Home / News

Sabtu, 25 Desember 2021 - 11:35 WIB

Pantau Misa Natal di Gereja Katedral, Ganjar Beberkan Indahnya Toleransi

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengunjungi Gereja Katedral Semarang bertepatan pada malam Misa Natal, Jumat (24/12/2021) malam. (Foto: Diskominfo Jateng)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengunjungi Gereja Katedral Semarang bertepatan pada malam Misa Natal, Jumat (24/12/2021) malam. (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan indahnya toleransi di provinsinya. Sebab praktik toleransi berjalan nyata dan bagus.

Hal itu disampaikannya saat mengunjungi Gereja Katedral Semarang bertepatan pada malam Misa Natal, Jumat (24/12/2021). Dalam pantauannya, Ganjar datang dengan mengenakan pakaian batik, melihat aktivitas jemaat.

“Kalau di Jawa Tengah oke-oke saja (toleransi beragamanya). Baik-baik saja. Kita senang. Bahkan tadi Waktu kita di Gereja Protestan, Holy Stadium tadi ada kegiatan sosialnya disampaikan,” kata Ganjar, saat meninjau Gereja Katedral Semarang, Selasa (24/12/2021) malam.

Baca juga   Ini Lima Langkah yang Akan Dilakukan Pemerintah Jelang Libur Nataru 2021

Di Holy Stadium itu, beber Ganjar, ihwal praktik bagusnya toleransi yakni dipinjamkannya tempat itu untuk vaksin. Bahkan saat vaksin, masyarakat tidak ditanya apa agama hingga sukunya. Bahkan vaksinatornya juga muslim.
“Jadi artinya bentuk toleransinya nyata. Bagus ya,” ujarnya.

Ganjar Pranowo menemui jajaran petugas yang melakukan pengamanan pelaksanaan Misa Natal di Gereja Katedral Semarang, Jumat (24/12/2021) malam. (Foto: Diskominfo Jateng)

Pastur Paroki Gereja Katedral Semarang Herman Yosep Singgih Sutoro mengatakan, dalam Natal kali ini, pihaknya berpesan kepada jemaat untuk tetap membangun persaudaraan.

Baca juga   Revitalisasi Ruang Terbuka Hijau, Gibran Serahkan 1.000 Bibit Pohon Buah

“Semua diajak membangun semangat persaudaraan di tengah situasi pandemi, yang masih berlangsung sekarang. Dan kita rasakan dampaknya. Semuanya itu berdasarkan pada cinta Yesus Kristus kepada umat manusia itu sendiri,” kata dia.

Herman membeberkan, perayaan malam Misa Natal di Katedral berlangsung aman serta menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Kami membatasi jumlah 50 persen dari kapasitas gereja. Di dalam gereja kapasitas biasa itu 900 orang, kami isi 400 orang,” jelasnya.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi. (iStock)

News

Hoaks! Video Antrian Panjang Sejauh 13 Km di Pelabuhan Gilimanuk pada 4 April 2024
Ridwan Kamil dan Emmeril Kahn Mumtadz. Foto: Ist

News

Polisi Bern Temukan Jazad Eril
Bupati Batang Wihaji menjelaskan, pihaknya bersama Polres Batang, dan Kodim 0736/Batang menyiapkan pasukan khusus penanganan bencana. (Foto: MC Batang)

News

Masuki Musim Hujan, Batang Petakan 9 Titik Rawan Bencana
(ilustrasi: nyatanya.com)

News

Covid-19 DIY Hari Ini: Tambah 198 Kasus Positif, Sembuh 648, Meninggal 15 Pasien
Aksi Demo buruh Jatim tolak kenaikan BBM di Surabaya, Selasa (6/9/2022). Foto: selalu.id

News

Aksi Buruh Jatim Tolak Kenaikan BBM Berdamai dengan Pemprov, Ini Kesepakatannya
Rencananya, jenazah Eril akan dimakamkan di lahan keluarga besar Ridwan Kamil yang terletak di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Foto: ANTARA

News

Otoritas Swiss Bantu Pemulangan Jenazah Putra Sulung Gubernur Jabar
Tim Tabur Kejagung mengamankan Moh Shonhaji yang merupakan terpidana kasus korupsi pekerjaan pembangunan gedung DPRD Kota Madiun pada 2015. Foto: dok. Puspenkum

News

Buron Korupsi Pembangunan Gedung DPRD Madiun Ditangkap Tim Tabur Kejagung di NTB
Konferensi pers Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN Tahun 2022 di Jakarta, Kamis (23/6/2022). Foto: InfoPublik

News

Hari Ini Pengumuman Penetapan Hasil Seleksi Jalur SBMPTN 2022, Klik Link Berikut