Home / Peristiwa

Jumat, 23 Juli 2021 - 00:00 WIB

Pasien Covid-19 Isoman di Desa Sabrang Rutin Dipantau Bidan Desa

Bidan Desa Nurin Pratiwi Amd. Kebidanan didampingi petugas Babinsa Sabrang Kopda Edy Febrianto dan Banbinkantibmas, memantau pasien Covid-19 yang melakukan isoman. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Bidan Desa Nurin Pratiwi Amd. Kebidanan didampingi petugas Babinsa Sabrang Kopda Edy Febrianto dan Banbinkantibmas, memantau pasien Covid-19 yang melakukan isoman. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri terus dipantau kondisinya oleh petugas tenaga kesehatan (nakes). Salah satunya dilakukan Bidan Desa Sabrang, Wonosari, Klaten Nurin Pratiwi Amd. Kebidanan didampingi petugas Babinsa Sabrang Kopda Edy Febrianto dan Banbinkantibmas setempat, Rabu (21/7/2021).

Dikutip dari website Pemkab Klaten, Nurin Pratiwi menyebutkan kalau pemberian obat diperuntukan tidak saja pasien yang isolasi mandiri juga untuk pasien yang isolasi terpusat.

“Jadi pemberian obat gratis untuk pasien isoman itu sudah terdata dan tercatat. Kegiatan ini dimaksudkan agar pasien mendapat pemenuhan obat dan vitamin yang dibutuhkan sehingga membantu proses penyembuhan. Tugas ini juga dibantu penuh dari jajaran TNI/ Polri melalui petugas Babinsa dan Banbinkantibmas desa setempat” jelas Nurin.

Baca juga   Pertama di Indonesia, DIY Deklarasi Lapas Bersinar, Bersih dari Narkoba

Terkait mekanisme mendapatkan layanan obat gratis dari nakes, Nurin Partiwi menerangkan kalau pasien harus menyerahkan hasil uji tes swab RT Reserve Transcription Polymerase Chain Reaction) atau PCR yang menunjukan indikasi positif.

“Untuk mendapatkan obat gratis bagi pasien isoman cukup mudah. Syaratnya yang harus dipenuhi untuk mendapatkan paket obat ini adalah bukti hasil tes PCR positif. Syarat lainnya yakni warga menjalani isolasi mandiri. Nantinya, paket obat akan diantar ke rumah warga yang tengah isolasi mandiri dan terpusat di desa,“ ungkapnya.

Babinsa Desa Sabrang Kopda Edy Febrian dari Koramil 03/Delanggu Kodim 0723 Klaten, menjelaskan, tugas tidak saja melakukan pemantauan wilayah dan mendampingi Bidan Desa Nurin Pratiwi tapi juga melakukan sosialisasi dan memberi semangat para pasien.

Baca juga   Kasus Covid-19 Melonjak, UGM Siapkan 136 Kamar

Penyaluran obat tersebut dilakukan Babinsa dan petugas Puskesmas langsung ke rumah warga yang sedang menjalani isolasi mandiri dan terpusat di desa.

Kopda Edy Febrianto akan memberikan paket obat tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan dan akan diantar dengan pendampingan bidan desa maupun petugas Puskemas.

“Selain melakukan pemantauan kami memastikan penyaluran obat berjalan baik. Kami berusaha juga memberikan semangat kepada pasien dan tetap mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Tak kalah penting adalah perilaku hidup bersih dan sehat,” ungkap Edy Febrianto. (*)

Share :

Baca Juga

Identifikasi varietas padi Sri Mulyo oleh Distan Pangan Kabupaten Magelang. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Setelah Punya Varitas Padi Mentik Wangi Susu, Kini Magelang Siapkan Varitas Unggulan Kedua
Wali kota Yogyakarta meninjau pelaksanaan vaksinasi masal yang digelar di klinik Bidokes Polda DIY Klitren, Gondokusuman. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Jasa Raharja dan Polda DIY Dukung Penuh ‘Jogja Merdeka Vaksin’
Bupati Batang Wihaji mencukur rambut di dalah satu warga yang disambanginya. (Foto: MC Batang)

Peristiwa

Tilik Warga, Bupati Batang Cukur Rambut Bayar Rp2 Juta
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, Ema Rachmawati saat beraudiensi dengan Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Tengah, Atikoh Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Gubernur (Puri Gedeh). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Di Rembang Fashion Parade 2021, Dekranasda Jateng Luncurkan Brand “Batik Lasemku”
Polres Magelang, kembali menyalurkan bantuan sebanyak 8,8 ton beras dari Kemenko Marves RI. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Polres Magelang Salurkan Bantuan Beras 8,8 Ton dari Kemenko Marves
Sri Sultan HB X menerima audiensi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY yang baru, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Masmin Afif, Kakanwil Kemenag DIY yang Baru Sowan Gubernur
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk lansia. Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng

Peristiwa

Sukoharjo Genjot Vaksinasi untuk Lansia
Petani di Pekalongan yang gagal panen mendapat bantuan beras dari Dinperpa. (Foto: Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

“Tamba Gela”, Petani Gagal Panen Dapat Bantuan Beras