Home / Plus

Rabu, 12 Januari 2022 - 22:23 WIB

Panen Sayur Kampung Notoprajan Penuhi Kebutuhan Gizi Warga

Kampung panca tertib Notoprajan Kelurahan Notoprajan Kemantren Ngampilan melakukan panen sayur hasil pemanfaatan lahan kosong, Selasa (11/1/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Kampung panca tertib Notoprajan Kelurahan Notoprajan Kemantren Ngampilan melakukan panen sayur hasil pemanfaatan lahan kosong, Selasa (11/1/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kampung panca tertib Notoprajan Kelurahan Notoprajan Kemantren Ngampilan melakukan panen sayur hasil pemanfaatan lahan kosong, Selasa (11/1/2022).

Hasil panenan berupa aneka sayuran, seperti kangkung, bayam, kenikir dan lain-lain akan dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan gizi keluarga warga Kampung Notoprajan.

Suwarna Kepala Bidang Linmas Satpol-PP Kota Yogyakarta menuturkan bahwa salah satu kegiatan dalam panca tertib adalah membangun budaya tertib lingkungan dimana masyarakat diajak berperilaku membuang sampah pada tempatnya, memanfaatkan sampah untuk dipilah dan diolah, serta mewujudkan lingkungan yang asri melalui penanaman pohon dan sayuran di wilayahnya.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari penegakan Perda Kebersihan yang dilakukan secara preemtif melalui pemanfaatan lorong kampung untuk ditanami sayuran dan agar tidak menjadi tempat pembuangan sampah atau pembakaran sampah,” kata Suwarna.

Baca juga   Kembangkan UMKM, Wawali Ajak Masyarakat Turut Memajukan Potensi Wilayah

Suwarna juga menyampaikan bahwa dalam berkegiatan selalu bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lain seperti saat ini dengan Dinas Pertanian dan Pangan dalam pemanfaatan lahan kosong untuk pertanian dan perikanan. Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan perguruan tinggi dan dunia usaha.

“Pengelolaan pemanfaatan lahan dilakukan dengan siklus berkelanjutan dimana terdapat masa penyiapan lahan, masa tanam, masa merawat hingga masa panen. Mudah-mudahan ke depannya bisa menjadi destinasi wisata yang menyajikan kegiatan panen raya dan olahan hasil panen. Wisatawan yang kami bidik adalah komunitas atau siswa sekolah,” harap Suwarna

Dalam kegiatan panen juga hadir Endah Dwi Dinyastuti Mantri Pamong Praja Kemantren Ngampilan yang menyampaikan apresiasi pada pelopor ketertiban Kampung Notoprajan yang telah bersama warga bekerja keras menanam sayur di sepanjang gang kampung.

Baca juga   Dinas Perdagangan Kota Yogya Fasilitasi UMK Pameran di Mall

“Penggunaan media wall plant dengan memanfaatkan dinding gang untuk budidaya sayuran merupakan langkah tepat dalam mewujudkan hunian yang hijau dan asri,” urai Endah.

Endah juga berharap hasil panen bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pemenuhan gizi keluarga bagi warga kampung, terutama untuk ibu hamil, ibu menyusui dan ibu yang memiliki anak balita agar anak bisa tumbuh kembang dengan baik dan tidak stunting.

Sementara Alimin Koordinator Forum Kampung Panca Tertib Notoprajan melaporkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan selalu bermitra dengan berbagai komponen masyarakat seperti PKK, RW, RT dan Pemuda/Karang Taruna.

“Kami berupaya mewujudkan hunian yang hijau dan asri melalui kegiatan pembudayaan ketertiban berbasis lingkungan berupa tertib membuang sampah, mengolah sampah dan menanam sayur,” ungkap Alimin.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Usaha sablon kaos milik Rudi Ningrat di Desa Temuroso RT 2 RW 1 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak ini nyaris gulung tikar, sebelum akhirnya bangkit setelah mempromosikan di #Lapak Ganjar. (Foto: Diskominfo Jateng)

Plus

Nyaris Gulung Tikar, Usaha Sablon Kaos Ini Bangkit Usai Ikut Lapak Ganjar
(ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa)

Plus

Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik
Basnendar Herry Prilosadoso, S,Sn., M.Ds selaku co founder Komunikotavisual yang juga dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta memberikan paparan materi seputar branding dan packaging. (Foto: Istimewa)

Plus

Dosen DKV ISI Surakarta Beri Materi Packaging untuk UMKM Kampung Batik Kauman
Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah sukses menyelenggarakan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021, di Universitas Negeri Surabaya. (Foto: Kemendikbudristek)

Plus

KMHE 2021 Sukses Hasilkan Mobil Hemat Energi Ramah Lingkungan
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menerima bibit pohon dari Fahmi Ali dan Lukman, yang berkeliling Indonesia mengkampanyekan menanam pohon. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Plus

Bersepeda Keliling Indonesia, Fahmi dan Lukman Kampanyekan Menanam Pohon
Dengan menggarap lahan nganggur menjadi kebun sayur, kelompok tani ibu-ibu PKK Srikandi Desa Jetis Wetan ini berharap dapat menginspirasi masyarakat dalam bidang pertanian. (Foto: Diskominfo Klaten)

Plus

PKK Pedan Hijaukan Tanah Kas Desa dengan Sayuran Organik
Petugas Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang melakukan pengujian sampel makanan di Modern Town Market, Kota Tangerang, Banten, Selasa (23/11/2021). Pengecekan tersebut untuk mengantisipasi peredaran sejumlah makanan yang mengandung bahan berbahaya yang beredar di pasar. (ANTARA FOTO/Fauzan/tom)

Plus

Cermat Produksi Sebelum Edar Makanan Beku
Perajin di Kecamatan Borobudur mengikuti Workshop Pembuatan Sandal Khusus Upanat Borobudur. (Foto:Humas/beritamagelang)

Plus

Cegah Keausan Batu Candi Borobudur, Perajin Dilatih Produksi Sandal Khusus