Home / Panggung

Rabu, 20 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Pameran Seni Rupa “Kita Adalah Wayang” Digelar di Bandara YIA

Pameran seni rupa wayang bertajuk

Pameran seni rupa wayang bertajuk "Kita adalah Wayang" diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Wayang Nasional yang jatuh pada 7 November. (Foto: Angkasa Pura 1)

NYATANYA.COM, Kulon Progo – PT Angkasa Pura/AP 1 (Persero) menggelar pentas seni dan pameran seni rupa wayang di lingkungan Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo (YIA).

Pagelaran tersebut dalam rangka mewujudkan komitmen perusahaan untuk mengembangkan kesenian, budaya, dan pariwisata daerah seiring dengan pengembangan bisnis perusahaan.

Direktur Utama AP 1, Faik Fahmi menjelaskan, pameran seni rupa wayang bertajuk “Kita Adalah Wayang” itu diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Wayang Nasional yang jatuh pada 7 November.

Pameran ini merupakan hasil kolaborasi 22 seniman lokal di Yogyakarta yang dimulai sejak 15 Oktober hingga 5 November 2021. Selain itu, YIA juga menyelenggarakan Pentas Seni Budaya pada 16 Oktober hingga 7 November 2021 yang dilaksanakan tiap Sabtu dan Minggu dengan menampilkan berbagai pertunjukkan tari dan musik.

Baca juga   Usung Lakon Topeng Kekasih, Komedi Jedink Masuki Episode 34
Pentas seni budaya YIA berkolaborasi dengan sekitar 56 desa budaya di lima kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto: Angkasa Pura 1)

“Dalam menjalankan bisnis, AP 1 senantiasa melibatkan dan turut mengembangkan budaya dan pariwisata daerah. Upaya tersebut disambut baik oleh para stakeholder sektor budaya dan pariwisata daerah dengan menjadikan bandara, khususnya Bandara Internasional Yogyakarta, sebagai ruang kreasi dan promosi seni, budaya, dan wisata daerah, khususnya Yogyakarta. Penyelenggaraan pameran seni rupa wayang dan pentas seni di YIA ini tentunya tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan,” ujar Faik Fahmi, Selasa (19/10/2021).

Penyelenggaraan pentas seni budaya YIA berkolaborasi dengan sekitar 56 desa budaya di lima kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada Minggu 17 Oktober lalu telah dilakukan pentas seni dengan menampilkan Sanggar Sripanglaras, Javajog Street Brass, tarian dari Desa Budaya Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo.
Adapun tarian yang ditampilkan yaitu Tari Merak Ngigel, Tari Persembahan Sawitri, Tari Turangga Madun, Tari Sekar Pudyastuti, Tari Goyang Senggol, Tari Gedrug Gorayaksa, dan Bregada. Penampilan pentas seni akan dilakukan setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu, hingga 7 November 2021 mendatang.

Baca juga   Didukung Puluhan Perancang Busana "AIRA Fashion on The Spot 2021" Dilaunching

“Diharapkan penyelenggaraan kegiatan seni ini dapat menumbuhkan keinginan untuk ‘pulang kembali’ ke Yogyakarta dan dapat membantu pemulihan sektor pariwisata serta perekonomian Yogyakarta. Semua tidak dapat terwujud tentunya tanpa kolaborasi yang baik dari seluruh pelaku usaha, pencipta karya, penggagas ide, serta operator bandara sebagai titik ruang tumbuh,” pungkas Faik Fahmi. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Jumpa pers Jogja Museum Expo. (Foto: Disbud DIY)

Panggung

Jogja Museum Expo Phalacitta, Inspirasi di Balik Koleksi
Deretan karya Nurfu Ad yang dipamerkan di studionya "Nurfu Art". (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Panggung

Digelar Online dan Offline, Nurfu Ad Pameran Tunggal Lukisan ‘Lorong Cinta’
nyatanya.com

Panggung

Diskominfo Jateng Gelar Lomba Film Pendek ‘Kebijakan Protokol Kesehatan’
Luna Maya. (Foto: Instagram @lunamaya)

Panggung

Banyak Artis Ngincer Anggota Dewan, Luna Maya Pilih Jadi Ketua RT
Press conference opening ceremony JFFE 2021 di Jogja Expo Center, Selasa (16/11/2021). (Foto: Agoes Jumianto)

Panggung

Digelar Mulai Hari Ini, JFFE 2021 Menuju Yogyakarta Kota Festival Dunia
Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming saat mengahdiri Conference Press Rock in Solo di Kulonuwun Kopi, Senin (22/11/2021). (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Panggung

Setelah Vakum 5 Tahun, Rock in Solo Kembali Digelar Desember 2021
Aksi happening art I Made Arya Dwita Dedok di depan Klenteng Liong Hok Bio Magelang. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Panggung

I Made Arya Dwita Dedok, Lahirkan Lukisan Magelang in Love di Hari Jadinya
Temu media Ngayogjazz 2021 di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center, Senin (15/11/2021). (Foto: Agoes Jumianto)

Panggung

Usung Tema “Tetep Ngejazz Lan Waspada”, Ini Agenda Lengkap Ngayogjazz 2021