya Yogyakarta. Penyelenggaraan pameran seni rupa wayang dan pentas seni di YIA ini tentunya tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan,” ujar Faik Fahmi, Selasa (19/10/2021).

Penyelenggaraan pentas seni budaya YIA berkolaborasi dengan sekitar 56 desa budaya di lima kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada Minggu 17 Oktober lalu telah dilakukan pentas seni dengan menampilkan Sanggar Sripanglaras, Javajog Street Brass, tarian dari Desa Budaya Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo.
Adapun tarian yang ditampilkan yaitu Tari Merak Ngigel, Tari Persembahan Sawitri, Tari Turangga Madun, Tari Sekar Pudyastuti, Tari Goyang Senggol, Tari Gedrug Gorayaksa, dan Bregada. Penampilan pentas seni akan dilakukan setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu, hingga 7 November 2021 mendatang.

Baca juga   Pemkot Jamin Ketersediaan Vaksin untuk Warga Yogya

“Diharapkan penyelenggaraan kegiatan seni ini dapat menumbuhkan keinginan untuk ‘pulang kembali’ ke Yogyakarta dan dapat membantu pemulihan sektor pariwisata serta perekonomian Yogyakarta. Semua tidak dapat terwujud tentunya tanpa kolaborasi yang baik dari seluruh pelaku usaha, pencipta karya, penggagas ide, serta operator bandara sebagai titik ruang tumbuh,” pungkas Faik Fahmi. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Remy Sylado. (Foto: Istimewa/Wikipedia)

Panggung

Doa untuk Remy Sylado Digelar Jumat 4 Februari 2022, Ada Ganjar Pranowo hingga Sutardji Calzoum Bachri
Will Smith dan Jada Pinkett. (Foto: Instagram @TheAcademy)

Panggung

Buntut Aksi Menampar Chris Rock di Ajang Oscar 2022, Will Smith Mundur dari Komite Academy Award
ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj

Panggung

Foto: Destinasi Wisata Musik Bambu di Kota Ambon
Dra Veronica Retnaningsih, Abdi Dalem Pamucal (guru tari) di Kawedanan Kridhamardawa Keraton Yogyakarta. Foto: kratonjogja.id

Panggung

Mengenal Nyi Mas Riya Murtiharini, Sang Estafet Tari Klasik Yogyakarta
Ganjar Pranowo mengunjungi pameran lukisan Pesona Budaya Nusantara di Gedung Taman Budaya Jawa Tengah Surakarta, Jumat (3/6/2022). Foto: Humas Jateng

Panggung

Kunjungi Pameran Lukisan, Ganjar: Wajah Seniman “Mrenges” Lagi
Sidik Martowidjojo dan lukisannya berjudul "Alam Luas", ukuran 141 x 603 cm dengan media cat air di atas kertas.(Foto: agoes jumianto)

Panggung

Pelukis Sidik Martowidjojo Gelar Pameran Tunggal di Pit Mabuk Art Venue
Penampilan Taksu Project di panggung Jazz Syuhada. Foto: Agoes Jumianto

Panggung

Jazz Syuhada “Sayuk Rukun”, Bebarengan Merajut Kebersamaan Tanpa Perbedaan
Festival Indonesia Bertutur 2022. Foto: humas/beritamagelang

Panggung

Festival Indonesia Bertutur Ramaikan Event G20 di Borobudur