Home / Peristiwa

Rabu, 23 Februari 2022 - 13:26 WIB

Pandemi Covid-19, Realisasi Investasi di Kabupaten Magelang Tunjukkan Tren Positif

DPMPTSP Kabupaten Magelang menyelenggarakan Bimtek Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko (OSS RBA) di Grand Artos Hotel, Rabu (23/2/2022). (Foto: Humas/beritamagelang)

DPMPTSP Kabupaten Magelang menyelenggarakan Bimtek Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko (OSS RBA) di Grand Artos Hotel, Rabu (23/2/2022). (Foto: Humas/beritamagelang)

NYATANYA.COM, Magelang – DPMPTSP Kabupaten Magelang menyelenggarakan Bimtek Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko (OSS RBA) di Grand Artos Hotel, Rabu (23/2/2022). Menghadirkan narasumber dari ATR/BPN dan DPMPTSP Kabupaten Magelang dan diikuti 38 peserta pelaku usaha.

Kepala DPMPTSP, AS. Widyantara mengungkapkan di tengah pandemi Covid-19, realisasi investasi di Kabupaten Magelang pada 2021 menunjukkan tren positif. Tercatat realisasi investasi mencapai Rp312.884.060 di luar usaha mikro kecil.

“Hal ini tidak bisa terlepas dari peran bapak ibu para pelaku usaha dalam merealisasikan investasinya di Kabupaten Magelang,” kata Widyantara saat membuka Bimtek tersebut.

Di bidang penanaman modal, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berbasis Resiko sebagai pedoman pelayanan perizinan berusaha.

Baca juga   Distan Pangan Antisipasi Dampak Hujan Abu Vulkanik Merapi

Implementasi dari PP tersebut adalah pelayanan perizinan Online Single Submission Risk Based Approach yang dikenal OSS RBA.

“OSS RBA yang diterbitkan oleh Kementerian Investasi atau BKPM pada 9 Agustus 2021 ini masih terus dikembangkan dan disempurnakan,” lanjutnya.

Sistem perizinan ini menggantikan OSS versi 1.1. Pada OSS RBA ini ada empat kategori resiko yang ditentukan langsung dari sistem berdasarkan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang dipilih, yaitu Resiko Rendah, Menengah Rendah, Menengah Tinggi dan Tinggi.

“Sistem ini juga menjadi acuan tunggal bagi seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penyelenggaraan perizinan berusaha secara elektronik, cepat dan efisien,” tegasnya.

Baca juga   Para Lansia di Magelang Belajar Literasi Digital bersama Mafindo dan Kominfo

Sesuai PP Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah, DPMPTSP memiliki kewenangan dalam penyelenggaraan perizinan berusaha.

Sebagai pelayan publik, DPMPTSP harus siap melayani proses pelayanan perizinan dan informasi terkait OSS RBA. Pemberian informasi perizinan OSS RBA selain dengan help desk setiap harinya, juga melalui sosialisasi atau kegiatan Bimtek implementasi OSS RBA seperti hari ini, diharapkan memberi manfaat maksimal terhadap penggunaan sistem OSS RBA.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pelaku usaha penanaman modal di Kabupaten Magelang. Selain itu sebagai langkah strategis Pemerintah dalam mensinkronkan program/kegiatan prioritas nasional dan daerah,” tandasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Darusan umum 1443 Hijriah di Masjid Agung Kudus resmi dibuka Bupati Kudus HM Hartopo, Senin (4/4/2022). Foto:MC.Kudus

Peristiwa

Sudah Jadi Tradisi, Darusan Umum 1443 Hijriah di Masjid Agung Kudus Resmi Dibuka
Shake map gempabumi M6,1 di wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu (22/1), pukul 09.26 WIB. (Foto: BMKG)

Peristiwa

Gempa M6,1 Guncang Kepulauan Sangihe, Warga tak Panik
Upaya pemadaman kebakaran masih terus dilakukan oleh BPBD Kabupaten Sukamara bersama tim gabungan pada Kamis, (18/8/2022). Foto: BPBD Kabupaten Sukamara

Peristiwa

Sebanyak 7,5 Hektar Lahan Gambut di Kabupaten Sukamara Kebakaran
Pengumuman pemenang Anugerah Jurnalitik Adinegoro sekaligus Launching Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang disiarkan secara langsung dari studio TVRI Jakarta, Minggu (30/1/2022). (Foto: Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro-HPN 2022 PWI Pusat)

Peristiwa

Launching HPN 2022 dan Pengumuman Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro
Pemusnahan barang bukti narkoba Polda Sumatera Selatan. Foto: MC Palembang

Peristiwa

Amankan 14 Tersangka, Polda Sumsel Musnahkan Ribuan Gram Narkoba dan Ganja
Doa lintas agama “Pray From Home” yang digelar Pemkot Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

‘Pray From Home’, Yogyakarta Panjatkan Doa Minta Perlindungan Hadapi Pandemi
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM didampingi Wakil Bupati, Drs H Agus Santosa kembali menyerahkan bantuan paket sembako untuk masyarakat. (Foto:Humas Sukoharjo)

Peristiwa

Bupati Sukoharjo Kembali Serahkan Bantuan 5.494 Paket Sembako
Foto: ANTARA

Peristiwa

PVMBG: Tiga dari Delapan Gunung Api di Sulawesi Utara Berstatus Waspada