Home / Plus

Kamis, 12 Agustus 2021 - 23:42 WIB

Pantau Pasien Isoman, Muhammad Alive Ciptakan Gelang ‘Laron’

(Ilustrasi: agoes jumianto)

(Ilustrasi: agoes jumianto)

NYATANYA.COM, Karanganyar – Siswa SMAN 1 Karanganyar, Muhammad Alive Muflih menyabet juara harapan III lomba kreativitas dan inovasi (Krenova) Kabupaten Karanganyar tahun 2021. Ia membuat gelang labelling quick response code name (Laron) yang bisa dipakai memantau pergerakan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi.

Ditemui di acara penyerahan hadiah lomba di kantor Baperlitbang Karanganyar, Kamis (12/8/2021) pelajar kelas XI IPA-6 ini mengatakan programnya mengadopsi sistem presensi daring yang aplikasinya dapat diunduh di internet.

“Intinya memudahkan petugas Dinas Kesehatan memastikan keberadaan (pasien) isoman di lokasi isolasi. Petugas enggak perlu cek ke rumah (pasien) isoman. Cukup mengawasinya dari aplikasi ponsel atau komputer. (Untuk memantau) saat ini di mana (pasien) isoman berada. Apakah masih di fasilitas tempat isolasi atau malah bepergian,” katanya.

Baca juga   SAKI Percepat Pendaftaran Kekayaan Intelektual

Sistem ini tergantung itikad baik pasien isoman melakukan pemindaian secara berkala tiap hari. Ia menganjurkan pasien melakukan pindai QR Code tiga kali sehari, yakni pagi,siang, dan malam hari.

Aplikasi tersebut akan memberi sinyal ke petugas serta menyebutkan lokasi serta real time pasien melakukan pemindaian.

Baca juga   Cahyo Sukses Meraup Rupiah dari Kreasi Lampu Neon Elwire

Muflih mengatakan mulai mengembangkan gelang Laron pada Mei 2021. Kemudian menyeriusinya sebulan kemudian dengan membuat sendiri gelang yang tertempel QR code.

“Sejauh ini kendalanya adalah mengandalkan aplikasi dari pihak ketiga. Saya sendiri belum mampu menyediakan aplikasi itu,” katanya.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, inovasi dari Muflih memudahkan pemantauan Dinas Kesehatan terhadap pasien isoman Covid-19.

“Gelang Laron jika benar-benar diterapkan, efektif memantau (pasien) isoman. Tujuannya mencegah mereka ke mana-mana. Harus selesai isoman dan sembuh dulu, baru boleh beraktivitas,” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

Kriya Kayu Rik Rok di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. UMKM pengolahan kerajinan kayu dari limbah kayu ini mendapatkan manfaat dari pendampingan Pemprov Jateng. (Foto: Diskominfo Jateng)

Plus

Dikunjungi Ganjar, UMKM Kriya Kayu Rik Rok Magelang Makin Moncer
Nunung Suprapto, warga Pencil Bendo Pedan RT 9 RW 4, Klaten tidak manyangka kalau usaha sepatu lurik dan tenun miliknya semakin laris setelah mengikuti Lapak Ganjar. Bahkan, banyak tetangganya yang menjadi reseller untuk ikut menjualnya. (Foto: Diskominfo Klaten)

Plus

Nunung Tak Menyangka Sepatu Lurik Miliknya Makin Laris Sejak Ikut Lapak Ganjar
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan PT Solar Indonesia melalui inovasi gerobak listriknya. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Plus

Gelis Bantu Digitalisasi UMKM Pasarkan Produknya
Santripreneur Award 2021 yang diselenggarakan oleh Santripreneur Indonesia ini melombakan para santripreneur dalam tiga kategori yakni Kuliner, Industri, Perdagangan dan Jasa, serta Kreatif. (Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf)

Plus

Menparekraf Berharap “Santripreneur Award” Jadi Pioner Pengembangan Kewirausahaan Indonesia
Perajin blangkon Subranto kembali berproduksi, setelah setahun berhenti total. Ia berharap pandemi Covid-19 segera usai dan ekonomi keluarga kembali pulih. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Setahun Berhenti Total, Kini Subranto Kembali Bangkit Produksi Blangkon
Kacang tanah rebus mempunyai nilai gizi dan manfaat kesehatan. (Foto: Istimewa)

Plus

Kacang Tanah Cegah Penyakit Jantung
Kopi Plus saat tampil di Jenggleng Cafe & Resto, Senin (13/6/2022). Foto: Dok.JKPC

Panggung

Kopi Plus Sukses Hibur Koesplusmania di Jenggleng Cafe & Resto
Para pemenang UNESCO WH50 Competition – Creative Product 2022. Foto: Agoes Jumianto

Plus

Fundanusa Tote Bag Menangi UNESCO WH50 Competition Creative Product 2022