Home / Olga

Rabu, 13 Oktober 2021 - 18:45 WIB

Para Atlet Terjun Payung Pecahkan Rekor di PON Papua

(Foto: ANTARA)

(Foto: ANTARA)

NYATANYA.COM, Mimika – Para atlet terjun payung yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dinilai telah memecahkan rekor nasional, terutama pada nomor pertandingan kerja sama di udara dan ketepatan mendarat.

Seperti dilansir ANTARA, Ketua Delegasi Teknis Terjun Payung PON XX Papua Achmad Effendi Soen di Timika, Rabu, (13/10/2021) mengatakan, jika dibandingkan PON-PON sebelumnya maka pada penyelenggaraan PON XX kali ini terjadi peningkatan prestasi yang ditorehkan oleh para peterjun dari semua kontingen.

“Untuk nomor kerja sama di udara saja pada PON sebelumnya rata-rata total nilainya 10,6, tapi sekarang per babak saja sudah di atas nilai itu, apalagi rata-rata keseluruhan. Padahal gambaran untuk formasi-formasinya sekarang jauh lebih sulit. Untuk nomor kerja sama di udara sudah punya poin rekor nasionalnya, meningkat dibanding PON sebelumnya,” kata Effendi.

Mantan jurnalis sekaligus penyiar TVRI itu memuji dukungan dari semua pihak sehingga penyelenggaraan pertandingan terjun payung PON XX yang dilaksanakan di arena Lapangan Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Kelurahan Karang Senang SP3, Distrik Kuala Kencana, Timika berlangsung lancar.

Untuk bisa menyelenggarakan pertandingan terjun payung, terbang layang dan aeromodeling pada PON XX Papua maka sebelumnya telah dibuatkan “Loca” atau semacam perjanjian kerja sama antara pihak AirNav Indonesia, PT AVCO, UPBU Mozes Kilangin Timika dengan pihak PB PON dan delegasi teknik masing-masing disiplin olahraga aerosport itu.

Baca juga   Bayangan Suram tentang Papua Sirna Selama PON XX

“Waktu yang diberikan oleh AirNav dan rekan-rekan penerbangan di Timika sangat luar biasa. Kami diberikan slot pagi hari dari jam 9 sampai jam 11.00. Itu efektif sekali. Lalu kami diberikan lagi satu slot pada jam 13.00. Terakhir AirNav masih lagi memberikan slot pada sore hari jam 16.00 sampai jam 18.00 yang sebelumnya digunakan untuk terbang layang,” papar Effendi.

Dengan keleluasaan waktu yang diberikan oleh AirNav itu, katanya, seluruh nomor pertandingan terbang layang bisa dilaksanakan maksimal, bahkan berakhir lebih cepat satu hari dari jadwal yang ditentukan yaitu pada 14 Oktober 2021.

“Mereka semua sangat kooperatif, saya bangun komunikasi dan dialog dengan semua pihak. Bagi saya dukungan semua pihak di Timika begitu luar biasa, tidak terbayangkan sama sekali bahwa halaman Kantor Puspem Mimika bisa dipakai sebagai arena terjun payung,” ujar Effendi.

Di samping itu, kondisi cuaca di Timika dalam satu pekan terakhir sangat bagus sehingga bisa dimanfaatkan maksimal untuk melaksanakan penerjunan.

Baca juga   Optimis Raih Medali, Bupati Sragen Dukung Atletnya di PON Papua

Untuk dapat menggelar pertandingan terjun payung, pihak PB PON XX Papua mendapatkan dukungan armada pesawat dari TNI AU yaitu pesawat CN235, helikopter Caracal dan pesawat Cesna.

Adapun selama pertandingan terjun payung berlangsung, Tim Kesehatan PON XX Papua yang merupakan gabungan Dinkes Mimika dan Internasional SOS PT Freeport Indonesia tetap bersiaga penuh di sekitar arena pertandingan, lengkap dengan mobil ambulans VVIP.

“Semua sudah diatur sangat baik, ada tim emergensi lengkap dengan peralatan dan mobil ambulan yang setiap saat langsung bergerak jika ada insiden. Begitupun dengan Tim SAR dan kepolisian selalu siaga setiap saat,” kata Effendi.

Hingga Rabu siang ini, dari enam nomor pertandingan, sebanyak empat nomor pertandingan sudah selesai dan diketahui pemenangnya yaitu nomor kerja sama di udara, nomor kerja sama parasut, nomor ketepatan mendarat beregu putra dan nomor ketepatan mendarat beregu putri.

Tersisa dua nomor pertandingan yang akan menyelesaikan nomor final babak ke-10 yaitu nomor ketepatan mendarat perorangan putra dan nomor ketepatan mendarat perorangan putri. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Pengurus KONI DIY usai bertemu Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Foto:Humas Pemda DIY)

Olga

DIY Targetkan 11 Medali di PON XX 2021 Papua
Pembekalan gelombang pertama relawan PON XX di Aula SMAN I Merauke. (Foto: McMrk)

Olga

Warning! Relawan PON Papua Diingatkan Tidak Mengonsumsi Alkohol
Sejarah besar menanti diciptakan ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Mereka berpotensi membawa pulang medali emas Olimpiade 2020 Tokyo setelah memastikan tiket final di Mushashino Forest Plaza pada Sabtu (31/7/2021). (Foto: Kemenpora/ nocindonesia)

Olga

Medali Emas di Depan Mata, Greysia/Apriyani Tembus Final Olimpiade Tokyo
Menpora Amali dalam Sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang diselenggarakan bersama PWI dan SIWO PWI secara daring. (Foto:egan/kemenpora.go.id)

Olga

Menpora Amali: Pabrik Prestasi Olahraga Itu Bernama DBON
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih melepas pemberangkatan Atlet PON 2021 dari Kabupaten Bantul. (Foto: Humas Bantul)

Olga

33 Atlet Bantul Siap Berlaga di PON XX Papua
(Foto:nyatanya.com/KOI)

Olga

Menkominfo Johnny G Plate Siapkan Bonus untuk Atlet Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020
Api PON yang dibawa menggunakan maskapai penerbangan Trigana Air mendarat di Bandara Udara Mozes Kilangin Timika sekira pukul 11.00 WIT. (Foto: MC Kominfo)

Olga

Dikirab Hari Ini, Api PON XX Tiba di Mimika
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo kembali menyambut kedatangan Tim Kontingen Indonesia kloter 4 untuk Paralimpiade Tokyo 2020 di Bandara Haneda Tokyo Jumat. (Foto:dok/npcindonesia/kemenpora.go.id)

Olga

Sambut Kloter 4, KBRI Tokyo Siap Dukung Kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020