Home / Panggung

Rabu, 1 September 2021 - 18:02 WIB

“Panyuwunan” Insan Kreatif di Penutupan ARTJOG MMXXI

Heri Pemad mengucapkan terima kasih kepada Erick Thohir yang telah hadir secara khusus untuk mengapresiasi karya-karya di ARTJOG (Foto: Dokumentasi ARTJOG)

Heri Pemad mengucapkan terima kasih kepada Erick Thohir yang telah hadir secara khusus untuk mengapresiasi karya-karya di ARTJOG (Foto: Dokumentasi ARTJOG)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Setelah berlangsung selama hampir dua bulan, ARTJOG MMXXI akhirnya sampai di penghujung acara. Seremoni penutupan ARTJOG MMXXI dilaksanakan pada Selasa (31/8/2021) dengan dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

“Sejak 2008, ARTJOG sangat konsisten mendukung dan turun langsung dalam membantu memajukan karya para seniman dalam negeri. Meskipun tahun lalu sempat terkendala oleh awal pandemi, tetapi ARTJOG secara sigap dapat beradaptasi dengan situasi,” apresiasi Erick Thohir dalam sambutannya.

Erick Thohir juga menyampaikan bahwa kedepannya BUMN harus berperan sebagai katalisator bagi pekerja seni dalam menyiapkan ekosistem pendukungan usaha yang berkelanjutan.

Pada pertemuan singkat tersebut, Heri Pemad (Direktur ARTJOG) mengucapkan terima kasih kepada Erick Thohir yang telah hadir secara khusus untuk mengapresiasi karya-karya di ARTJOG, sekaligus berkenan menutup penyelenggaraan ARTJOG tahun ini.

Baca juga   Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas

“Saya ingin menyampaikan harapan kami sesama seniman dan penyelenggara festival, agar pemerintah dapat terus meningkatkan dukungannya sehingga kedepannya kami dapat mempresentasikan karya-karya dengan kualitas yang lebih baik lagi,” ujar Heri Pemad.

Acara penutupan ARTJOG MMXXI menghadirkan kolaborasi dari Ari Wulu dan Daniel Caesar yang membawakan lagu “Panyuwunan” ciptaan Dr. Kuntara Wiryamartana, SJ. Dipilihnya lagu ini merupakan wujud doa dan harapan dari insan kreatif agar kedepannya industri kreatif dapat terus berkembang dan kembali seperti sebelum adanya pandemi.

Tim kurator ARTJOG telah merumuskan tema tentang “kesadaran” sebagai seri terakhir dari trilogi ARTJOG Arts in Common. Sebelumnya ARTJOG telah menghadirkan tentang “ruang” [common | space ARTJOG MMXIX], dan “waktu” [Time [to] Wonder ARTJOG MMXXI] sebagai tema ARTJOG.

Baca juga   Tunjukkan Foto USG, Nella Kharisma Bahagia Sambut Sang Buah Hati

Dengan mengangkat kesadaran, festival tahun depan dimaknai sebagai sebuah ajakan kepada semua pihak untuk melakukan refleksi, melihat ke dalam, merengkuh kesadaran masing-masing tentang apa yang harus dilakukan untuk merespon situasi yang terjadi di sekitar kita.

ARTJOG MMXXI dibuka secara virtual di tanggal 8 Juli 2021 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Darurat).

Aturan ini mengharuskan ARTJOG untuk berjalan secara daring dan hingga akhir pelaksanaannya tetap tidak dapat dikunjungi oleh masyarakat umum. Walaupun begitu, apresiasi para pecinta seni terus bergulir dan memberi semangat dalam mempersiapkan pelaksanaan berikutnya.

“Sampai jumpa di ARTJOG MMXXII, tanggal 7 Juli 2022,” pungkas Heri Pemad. (Aja)

Share :

Baca Juga

Denny Caknan dan Happy Asmara. Foto: nyatanya.com/IG happy_asmara77

Panggung

Lagu ‘Akhire Pisahan’ Jadi Penanda Happy Asmara Putus dengan Denny Caknan
(Foto: Dokumentasi Prambanan Jazz 2021)

Panggung

Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival 2021
FDJ Emily Young. (Foto:nyatanya.com/YouTube Rumah Musik Kita)

Panggung

FDJ Family Young dan Dara Ayu Kompak Daur Ulang ‘Alun Alun Nganjuk’
Dialog Budaya dan Seni “Yogyasemesta” Seri-139 mengangkat topik “Memaknai Budaya Jawa, Menguatkan Pilar Kebangsaan”. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Panggung

Sinergi Ngayogyakarta-Surakarta Lestarikan Budaya Jawa

Panggung

FKY 2021 “Mereka Rekam” Digelar Full Daring Mulai 16 September 2021
Endang Paramitha. (Foto:dokumentasi pribadi)

Panggung

Endang Paramitha, dan Dua Dunia yang Ditekuninya
Halimun 'Tanpamu'. (Foto: Dokumentasi Halimun)

Panggung

Band Pop Asal Yogya, Halimun Rilis Single Anyar ‘Tanpamu’
Perupa Agus Merapi menyelesaikan lukisan pandemi di koper kuno. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Panggung

Agus Merapi Lahirkan Lukisan Mistisistme di Atas Koper Kuno