Home / Peristiwa

Jumat, 23 Juli 2021 - 00:00 WIB

Pasien Covid-19 Isoman di Desa Sabrang Rutin Dipantau Bidan Desa

Bidan Desa Nurin Pratiwi Amd. Kebidanan didampingi petugas Babinsa Sabrang Kopda Edy Febrianto dan Banbinkantibmas, memantau pasien Covid-19 yang melakukan isoman. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Bidan Desa Nurin Pratiwi Amd. Kebidanan didampingi petugas Babinsa Sabrang Kopda Edy Febrianto dan Banbinkantibmas, memantau pasien Covid-19 yang melakukan isoman. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri terus dipantau kondisinya oleh petugas tenaga kesehatan (nakes). Salah satunya dilakukan Bidan Desa Sabrang, Wonosari, Klaten Nurin Pratiwi Amd. Kebidanan didampingi petugas Babinsa Sabrang Kopda Edy Febrianto dan Banbinkantibmas setempat, Rabu (21/7/2021).

Dikutip dari website Pemkab Klaten, Nurin Pratiwi menyebutkan kalau pemberian obat diperuntukan tidak saja pasien yang isolasi mandiri juga untuk pasien yang isolasi terpusat.

“Jadi pemberian obat gratis untuk pasien isoman itu sudah terdata dan tercatat. Kegiatan ini dimaksudkan agar pasien mendapat pemenuhan obat dan vitamin yang dibutuhkan sehingga membantu proses penyembuhan. Tugas ini juga dibantu penuh dari jajaran TNI/ Polri melalui petugas Babinsa dan Banbinkantibmas desa setempat” jelas Nurin.

Baca juga   51 Pasien OTG Asal Klaten Dipindahkan Ke Isolasi Terpusat Donohudan

Terkait mekanisme mendapatkan layanan obat gratis dari nakes, Nurin Partiwi menerangkan kalau pasien harus menyerahkan hasil uji tes swab RT Reserve Transcription Polymerase Chain Reaction) atau PCR yang menunjukan indikasi positif.

“Untuk mendapatkan obat gratis bagi pasien isoman cukup mudah. Syaratnya yang harus dipenuhi untuk mendapatkan paket obat ini adalah bukti hasil tes PCR positif. Syarat lainnya yakni warga menjalani isolasi mandiri. Nantinya, paket obat akan diantar ke rumah warga yang tengah isolasi mandiri dan terpusat di desa,“ ungkapnya.

Babinsa Desa Sabrang Kopda Edy Febrian dari Koramil 03/Delanggu Kodim 0723 Klaten, menjelaskan, tugas tidak saja melakukan pemantauan wilayah dan mendampingi Bidan Desa Nurin Pratiwi tapi juga melakukan sosialisasi dan memberi semangat para pasien.

Baca juga   PKK Kudus Salurkan Bantuan untuk Lansia Terdampak Pandemi

Penyaluran obat tersebut dilakukan Babinsa dan petugas Puskesmas langsung ke rumah warga yang sedang menjalani isolasi mandiri dan terpusat di desa.

Kopda Edy Febrianto akan memberikan paket obat tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan dan akan diantar dengan pendampingan bidan desa maupun petugas Puskemas.

“Selain melakukan pemantauan kami memastikan penyaluran obat berjalan baik. Kami berusaha juga memberikan semangat kepada pasien dan tetap mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Tak kalah penting adalah perilaku hidup bersih dan sehat,” ungkap Edy Febrianto. (*)

Share :

Baca Juga

Tim Damkar Kota Yogyakarta membantu evakuasi mobil BPBD Kota Yogya yang terlibat kecelakaan. (Foto:nyatanya.com/@damkarjogja113)

Peristiwa

Iringi Ambulans Covid-19, Mobil BPBD Yogya Kecelakaan di Simpang Galeria
Peringatan Hari Lansia ke-25 di Hotel LPP Convention Yogyakarta.(Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Peristiwa

DIY Optimalkan Potensi Lansia Berdaya
Wakil Walikota Teguh Prakosa bersama Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol Inf Wiyata Sempana Aji meninjau tempat isolasi dan perawatan OTG. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Ini 8 Tempat Isolasi dan Perawatan OTG Terpusat di Solo
Foto: Ilustrasi/Kominfo

Peristiwa

Ribuan Pedagang Pasar Ditarget Vaksinasi Hingga Akhir Juni
Vaksinasi massal yang digelar Polres Batang bekerjasama dengan TNI, Pemkab, dan Kejaksaan Negeri Batang. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Batang)

Peristiwa

11 Ribu Vaksin untuk Puskesmas Batang Didistribusikan
Aparat gabungan wilayah Kecamatan Baki patroli keliling kampung-kampung melaksanakan sosialisasi pemberlakuan PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Warga Diimbau Patuhi Jam Malam Selama PPKM Darurat
Pemkab Sleman meluncurkan program Si Wolly Nyaman. Foto: nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Telur Nyamuk ber-Wolbachia Disebar di Sleman, Ini Maksudnya
Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih dan Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo saat melepas jenazah Widodo Lestari. (Foto:nyatanya.com/Humas Kab.Bantul)

Peristiwa

Bupati dan Wakil Bupati Bantul Lepas Kepergian Pahlawan Kemanusiaan Covid-19