Home / Panggung

Senin, 2 Agustus 2021 - 09:24 WIB

Pasangan Perupa Grace dan Dedok, Wakili Indonesia di Pameran Pertukaran Seni Internasional ke-20 Jepang

Grace dan karyanya berjudul 'Peace'. (Foto: dokumentasi pribadi)

Grace dan karyanya berjudul 'Peace'. (Foto: dokumentasi pribadi)

NYATANYA.COM, Magelang – Di tengah pesta olahraga bergengsi dunia Olimpiade 2020 Tokyo, pesta seni rupa juga hadir di negari Sakura, Jepang bertajuk Pameran Pertukaran Seni Internasional ke-20. Perupa Indonesia juga tak ketinggalan ikut ambil bagian event ini.

Pameran yang dihelat Komite Persiapan dan Pameran Pertukaran Seni Internasional ini digelar di Museum Seni Kota Chiba Jepang, 3 – 8 Agustus 2021 diikuti oleh 65 seniman internasional dari China, USA, Jepang, Polandia, Meksiko, UK, Malaysia, Thailand, Italy, Bangladesh, Kanada, Norwegia, dan Indonesia.

“Ada sekitar 200 karya lebih dipamerkan,” kata Ketua Pameran Shimmin Katsu dalam keterangan resminya.

Karena pencegahan dan pengendalian infeksi pneumonia coronavirus baru, seniman yang berpartisipasi dalam pameran dibatasi untuk mengunjungi Jepang, dan skala pameran juga terpengaruh.

Dijelaskan Shimmin Katsu, pertukaran budaya berfungsi sebagai jembatan interaksi humaniora global dan komunikasi akademik. Pertukaran dan integrasi budaya, ide dan konsep telah menjadi tren dunia baru, dan sekarang, semua jenis budaya, pemikiran, pendapat, dan informasi telah saling terkait erat. tanpa hambatan.

“Dengan demikian, pertukaran dan integrasi pasti menjadi pilihan dan keadaan terbaik untuk kelangsungan hidup dan peningkatan semua jenis budaya. Era yang menampilkan Internet sebagai kekuatan teknis dan tautan penghubung sedang terbentuk,” papar Shimmin Katsu.

Baca juga   Saipul Jamil Bebas, Penyambutannya Dicibir Warganet
Dedok dan karyanya berjudul ‘Shimmin Katsu’. (Foto: dokumentasi pribadi)

Seni mencerminkan perkembangan masyarakat, dan sangat menyarankan arah perubahan zaman dengan bentuk dan kinerja yang terlihat. Kelebihan seni adalah mengubah pemikiran, pendapat, dan emosi interior ke dalam bentuk visual eksterior yang tidak hanya mengungkapkan seni itu sendiri, tetapi juga secara intensif mencerminkan perubahan budaya, sumber seni itu sendiri.

“Pameran Pertukaran Seni Internasional (Jepang) ke-20 adalah kesempatan untuk pertukaran dan interaksi budaya global, kumpul-kumpul yang bahagia dengan saling menghormati, inklusivitas, dan saling belajar, dan eksplorasi, pengalaman, dan juga awal dari ‘perjalanan budaya’ untuk semua seniman yang berpartisipasi,” imbuh Shimmin Katsu yang merancang pameran ini bersama Zhang Lianming dan dikuratori oleh Julienne Johnson.

Pasangan Perupa Grace Tjondronimpuno dan I Made Arya Dwita Dedok yang tinggal di Magelang Jawa Tengah, mewakili Indonesia di ajang seni rupa bergengsi ini.

“Kami berpartisipasi dengan masing-masing satu karya,” ujar Dedok kepada nyatanya.com di rumah studionya, di Japunan, Mertoyudan, Magelang, Senin (2/8/2021).

Baca juga   Kukuh Prasetya Kudamai dan Mendung Tanpo Udan Series

Dedok menghadirkan karya berjudul ‘Shimmin Katsu’ dengan media akrilik di atas kanvas berukuran 100cm X 100cm.

Karya ini menurut Dedok adalah seri seni potret project tentang persahabatan, yang kebetulan modelnya perupa Jepang Shimmin Katsu yang juga ketua Pameran ini.

Sementara karya Grace berjudul ‘Peace’ dengan media akrilik di atas kanvas berukuran 100cm X 80cm, melukiskan potret Mother Theresa dengan bola kata bertuliskan, “Jika kita tidak memiliki kedamaian, itu karena kita telah lupa bahwa kita saling memiliki”.

“Pentingnya sebuah kedamaian baik pada diri maupun lingkungan sekitar kita,” papar Grace pada kesempatan yang sama.

“Kami berdua sangat senang bisa ikut serta dalam pameran ini, meskipun kami tidak bisa hadir karena kondisi pandemi Covid, kami hanya mengirim karya ke Jepang lewat Kantor Pos Magelang,” sambung Made Arya Dedok yang belum lama ini merayakan ultah ke-50 dengan Happening Art Tunggal di Titik Nol Magelang. (N1)

Share :

Baca Juga

Salah satu kartun karya Agoes Jumianto yang dipamerkan. (nyatanya.com/Dokumentasi)

Panggung

13 Kartunis Indonesia Kembali Ikuti Pameran Kartun HAM di Malaysia
Rojanah dalam video lagu 'Cerita Tresno'. (Foto: YouTube Rojanah Arinda Wae)

Panggung

Rojanah Rilis Single ‘Cerita Tresno’ yang Bikin Baper
Nani Kusuma. (Foto: dokumentasi pribadi)

Panggung

Pedangdut Nani Kusuma Berharap Panggung Hiburan Kembali Dibuka
Topeng Kekasih, komedi Jedink Production. (Foto:nyatanya.com/istimewa)

Panggung

Usung Lakon Topeng Kekasih, Komedi Jedink Masuki Episode 34
Rafael Putra Robert dengan lagu barunya 'Damai Indonesiaku' ciptaan Anton Obama. (Foto: YouTube PT Aoma Record Indonesia)

Panggung

Gibran Rakabuming ‘Bintangi’ Single Lagu ‘Damai Indonesiaku’ Penyanyi Cilik Rafael
Denny Caknan dan Happy Asmara dalam lagu Satru. (Foto:nyatanya.com/YouTube Denny Caknan)

Panggung

Satru Milik Denny Caknan dan Happy Asmara Puncaki Chart Dangdut Ter-Hot
(Infografis: Humas Pemkot Yogya)

Panggung

Ikutan Lomba Vlog Yuk, Berhadiah Jutaan Rupiah
Happy Asmara. (Foto: Instagram happy_asmara77)

Panggung

Happy Asmara, Artis Top YouTube Minggu Ini