Home / Peristiwa

Rabu, 4 Agustus 2021 - 09:03 WIB

Pandemi Tak Halangi Anak-anak Berkreativitas, Ayo Ikuti Lomba Ini

(Ilustrasi: nyatanya.com)

(Ilustrasi: nyatanya.com)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2021 lalu, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mengadakan rangkaian Lomba untuk merayakan HAN 2021.

Lomba peringatan HAN ini bisa diikuti bagi anak yang berusia 18 tahun kebawah serta memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Yogyakarta. Demikian disampaikan Kepala DP2AP3KB Kota Yogyakarta, Edi Muhammad, Selasa (3/8/2021).

Dengan tema peringatan “Anak Peduli Di Masa Pandemi” diharapkan mampu memberikan semangat dan menjadikan anak dirumah tetap dapat menuaikan kreatifitas mereka.

“Perayaan Hari Anak Nasional ini sebenarnya dilaksanakan pada 23 Juli 2021. Namun adanya pandemi membuat pelaksanaan ini tidak sesuai perencanaan. Berbagai lomba yang disajikan semoga dapat membuat anak-anak berfikir kreatif dan selalu semangat menjalani pembelajaran dirumah. Puncaknya nanti akan kita adakan pada 19 agustus 2021 secara virtual,” jelas Edi Muhammad dalam keterangan resminya.

Baca juga   Bank Indonesia Bantu 200 Tabung Oksigen untuk Surakarta

Kegiatan yang akan berlangsung ini bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yakni yang jatuh pada tanggal 17 Agustus nanti.

Beberapa lomba yang akan digelar yakni, Lomba Mewarnai yang dapat diikuti dengan usia 3-7 tahun dengan ketentuan gambar dapat diunduh pada laman https://bit.ly/MewarnaiHKJ dan di cetak dengan ukuran A4.

Adapun Lomba Menggambar dengan ketentuan usia 8-12 tahun yang bertema “Aktivitas Keluarga” ukuran kertas A3. Untuk lomba ketiga yakni Lomba Presentasi dengan usia 13-15 tahun dengan memberikan materi presentasi dalam bentuk PPT ataupun PDF dengan tema “Impian dan Harapan untuk Kota Yogyakarta” dan memilih tema sesuai dengan ketentuan yang ada.

Untuk pendaftaran dibuka mulai 1 – 13 Agustus 2021 melakukan regrstrasi dan mengerjakan sesuai lomba yang diikuti. Lalu nantinya di tanggal 14 Agustus 2021 peserta diwajibkan mengumpulkan fisik karya lombanya.

Baca juga   Kejar Target 'Yogya Merdeka Vaksin', Pemkot Gencarkan Vaksinasi

“Puncak acara akan digelar pada tanggal 19 Agustus mendatang yang kita gelar secara virtual di dua tempat yang berbeda, yakni di Taman Pintar dan Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta,” kata Edi Muhammad.

Dijelaskan Edi, para pemenang akan mendapatkan hadiah uang pembinaan, piala dan sertifikat. Akan dipilih pemenang Juara 1,2, dan 3. Serta Harapan 1,2, dan 3.

Selain itu, kegiatan tersebut sekaligus pengukuhan duta anak oleh Walikota Yogyakarta dengan pembacaan Suara Anak serta penyerahan Penghargaan KLA Kategori Utama dan penghargaan dari KPAI yang memberikan penghargaan SIMEP Perlindungan Anak sebagai Kota Terbaik.

Harapannya kegiatan ini mampu menjadi bagian dari kegiatan mereka selama pandemi Covid-19 agar tetap mengasah kreativitasnya dan memberi manfaat.

“Jadi harapannya ini dalam rangka meningkatkan kreativitas anak, walaupun pandemi Covid-19 tidak menurangi kegiatan yang sebetulnya bisa dilakukan dirumah dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat lainnya,” bebernya. (*)

Share :

Baca Juga

Kepala ANRI, Imam Gunarto menyerahkan penghargaan pada Arsiparis Teladan Kabupaten Magelang, Agustina Dwi Krismayanti. (Foto: Dokumentasi Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Arsiparis Kabupaten Magelang Juara Teladan Nasional
Bimbingan Teknis Program Kesiapan Bersekolah Bagi Satuan PAUD yang digelar Disdikbud Kabupaten Magelang. (Foto:Humas/beritamagelang)

Peristiwa

PAUD Berperan Strategis Kembangkan SDM
Sejumlah anak punk yang terjaring razia Satpol PP Salatiga. (Foto: Diskominfo Salatiga)

Peristiwa

12 Anak Punk Terjaring Razia Satpol PP
Pemkot Yogyakarta canangkan PKK Bangga Kencana Kesehatan. (Foto: Humas pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pemkot Yogya Canangkan PKK Bangga Kencana Kesehatan
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. (Foto:Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Gus Yasin Pastikan Insentif Guru Agama Masih Bergulir
Danramil Tegalrejo menyambangi satpam SMUN 2 Yogya berikan motivasi dan semangat melalui Komsos. Foto:nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Melalui Komsos, Danramil Tegalrejo Berikan Motivasi Penjaga Sekolah
Penyerahan genteng secara simbolis dilakukan Ketua Pembangunan Grha Padmanaba Triyanto kepada Kepala Bappeda Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pembangunan Tahap I Rampung, Grha Padmanaba ‘Topping Off’
Petani di Kembanglimus Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang melakukan okulasi tanaman jeruk untuk meningkatkan kualitas. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Tingkatkan Kualitas Pertanian Eduwisata, Petani Borobudur Okulasi Tanaman Jeruk Non Biji