Home / News

Senin, 4 Juli 2022 - 20:41 WIB

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, PPKM Diperpanjang Hingga 1 Agustus 2022

Ilustrasi: nyatanya.com

Ilustrasi: nyatanya.com

NYATANYA.COM, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, menyatakan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir sehingga pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali akan diperpanjang mulai 5 Juli sampai 1 Agustus 2022.

“Khusus pemberlakuan pembatasan kegiatan di luar Jawa-Bali itu akan diperpanjang dari 5 Juli sampai dengan 1 Agustus,” kata Airlangga dalam keterangan pers terkait Rapat Terbatas Evaluasi PPKM di Jakarta, Senin (4/7/2022).

Airlangga mengatakan, saat ini 385 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali masuk pada level 1. Sementara satu kabupaten yakni Sorong di Papua Barat akan melaksanakan PPKM level 2.

Baca juga   Sukoharjo Terus Gencarkan Patroli Prokes

Airlangga menegaskan dalam rapat terbatas tadi terkait dengan penanganan Covid-19 dinyatakan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Kasus Covid-19 masih mengalami kenaikan.

“Kita lihat beberapa negara dalam seven days moving average, Amerika Serikat kasusnya masih 116.304, kemudian Australia 32.116, India masih 16.065, Singapura 8.266, Malaysia 2.384, Thailand 2.278, dan Indonesia 1.939, ini secara moving average,” tuturnya.

Per 3 Juli 2022, secara kasus harian di Indonesia ada 1.614 kasus, dan kita lihat bahwa kasus tersebut tentunya masih di bawah daripada positivity rate WHO yang di 5 persen.

Baca juga   Sejumlah Karyawan Salah Satu Perusahaan di Murung Raya Kalteng Terpapar Omicron

Ia menambahkan, Presiden Jokowi memerintahkan agar vaksinasi Covid-19 terus ditingkatkan. Hal itu dikarenakan vaksinasi di sejumlah daerah di luar Jawa-Bali masih rendah.

“Berikutnya tentu capaian vaksinasi itu yang diminta Bapak Presiden untuk ditingkatkan, dosis 1, dosis 2 dan dosis 3, untuk terus juga dinaikkan. Khusus untuk luar Jawa Bali yang masih di bawah 50 persen itu ada di Maluku, Papua Barat, dan Papua. Untuk dosis kedua dan rata-rata dosis ketiga masih di bawah 20 persen,” kata Airlangga.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda Jateng)

News

Jaga Pasokan Aman, Ganjar Bentuk Satgas Oksigen
Foto: ANTARA

News

Realisasi Sementara Belanja Negara Capai Rp2.376 Triliun
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, menegaskan bahwa Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 2 Tahun 2022 dibentuk atas dasar rekomendasi dan aspirasi berbagai stakeholders. (Foto: Kemnaker)

News

Pro Kontra Permenaker JHT, Begini Penjelasan Ida Fauziyah
Bank Indonesia. Foto: Ist

News

Bank Indonesia dan Bank Negara Malaysia Sepakat Perbarui Perjanjian Swap Bilateral Mata Uang Lokal
Semakin berkurangnya donatur, Pemprov Jateng bantu sejumlah panti asuhan di Semarang. (Foto:Humas Jateng)

News

Donatur Berkurang, Panti Asuhan di Semarang Terima Bantuan dari Pemprov
Gubernur Ganjar Pranowo saat memantau hari perttama PTM di SMP 13 Semarang. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Laksanakan PTM, Pemprov Jateng Usul Aplikasi Skrining Pribadi Siswa
Foto: ANTARA

News

Dukung Ibu Kota Negara Baru, PLN Siapkan Dua Gardu Induk
Foto: Jasa Marga

News

H-3, Volume Lalu Lintas Mudik Tertinggi Sepanjang Sejarah