Home / Peristiwa

Kamis, 25 November 2021 - 11:27 WIB

Panen Raya Rojolele Srinuk, Bupati Klaten Kukuhkan Petani Milenial

Bupati Klaten Sri Mulyani kembali melaksanakan panen raya padi Rojo Lele jenis Srinuk, di areal seluas 6,5 hektare di wilayah Demakijo Karangnongko Klaten, Selasa (23/11/2021). (Foto:Diskominfo Klaten)

Bupati Klaten Sri Mulyani kembali melaksanakan panen raya padi Rojo Lele jenis Srinuk, di areal seluas 6,5 hektare di wilayah Demakijo Karangnongko Klaten, Selasa (23/11/2021). (Foto:Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Bupati Klaten Sri Mulyani kembali melaksanakan panen raya padi Rojo Lele jenis Srinuk, di areal seluas 6,5 hektare di wilayah Demakijo Karangnongko Klaten, Selasa (23/11/2021).

Dengan perkiraan hasil panen padi sebesar 67 ton, harapannya bisa meningkatkan produksi beras dan menguatkan ketahanan pangan di Kabupaten Klaten.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan tengah memperluas jaringan pemasaran produk unggulan daerah yaitu Beras Rojo Lele Srinuk.

“Melalui Instruksi Bupati Klaten Nomor 1 Tahun 2021, promosi Beras Rojo Lele Srinuk ke masyarakat dimulai di kalangan ASN Klaten melalui skema tunjangan beras,” ungkap Bupati.

Baca juga   Ajang Silaturahmi, Prodi DKV ISI Surakarta Adakan Buka Puasa Bersama

Sementara itu Kepala Desa Demakijo Eri Karyatno mengungkapkan, alasan desanya menanam padi Rojo Lele Srinuk. Selain untuk melestarikan keberadaannya sebagai varietas asli Klaten, juga untuk meningkatkan kesejahteraan petani karena nilai jualnya tinggai, serta adanya kepastian harga dan kejelasan pemasarannya.

“Dengan kebutuhan Beras Rojo Lele Srinuk mencapai 96 ton per bulan untuk kebutuhan ASN, dan kapasitas produksi baru 20 ton per bulan, serta kepastian harga dan kejelasan pemasarannya, monggo bareng-bareng kita kembangkan bersama-sama khususnya (bagi) petani di Desa Demakijo,” ajaknya.

Baca juga   Kapal Terbakar di Pelabuhan Masalembu, Tewaskan Satu Orang Warga Surabaya

Selain melaksanakan panen raya padi, Sri Mulyani juga mengukuhkan 15 petani milenial dari Desa Demak Ijo. Sebagai salah satu profesi pekerjaan, keberadaan petani milenial diharapkan bisa menjadi generasi penerus petani di Klaten, untuk melanjutkan dan mempertahankan kelangsungan ketahanan pangan, baik di wilayah Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, maupun nasional.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Truk dump yang tertabrak KA Lodaya di perlintasan Kluwih, Kelurahan Balecatur, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman. (Foto: tangkapan layar video yang beredar di grup WA)

Peristiwa

KA Lodaya Sambar Truk Dump yang Mogok di Perlintasan KA di Gamping Sleman
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Pemkot Yogya Buka Lowongan 930 Formasi CPNS dan PPPK
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas. (Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Peristiwa

Sri Sultan: Konsentrasi DIY Perbanyak Vaksinasi dan Pindahkan Isoman ke Shelter
Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti didampingi Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Sabtu (15/1/2022) meninjau kesiapan Pasar Legi sebelum diresmikan pada 20 Januari 2022 mendatang. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Pasar Legi Segera Diresmikan, Walikota Solo dan KemenPUPR Tindaklanjuti Keluhan Pedagang
Kapolres Bantul, AKBP ihsan SIK didampingi Kasat Reskrim AKP Archey Nevada SH dalam jumpa pers pengungkapan kasus upal, Senin (7/6/2022). Foto: Ist/YP

Peristiwa

Jual Miras dan Membuat Upal, Warga Banguntapan Bantul Ditangkap Polisi
BAZNAS Kulonprogo menyerahkan bantuan kepada perwakilan warga terdampak Covid-19. (Foto: Humas Kulonprogo)

Peristiwa

BAZNAS Kulon Progo Salurkan Bantuan Rp768,9 Juta Bagi Terdampak Covid-19
Polsek Kretek berhasil membekuk empat pelaku pembobolan rumah di Mersan, Kalurahan Donotirto, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Rabu (20/7/2022) lalu. Foto: @polresbantuldiy

Peristiwa

Polisi Bekuk 4 Pelaku Pembobolan Rumah di Kretek Bantul
Banjir bandang hantam 26 desa di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Kamis (14/7/2022). Foto: BPBD Kabupaten Pati

Peristiwa

Petaka “Tsunami Kecil” Hantam 26 Desa di Kabupaten Pati