Home / Peristiwa

Sabtu, 19 Maret 2022 - 12:25 WIB

Panen 30 Kilogram per Pohon, Kebumen Siap Wujudkan Swasembada Kelengkeng

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto saat panen kelengkeng di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kamis (17/3/2022). (Foto: MC Kebumen)

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto saat panen kelengkeng di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kamis (17/3/2022). (Foto: MC Kebumen)

NYATANYA.COM, Kebumen – Sentra perkebunan kelengkeng di Kebumen diharapkan bisa mencukupi kebutuhan Jawa Tengah sekaligus menahan laju kelengkeng impor.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, menjelaskan, hasil produksi perkebunan kelengkeng di wilayahnya cukup diandalkan. Selain dagingnya tebal dan rasa buahnya yang legit, hasil perkebunan kelengkeng di Kebumen mampu menghasilkan puluhan ton buah.

“Kalau seribu pohon berbuah semua, 30 kg kali 1.000 sudah 30 ton. Ini cukup bagus. Ini baru di Desa Lembupurwo, belum di desa-desa lain di Kecamatan Mirit. Paling tidak perkebunan kelengkeng ini bisa mengurangi ketergantungan impor,” jelasnya, usai mengikuti acara panen kelengkeng Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kamis (17/3/2022).

Baca juga   Kapolres Purworejo Siap Lindungi Warga Pendukung Proyek Bendungan Bener dari Ancaman dan Intimidasi

Menurut Bupati Arif, saat ini terdapat puluhan ribu pohon kelengkeng siap panen. Dengan banyaknya buah kelengkeng di Kebumen, bisa ikut serta menggerakan ekonomi masyarakat lokal.

“Jadi secara nasional, sentra perkebunan kelengkeng di Jawa Tengah ada di Kebumen. Stok kebutuhan kelengkeng kita cukup banyak. Total untuk di Kebumen yang sudah siap diproduksi ada 33 ribu pohon dari 82 ribu pohon,” ujarnya.

Ke depan, pihaknya menargetkan pohon kelengkeng bisa tertanam di atas tanah seluas 152 ribu hektare. Dengan begitu, pemenuhan kebutuhan klengkeng nasional selalu tercukupi dengan asumsi satu pohon bisa berbuah satu kwintal.

Baca juga   Ribuan Aduan Terkait Jalan Rusak di Jateng Selesai Tertangani

“Itu target kita begitu, dari sisi teknis dan teknologi seperti ini. Untuk itu, bersama pemerintah kita ingin bersinergi bagaimana Kebumen dikenal oleh masyarakat luas sebagai sentra perkebunan kelengkeng nasional,” jelasnya.

Bupati optimistis target swasembada kelengkeng dapat terpenuhi. Tak hanya itu, para petani bisa memanfaatkan kebun kelengkengnya sebagai destinasi wisata.

“Masyarakat bisa datang ke Kebumen memetik sendiri buah kelengkeng yang masih fresh, dan kemudian membungkusnya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh,” ujarnya.

(N1)

Share :

Baca Juga

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Bantul serta OPD terkait saat menerima bantuan oksigen konsetrator dari Goto. (Foto: Humas Kab Bantul)

Peristiwa

Goto Bantu Oksigen Konsentrator untuk Pemkab Bantul
Pembagian ubarampe gunungan sebagai ganti upacara Garebeg digelar terbatas dan bertahap. (Foto:nyatanya.com/kratonjogja.id)

Peristiwa

Tetap Patuhi Prokes, Pembagian Ubarampe Gunungan Garebeg Besar Digelar Terbatas
Patroli Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) KN Pulau Dana-323, berhasil menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam yang melakukan aktivitas penangkapan ikan secara illegal di perairan Natuna Utara, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (24/12/2021). (Foto: Humas Bakamla RI)

Peristiwa

Bamkala RI Tangkap Kapal Vietnam Curi Ikan di Laut Natuna Utara
Mobil Honda Brio warna putih yang terperosok ke dalam parit. Kecelakaan tunggal ini terjadi karena sang sopir kaget ada cicak di dasbor mobil. (Foto: Ist/liputan6)

Peristiwa

Kaget Ada Cicak, Mobil Wanita di Bogor Terperosok Masuk Parit
Kegiatan jemput bola untuk warga penyandang disabilitas dan lansia tersebut nantinya akan dilakukan secara rutin dan berkala, bekerja sama dengan Disdukcapil Sleman. (Foto: MC Kab Sleman)

Peristiwa

Kalurahan Caturtunggal Jemput Bola Rekam KTP-el Difabel dan Lansia
Agus Sujarwo, Kepala Disdikpora Kabupaten Temanggung. (Foto:MC TMG)

Peristiwa

Wujudkan Sekolah Penggerak, Disdikpora Temanggung Gelar Coaching Clinic
Civitas Akademika FSRD ISI Surakarta mengadakan rapat penyusunan SOP dan terkait konversi mata kuliah bagi mahasiswa yang telah ikut serta melaksanakan program MBKM tahun 2021. (Foto: Dok. ISI Surakarta)

Peristiwa

Rapat Penyusunan SOP dan Konversi Nilai, FSRD ISI Surakarta Sambut MBKM 2022
Annisa sempat terkejut saat mengetahui orang yang menanyainya adalah Gubernur Ganjar. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Rezeki Nomplok, Annisa Dapat Sepeda dari Ganjar