Home / Wisata

Senin, 24 Mei 2021 - 21:37 WIB

Pandemi Covid-19, Jumlah Wisatawan ke Tebing Breksi Turun Drastis

Sandiaga Uno melihat sentra kerajinan di wilayah Breksi. Foto: nyatanya.com/istimewa

Sandiaga Uno melihat sentra kerajinan di wilayah Breksi. Foto: nyatanya.com/istimewa

NYATANYA.COM, Sleman – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan kunjungan kerja ke Tebing Breksi yang berada di Sambirejo, Prambanan, Sleman.

Didampingi langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meninjau perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, terutama penerapan protokol kesehatan serta kesiapan destinasi wisata di Yogyakarta khususnya Kabupaten Sleman dalam memasuki era adaptasi kebiasaan baru di tengah Pandemi Covid-19.

Menparekraf Sandiaga tidak hanya meninjau lokasi wisata, namun juga berkesempatan untuk melihat langsung usaha kecil mikro menengah yang dikelola langsung oleh Bumdes Sambirejo. Mulai dari produk olahan pangan hingga produk batik lokal.

“Tebing Breksi adalah hasil dari reproduksi dan transformasi kawasan tambang menjadi sebuah produk pariwisata yang menarik, berarti jika kita mengelola destinasi dengan pendekatan alam, budaya maupun berkelanjutan hasilnya adalah kesejahteraan,” kata Sandiaga.

Hal ini dibuktikan dengan data yang berhasil dihimpun oleh Kemenparekraf bahwa kemiskinan di Kecamatan Prambanan menurun dari 16% menjadi 11% setelah pariwisata ditingkatkan. Menurunkan angka kemiskinan bukanlah hal yang mudah, karena harus menggunakan kebijakan yang tepat dan mengena sampai ke lapisan masyarakat yang paling membutuhkan.

Baca juga   Wayang Kayu Asal Madiun Makin Moncer di #LapakGanjar

“Saya yakin sektor pariwisata mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selanjutnya yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kreativitas dan inovasi dari produk wisata yang ada keterampilan pengolah.” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf juga ingin memastikan penerapan protokol yang ketat dan disiplin itu dapat dilaksanakan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sandiaga juga memberikan panduan CHSE ( Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability ) kepada pengelola, sehingga destinasi wisata bisa segera menggeliat lagi geraknya namun dengan standar dan penerapan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Dalam kesempatan yang sama Sandiaga juga berharap destinasi pariwisata lokal bisa dinilai lebih dengan ide dan pengembangan destinasi.

Baca juga   Pilih Minuman Alami, Bagian dari Back to Nature

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo berharap dengan kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut dapat kembali mengangkat perekonomian masyarakat dari sektor pariwisata serta dapat memberikan semangat bagi para pelaku usaha di bidang pariwisata di Kabupaten Sleman.

“Pariwisata di Tebing Breksi mengalami penurunan yang cukup signifikan. Biasanya bisa mencapai 5000 hingga 10.000 pengunjung dalam sehari, namun di tengah pandemi ini hanya memperoleh ratusan wisatawan dalam sehari, bahkan hingga sore hari Pak Sandiaga menjadi wisatawan ke-174. Saya harap dengan kedatangan bapak menteri dapat kembali mem-viralkan objek wisata tebing breksi,” ungkapnya.

Ia juga berharap destinasi wisata di DIY khususnya di Tebing Breksi Sleman dapat kembali viral dan dinikmati oleh banyak orang. Ia juga menambahkan bahwa objek wisata Tebing Breksi sudah siap menerima wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (N5)

Share :

Baca Juga

Kerajinan wayang kayu yang diproduksi Pipit Dwi Ernawati bersama suaminya. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Wisata

Wayang Kayu Asal Madiun Makin Moncer di #LapakGanjar
Wisata Campervan menjadi salah satu alternatif menarik, wisata di masa pandemi. (Foto:nyatanya.com/media TWC)

Wisata

Asyiknya Menikmati Malam di Borobudur dengan Campervan
Jip Off Road, salah satu daya tarik wisata di kawasan Borobudur Highland. Foto: nyatanya.com/Instagram

Wisata

Borobudur Highland Siap Menjadi Kawasan Wisata Terpadu
Acara penghargaan Joglosemar Tourism Awards 2021/2022. Foto: nyatanya.com/IG media_twc

Wisata

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko Raih Joglosemar Tourism Awards 2021/2022
Indah Juanita, Direktur Utama BOB (kedua dari kiri) dan Direktur Damri, Setia N Milatia Moemin usai bertemu di kantor BOB. Foto: nyatanya.com/Instagram Borobudur

Wisata

DAMRI Dukung Aksesibilitas Pengembangan Destinasi Super Prioritas Borobudur
Porsi Tahu Gimbal Pak Yono, cukup bikin kenyang. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Wisata

Icip-icip Tahu Gimbal Pak Yono yang Legendaris
Grafis: nyatanya.com

Wisata

Jogja International Batik Biennale Kembali Digelar
Minuman alami berbahan serai digemari berbagai kalangan. (Foto: nyatanya.com/Sulis)

Wisata

Pilih Minuman Alami, Bagian dari Back to Nature