Home / Peristiwa

Kamis, 25 November 2021 - 11:27 WIB

Panen Raya Rojolele Srinuk, Bupati Klaten Kukuhkan Petani Milenial

Bupati Klaten Sri Mulyani kembali melaksanakan panen raya padi Rojo Lele jenis Srinuk, di areal seluas 6,5 hektare di wilayah Demakijo Karangnongko Klaten, Selasa (23/11/2021). (Foto:Diskominfo Klaten)

Bupati Klaten Sri Mulyani kembali melaksanakan panen raya padi Rojo Lele jenis Srinuk, di areal seluas 6,5 hektare di wilayah Demakijo Karangnongko Klaten, Selasa (23/11/2021). (Foto:Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Bupati Klaten Sri Mulyani kembali melaksanakan panen raya padi Rojo Lele jenis Srinuk, di areal seluas 6,5 hektare di wilayah Demakijo Karangnongko Klaten, Selasa (23/11/2021).

Dengan perkiraan hasil panen padi sebesar 67 ton, harapannya bisa meningkatkan produksi beras dan menguatkan ketahanan pangan di Kabupaten Klaten.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan tengah memperluas jaringan pemasaran produk unggulan daerah yaitu Beras Rojo Lele Srinuk.

“Melalui Instruksi Bupati Klaten Nomor 1 Tahun 2021, promosi Beras Rojo Lele Srinuk ke masyarakat dimulai di kalangan ASN Klaten melalui skema tunjangan beras,” ungkap Bupati.

Baca juga   Eksekusi Terpidana Mati Mary Jane Masih Menunggu Putusan Hukum di Filipina

Sementara itu Kepala Desa Demakijo Eri Karyatno mengungkapkan, alasan desanya menanam padi Rojo Lele Srinuk. Selain untuk melestarikan keberadaannya sebagai varietas asli Klaten, juga untuk meningkatkan kesejahteraan petani karena nilai jualnya tinggai, serta adanya kepastian harga dan kejelasan pemasarannya.

“Dengan kebutuhan Beras Rojo Lele Srinuk mencapai 96 ton per bulan untuk kebutuhan ASN, dan kapasitas produksi baru 20 ton per bulan, serta kepastian harga dan kejelasan pemasarannya, monggo bareng-bareng kita kembangkan bersama-sama khususnya (bagi) petani di Desa Demakijo,” ajaknya.

Baca juga   Atap Pasar Giwangan Roboh Diterjang Hujan Deras dan Angin Kencang, Timpa Pedagang

Selain melaksanakan panen raya padi, Sri Mulyani juga mengukuhkan 15 petani milenial dari Desa Demak Ijo. Sebagai salah satu profesi pekerjaan, keberadaan petani milenial diharapkan bisa menjadi generasi penerus petani di Klaten, untuk melanjutkan dan mempertahankan kelangsungan ketahanan pangan, baik di wilayah Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, maupun nasional.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Karimunjawa menjadi yang pertama di Kabupaten Jepara untuk memulai vaksinasi anak usia 6-11 tahun. (Foto: Diskominfo Jepara)

Peristiwa

Karimunjawa Jadi Lokasi Pertama Vaksin Anak Usia 6 – 11 Tahun di Jepara
Dua tersangka kurur sabu yang ditangkap Polres Sleman di wilayah Lampung. Foto: Humas Polres Sleman

Peristiwa

Dua Kurir Sabu Jaringan Malaysia Dicokok Polres Sleman di Lampung, BB 10 Kg Ikut Disita
Pertunjukan wayang kulit secara virtual HUT Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Pertunjukan Wayang Kulit Virtual, Tandai Puncak Peringatan Hari Jadi Boyolali
Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi. Foto: MC Kab.Sumenep

Peristiwa

Pertama Kali di Kabupaten Sumenep, BNNK Ungkap Kasus Sabu 2 Kilogram Lebih
Tim Pitulungan siap pemakaman jenazah Covid-19 di Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Yogya)

Peristiwa

Tim Pitulungan Siap Bantu BPBD Dalam Pemakaman Jenazah
Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong. (Foto: Istimewa)

Peristiwa

Pentingnya Komunikasi Persuasif Pemindahan IKN bagi ASN
Patroli prokes gencar dilakukan anggota Koramil 10/Batang di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Watesalit, Kabupaten Batang, Senin (20/12/2021). (Foto: MC Batang)

Peristiwa

Jelang Nataru, Batang Gencarkan Patroli Prokes
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menghadiri pengukuhan Pengrus RT, RW se-Kemantren Wirobrajan, Minggu (5/12/2021) di Kantor Kemantren Wirobrajan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

11 Perempuan Terpilih Jadi Ketua RT/RW di Kamentren Wirobrajan